Sebanyak 7 Partai Tidak Lolos PT, Mending Dihilangkan Jadi Nol Persen

61

For when you voted during legislative elections but your party is M.I.A…

Gambar: tirto.id

Hayooo pernah nggak pas pemilu legislatif kemarin, kamu nyoblos satu partai, tapi partai itu tiba-tiba M.I.A alias ga keliatan di DPR? Nah, bisa jadi partai itu nggak lolos Parliamentary Threshold, aka PT.

Uhmmmm iya sih kayaknya pas pemilu kemarin gw nyoblos PBB.
Welp. Cool. OK misalnya PBB aka Partai Bulan Bintang. Jadi walaupun bisa ikutan pemilu legislatif, tapi partainya Pak Yusril Ihza Mahendra ini nggak lolos ke DPR RI, gengs. Alasannya adalah karena untuk bisa lolos ke DPR, suatu partai harus meraih suara sebanyak 4 persen suara sah nasional yang disebut PT tadi itu.

Wait, maybe not PBB, maybe Hanura. I am not sure….
Interesting choice, but sama aja Hanura juga ga lolos PT. Selain Hanura dan PBB, ada lima partai lagi yang nggak lolos ke DPR RI, dan kemarin, perwakilan dari 7 partai tadi menggelar meeting sama Mendagri Tito Karnavian. Adapun ketujuh partai ini adalah Partai Berkarya, Perindo, Hanura, PBB, PSI, PKPI, dan Partai Garuda.

Meeting-nya ngomongin soal PT ini?
Smart cookie. Jadi dalam meeting tersebut, para perwakilan ini membahas sejumlah isu politik, termasuk juga soal PT. Saran mereka, ambang batas parlemen itu mending diilangin aja jadi nol persen (kayak rumah ya, hehehe).

Hehehehe *garing kak* emang alasan mereka apa?
Menurut Sekjen Partai Berkarya Mas Priyo Budi Santoso, ketentuan PT ini bisa membunuh demokrasi karena menyulitkan partai baru untuk muncul dan ikut bersaing. Selain itu, masih kata Mas Priyo, adanya PT ini merupakan cara partai-partai yang udah ada di parlemen untuk mempertahankan kekuasaan, which secara logika ya wajar tapi bukan merupakan sikap negarawan yang baik.

Kenapa kok ujug-ujug ngomongin PT? Kan pemilunya masih 2024?
Karena baru-baru ini muncul wacana untuk naikin PT, terutama dari partai-partai yang udah established di parlemen. Misalnya, Golkar yang ngusulin kenaikan PT sebesar 6-7 persen, dan PDIP yang mengusulkan 5 persen.

Sedangkan…
Sedangkan persentase raihan suara ketujuh partai ini di Pileg lalu gaada yang nyampe 4 persen. Waktu itu Perindo dapet 2,67 persen suara, Berkarya 2,09 persen, PSI 1,89 persen, Hanura 1,54 persen, PBB 0,79 persen, Garuda 0,50 persen, dan PKPI 0,22 persen.