Penyebaran Virus Corona

74

It’s Wednesday! And when you feel both gajian and weekend masih jauh, let us give you some updates on…

Gambar: AFP

Coronavirus.
Penyakit menular ini uda mulai menyebar di China nih. Sejauh ini, udah ada lebih dari 291 orang tertular dan enam orang meninggal karena virus ini.

Wait, It doesn’t sound like the name of a virus…
We know what you think, but it IS a virus. Jadi Corona virus ini beneran virus yang dari sejak awal kemunculannya emang nggak bisa diidentifikasi dan merupakan jenis virus baru yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa sampe Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS). Nah, SARS sendiri, pada tahun 2002 lalu juga sempet jadi wabah di China dan menjangkiti 8.098 orang pasien.

Tanda-tanda orang yang kena corona virus itu kayak gimana?
Ada beberapa gejala, kayak gangguan pernapasan, demam, batuk, napas pendek, dan kesulitan bernapas.

Welp… so how are things so far? 
Yang pastinya sih warga China pada khawatir atas keberadaan virus ini, apa lagi karena bentar lagi ada Tahun Baru China, di mana bakal ada sekitar tujuh juta orang yang mudik atau travelling buat tahun baruan. Dengan meningkatnya mobilitas penduduk tadi, maka  dikhawatirkan penyebaran corona virus makin cepat.

Terus, virusnya udah kesebar juga di luar China?
Udah nih. Di luar China, corona virus ini udah menyebar ke beberapa negara di Asia, termasuk dua kasus yang baru aja terdeteksi di Thailand, satu di Jepang, dan satu lainnya di Korea Selatan. Sedangkan di Vietnam, dua pendatang dari China dikarantina akibat menunjukkan gejala-gejala terkait penyakit itu.

What about Indonesia?
Kementerian Kesehatan RI sih bilang bahwa pihaknya udah mengirimkan edaran untuk meningkatkan kewaspadaan pada seluruh pintu masuk negara, lewat udara, laut, dan darat. Selain itu, kantornya dr. Terawan juga udah mengaktifkan kembali alat pemindai suhu tubuh untuk orang-orang yang baru dateng dari luar negeri.

Tiati ya gengs…