Sebagai Aksi Balas Dendam Iran Meluncurkan 22 Roket ke Pangkalan Militer Irak

67

Hello, Thursday! The weekend is around the corner and here’s an update on Iran situation. Keywords: retaliation.

Gambar: Los Angeles Times

A.k.a balas dendam.
Hubungan antara Iran dan Amerika Serikat makin memanas gengs. Kemarin, Iran baru aja meluncurkan 22 serangan roket ke dua lokasi pangkalan militer di Irak yang ada tentara Amerikanya.

Ada hubungannya sama jenderal yang baru meninggal kemarin?
Ada donk. Ga lama abis serangan ini terjadi, satuan tentara Iran, namanya Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) menyatakan bahwa pihaknya bertanggung jawab atas serangan tersebut. IRGC ini juga bilang bahwa serangan ini merupakan aksi balas dendam atas tewasnya petinggi militer Iran, Qasem Soleimani yang disebabkan oleh serangan udara Amerika Serikat minggu lalu.

I haven’t been following the case…
No worries, because we’ll Catch You Up! Jadi minggu lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan serangan udara atas iring-iringan mobil yang ditumpangi oleh Qasem Soleimani di deket Bandara Baghdad. Serangan ini kemudian membuat Qasem yang disebut sebagai tokoh militer paling berpengaruh di Timur Tengah itu meninggal. Hal ini kemudian mengguncang dunia internasional dan bikin Iran marah banget dan ngancam bakal balas dendam. Catch Up! more on Soleimani assassination, here. 

Terus hasil balas dendamnya gimana?
So far, versinya Amerika dan Irak sih, nggak ada satupun tentara dari kedua negara yang jadi korban.

Hah emang ada versi lain?
Iya, versinya Iran. Kalo menurut mereka, serangan roket tadi justru menewaskan 80 orang tentara Amerika dan menyebabkan 200 orang lainnya luka-luka.

How did Trump react to this?
All iz well, katanya. Dalam keterangannya semalam, Presiden AS Donald Trump bilang bahwa pihaknya lagi menghitung jumlah kerusakan dan korban yang jatuh karena serangan ini, dan Trump bilang so far so goood…

How about Iran?
Yha Menlu Iran Javad Zarif sih bilang bahwa serangannya kemarin dilakukan sebagai upaya untuk membela diri ajha. Selain itu, Javad juga bilang bahwa pihaknya sih nggak pengen meningkatkan ketegangan, tapi mereka bakal membela diri terhadap segala bentuk serangan yang muncul.

Olrite. Anything else I should know?
Terkait aksi balas dendamnya ini, Iran bilang bahwa kalo Amerika Serikat balas lagi dan balik ngebom Iran, pihaknya bakal balik nyerang Dubai di Uni Emirat Arab dan Haifa di Israel.

Yah jangan dibom dong nanti yang ngupdate Catch Me Up! siapa 🙁