Kelas Menengah di Indonesia, Evakuasi WNI, Jack Ma, Revitalisasi Monas

90

Nothing excites us than Friday. It’s sunny, it’s warm, and it’s Data-viz time! Buckle up, because we’ll be talking about money.

Yep. Money, money, money.
Jadi kemarin, Bank Dunia baru aja merilis hasil penelitian terbarunya terkait kelompok masyarakat Indonesia yang diliat berdasarkan tingkat ekonominya. Yhaaa you know lha, dari yang miskin sampe yang tajir. Nah, yang menarik nih, ternyata kelompok ekonomi paling banyak di Indonesia adalah kelompok aspiring middle class aka kelompok “menuju kelas menengah” yang jumlahnya mencapai hampir 115 juta orang. Ciri-cirinya yang paling utama? Punya pengeluaran antara Rp532 ribu sampe Rp1,2 juta per bulan.

Menurut World Bank (WB) nih gengs, para aspiring middle class ini penting banget karena sebagai kelompok ekonomi mayoritas, mereka merupakan penyangga ekonomi negara. Karenanya, WB nyaranin biar pemerintah kita bikin berbagai kebijakan yang mendukung kelompok ekonomi ini, kayak meningkatkan kualitas pendidikan menengah, invest dalam menciptakan infrastruktur, sampe ketersediaan air, kebersihan, hingga layanan kesehatan yang baik. Nah, kalo kalian pengen tau lebih lanjut soal aspiring middle class ini, cek report lengkapnya di sini yah. Mimin kemarin abis baca ini jadi langsung berasa jadi ahli kebijakan publik gitu, meehhehe…


For when you’ve been worried about your relative who’s living in Wuhan…

Gambar: kompas.com

Tenang gengs, karena sebentar lagi mereka bakal balik ke tanah air.

Hah gimana?
Semalem, Pak Jokowi baru aja mengeluarkan perintah kepada para menterinya untuk mengevakuasi para WNI yang ada di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Perintah ini muncul seiring dengan munculnya wabah coronavirus yang menyebar ke banyak negara, dan awal munculnya adalah dari Wuhan tadi.

Ok, go on…
Kata Menlu Bu Retno Marsudi, Pak Jokowi udah memerintahkan langkah evakuasi ini untuk dilakukan segera. Bu Retno juga bilang bahwa pemerintah bakal mengevakuasi WNI dari tujuh titik yang ada di Wuhan.

Emang ada berapa orang sih, WNI kita di sana?
So far sih kira-kira ada 248 WNI yang mayoritasnya adalah mahasiswa dan tersebar di tujuk titik tadi. Bu Retno menambahkan bahwa saat ini, pemerintah lagi ngeberesin dulu nih prosedur evakuasinya, termasuk perizinan, koordinasi, dan berbagai keperluan lain.

I see. Terus gimana cara evakuasinya? Bukannya Wuhan lagi lock down yah?
Rencananya sih bakal ada dua skenario evakuasi. Pertama, dijemput langsung di Hubei, tapi kalo emang masih diisolasi, maka para WNI ini bakal dijemput di luar Hubei.

Terus balik ke Indonesia?
Iya donk. Kemenkes bilang, ketika nyampe di Indonesia, para WNI ini bakal dikarantina dulu untuk mengantisipasi biar coronavirus nggak menyebar di tanah air. Kalo emang keliatan ada yang suspect coronavirus, maka mereka bakal mendapatkan penanganan khusus.

Pemerintah China-nya ada komentar nggak?
Kata Bu Retno sih, mereka udah menyatakan siap membantu proses evakuasi para WNI ini.

Ok, terus kapan dievakuasinya?
Belum dibilangin kapan waktu fix-nya, tapi yang pasti dalam wakut dekat ini, lah.

Great. Anything else I need to know?
Selain Indonesia, ada sekitar 13 negara yang juga berencana untuk mengevakuasi warganya dari Wuhan. Kemarin, Amerika Serikat dan Prancis udah mulai melakukan proses evakuasi, dan Rusia juga baru aja menutup mayoritas perbatasannya dengan China untuk menghindari penyebaran coronavirus di negaranya.


For when you’re the richest man in China…

Gambar: Mail Online

Meet Jack Ma.
Bos situs e-commerce raksasa asal China, Ali Baba, itu dalam keterangannya Rabu lalu mengumumkan bahwa dia bakal menyumbangkan dana untuk upaya penanggulangan coronavirus yang lagi mengguncang negaranya. Ma bilang, dia bakal nyumbang sebesar US$14,4 juta untuk dana penelitian, termasuk upaya penemuan vaksin maupun pencegahan atas virus tersebut. Ma yang merupakan orang tertajir di China versi majalah Forbes itu juga seminggu sebelumnya udah nyumbang dana sebesar US$144 juta untuk beliin berbagai alat kesehatan buat rumah sakit yang ada di Provinsi Hubei maupun di Kota Wuhan.

Selain Jack Ma, orang tertajir nomor dua di dunia, Bill Gates, juga nyumbang dana sebesar US$10 juta untuk para petugas media yang ngasih pertolongan pertama atas para pasien coronavirus, termasuk US$5 jutanya digunakan untuk upaya penyembuhan dan penemuan vaksin.


“Mana sih Monas? Eh itu, kayak Menara Eiffel gitu.”

Demikian kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah terkait alasan di balik kegiatan revitalisasi Monas yang dilakukan sama Pemprov DKI Jakarta itu. Menurutnya, revitalisasi ini dilakukan untuk menarik para wisatawan yang datang ke icon-nya Jakarta tersebut, walaupun saat ini, proyek revitalisasi lagi di-hold dulu karena terbentur urusan izin.

Yhaaa emang mirip sih pak, Monas sama Menara Eiffel. Mimin juga kadang suka ketuker, mehehehe.


Love Letter Catch Up!

Catchers: Hi CatchMeUp Team! Thank you for helping us (on) keeping track on important issues everyday. Mau tanya, gimana cara kalian menjaga konsistensi untuk buat update-an tiap hari? Kan butuh konsistensi dan komitmen yang gak main-main tuh.

CMU! HQ: Hello and thank you for the question! To be honest, yang bikin kita konsisten itu beneran passion, sih. Maybe it sounds cliche but when I think about it, I realized that I wouldn’t want to allocate 6-7 hours of my time daily to create the newsletter if I am not reaaaaaallllly passionate on what I am doing hahaha (byebye, Netflix binge watching). On a better note, reading your beautiful and heartfelt support on our Insta-stories and Twitter the next day (I usually wake up at 9 am after I send the email at 6 am, so I sleep around 3-4 hours daily) reallly made my day. So, if I can ask one simple request,- just keep em’ coming, pretty please?-

-Haifa-

(Our most favorite part of the day is to know what you think about our newsletter. Thus, we have created this section where you can ask our founder (Haifa) and cofounder (Amri) anything about Catch Me Up! Shoot away your questions here and get a chance to be featured. See you again tomorrow!

Catch Up! Recommendations

For when you’re a Taylor Swift fan and had been listening to “Lover” album non-stop *our favorite track is The Man!*, you definitely don’t wanna miss this.

Hint: It’s track no. 7. Another hint: Our founder might be there