Jokowi Perintahkan Para Menteri Untuk Mengevakuasi WNI di Wuhan China

75

For when you’ve been worried about your relative who’s living in Wuhan…

Gambar: kompas.com

Tenang gengs, karena sebentar lagi mereka bakal balik ke tanah air.

Hah gimana?
Semalem, Pak Jokowi baru aja mengeluarkan perintah kepada para menterinya untuk mengevakuasi para WNI yang ada di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Perintah ini muncul seiring dengan munculnya wabah coronavirus yang menyebar ke banyak negara, dan awal munculnya adalah dari Wuhan tadi.

Ok, go on…
Kata Menlu Bu Retno Marsudi, Pak Jokowi udah memerintahkan langkah evakuasi ini untuk dilakukan segera. Bu Retno juga bilang bahwa pemerintah bakal mengevakuasi WNI dari tujuh titik yang ada di Wuhan.

Emang ada berapa orang sih, WNI kita di sana?
So far sih kira-kira ada 248 WNI yang mayoritasnya adalah mahasiswa dan tersebar di tujuk titik tadi. Bu Retno menambahkan bahwa saat ini, pemerintah lagi ngeberesin dulu nih prosedur evakuasinya, termasuk perizinan, koordinasi, dan berbagai keperluan lain.

I see. Terus gimana cara evakuasinya? Bukannya Wuhan lagi lock down yah?
Rencananya sih bakal ada dua skenario evakuasi. Pertama, dijemput langsung di Hubei, tapi kalo emang masih diisolasi, maka para WNI ini bakal dijemput di luar Hubei.

Terus balik ke Indonesia?
Iya donk. Kemenkes bilang, ketika nyampe di Indonesia, para WNI ini bakal dikarantina dulu untuk mengantisipasi biar coronavirus nggak menyebar di tanah air. Kalo emang keliatan ada yang suspect coronavirus, maka mereka bakal mendapatkan penanganan khusus.

Pemerintah China-nya ada komentar nggak?
Kata Bu Retno sih, mereka udah menyatakan siap membantu proses evakuasi para WNI ini.

Ok, terus kapan dievakuasinya?
Belum dibilangin kapan waktu fix-nya, tapi yang pasti dalam wakut dekat ini, lah.

Great. Anything else I need to know?
Selain Indonesia, ada sekitar 13 negara yang juga berencana untuk mengevakuasi warganya dari Wuhan. Kemarin, Amerika Serikat dan Prancis udah mulai melakukan proses evakuasi, dan Rusia juga baru aja menutup mayoritas perbatasannya dengan China untuk menghindari penyebaran coronavirus di negaranya.