Kapal Asing China Memasuki Perairan Natuna, Hubungan Indonesia-China Kian Memanas

63

Who’s starting the New Year with some tension?

Gambar: buktikunegriku

Indonesia dan China. Hubungan keduanya lagi memanas ni gengs.

Hah kenapa?
Soal Perairan Natuna. Jadi gini, perairan Natuna ini merupakan suatu wilayah perairan yang terletak di Kepulauan Riau. Nah, di penghujung tahun kemarin, mulai banyak nelayan yang menyampaikan keresahannya ketika menangkap ikan di Perairan Natuna, karena sering ditemukan kapal ikan asing asal China yang juga suka nangkepin ikan di wilayah tersebut. Selain kapal ikan, pihak coast guards aka penjaga pantai China juga kerap memasuki wilayah Natuna dan nggak segan-segan ngusir nelayan Indonesia yang lagi melaut di wilayah tersebut.

Welp. Go on…
Terkait kejadian ini, pemerintah Indonesia menilai bahwa China uda melanggar kedaulatan NKRI di Perairan Natuna, dan Kemlu langsung memanggil Duta Besar China di Jakarta untuk menyampaikan protes keras atas kejadian tersebut. Kemlu juga ngirim nota diplomatik ke Beijing sebagai bentuk protes. Menurut Indonesia, China uda melanggar ZEE Indonesia…

I am not sure I know what ZEE is…
We’ll Catch You Up! 
Jadi ZEE ini stands for Zona Ekonomi Eksklusif, yang merupakan konsep dalam hukum internasional yang ngatur bahwa wilayah laut suatu negara adalah 200 mil dari garis pantai terluar. Nah, Perairan Natuna ini kan deket sama Pulau Sumatra, jadi menurut Indonesia, ya Natuna masuk ke ZEE-nya Indonesia.

So I guess, Beijing is not happy about this?
They’re not.
Dalam keterangannya di Beijing, China bilang bahwa mereka punya hak kedaulatan atas Pulau Spartly (It’s another drama, really), yang berbatasan langsung sama Perairan Natuna. Nah, karena Spartly Island ini diakui sama China, maka perairan sekitarnya juga jadi wilayah ZEE-nya China donk. Selain itu, Beijing juga bilang bahwa secara historis, nelayannya uda lama beraktivitas di wilayah itu dan penjaga pantainya juga uda biasa berpatroli di sana. (interestingly, without mentioning Natuna Islands…)

Who’s saying “we strongly disagree!!”
Indonesia. Cuma berselang sehari abis jawaban tadi, Indonesia langsung menolak klaim China yang bilang bahwa mereka punya hak kedaulatan atas ZEE Indonesia di perairan Natuna. Menurut Indonesia, klaim-klaim tersebut nggak punya dasar hukum dan nggak diakui oleh hukum internasional.

Tension, tension…