Penyadapan WhatsApp CEO Amazon oleh Pangeran Kerajaan Arab Saudi

120

For when rich people are being “kepo”…

Gambar: Middle East Eye

They hack into WhatsApp account.
Yep, kabar mengejutkan datang dari Arab Saudi dan Amazon, tapi bukan Amazon hutan. Ini Amazon marketplace yang kalo kamu nyari apa aja ada. Aaaaanyway, baru-baru ini beredar kabar bahwa akun WhatsAppnya CEO Amazon, namanya Jeff Bezos, di-hack sama pangeran kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman aka MBS.

Hah what kok random banget si…
Iya, jadi menurut hasil investigasi PBB, pembajakan ini dilakukan oleh MBS sebagai upaya untuk memata-matai dan memengaruhi Jeff Bezos yang juga merupakan orang terkaya di dunia.

Wait, how did he do that?
By WhatsApp. Jadi kan namanya orang kaya, keduanya pernah ketemu di acara dinner sekitar tahun 2018 lalu. Abis itu, keduanya tukeran nomor hape. Gak lama kemudian, MBS ngirim video ke Bezos yang ternyata isinya file digital spyware, dan sejak saat itulah, hape Bezos dimata-matai sama MBS. It was around May 2018.

Terus kok bisa ketauan?
Jadi emang Bezos ini kan baru aja cerai dari istrinya karena punya hubungan di luar pernikahan sama cewek lain. Nah, di awal tahun kemarin, Bezos kaget karena isi WA-an dia yang intimate banget soal dua hal ini bocor ke media massa. So he’s like, “I think my phone is hacked…” dan dia kemudian menyewa digital investigator untuk menyelidiki dugaan ini.

Terus?
Teruuuus ya ternyata emang WhatsAppnya Bezos ini kemungkinan besar beneran disadap, dan dikontrol dari the land faaaar away aka Arab Saudi aka hape-nya MBS.

And.. why did he do that?
Ok. Masih inget Jamal Khashoggi? Khashoggi ini adalah jurnalis asal Arab Saudi yang kerap mengkritisi cara kepemimpinan MBS yang menurutnya konservatif banget. Nah, pada Oktober 2018 lalu, Khashoggi dibunuh sama secret agent-nya Arab Saudi pas dia lagi ada di Konjen Saudi yang ada di Turki (Catch Up! on Khashoggi murder, here).

Go on…
Terkait pembunuhan ini, tim investigasi PBB kemudian turun tangan dan hasil penyelidikan mereka menunjukkan bahwa emang ada keterkaitan yang kuat antara pembunuhan Khashoggi dengan MBS (Although sampe sekarang MBS gak ngaku).

Terus hubungannya sama Jeff Bezos apa?
Remember that Khashoggi is a journalist? Nah, setelah dia meninggalkan Arab Saudi, Khashoggi kemudian kerja di  Washington Post dan dengan aktif menyuarakan kritikannya terhadap MBS. Naaaah, Washington Post ini, yang punya Mister Bezos. Jadi laporan PBB ini menyebut bahwa hacking yang dilakukan sama pihak MBS ini adalah upaya untuk memengaruhi Bezos terkait tulisan-tulisannya Khashoggi ini.

Wow, I can imagine that Saudi Arabia isn’t happy about this…
It’s not. Dalam akun Twitternya, Kedubes Arab Saudi di US bilang bahwa tuduhan terkait hacking ini absurd banget. Mereka juga menyerukan dilakukannya investigasi secara menyeluruh untuk menemukan fakta yang sebenarnya.

Bezos sendiri ada ngomong apa?
Sampe sekarang masih no comment.