Indonesia Negatif Corona, Tetap Harus Siaga dan Waspada

77

For when you haven’t heard any confirmed case of coronavirus in Indonesia…

Gambar: Jakarta Globe

So far, Indonesia masih negatif corona. Dalam keterangannya kemarin sore, Menteri Kesehatan dr. Terawan bilang bahwa sejauh ini, belum ada masyarakat di Indonesia yang positif terpapar coronavirus.

Good to hear, then.
Well, here’s where we need to be more cautious:
data perjalanan yang dilansir oleh suatu lembaga riset soal traveling, namanya M1nd-set, menunjukkan bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara dari 10 negara destinasi paling populer untuk turis asal Wuhan yang belum confirmed terpapar coronavirus.

Eh?
Yep. Jadi data riset tadi menunjukkan bahwa dari Desember 2018 sampe November 2019, Indonesia menerima 98,700 wisatawan asal Wuhan, dan hal ini menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata keenam paling populer buat para wisatawan asal Wuhan.

Emang negara lain gimana?
Jadi yang pertama adalah Thailand (14 kasus), Jepang (12 kasus), Malaysia (4), Singapura (5 kasus), dan Hong Kong (9 kasus). Sedangkan empat negara di bawah Indonesia adalah Taiwan (5 kasus), Korea Selatan (4 kasus), Macau (6 kasus), dan Amerika Serikat (5 kasus).

Whoaa now you’ve  got my full attention.
Great. Terkait hal ini, Ketua Pelaksana Komnas FBPI, Bayu Krisnamurthi bilang bahwa pemerintah harus punya sikap yang tepat dalam menghadapi situasi ini. Menurutnya, kita emang nggak perlu panik maupun overreact, tapi juga harus tetap siaga dan waspada.

I see… go on.
Nah, terkait makin menyebarnya coronavirus ini ke seluruh dunia, anggota DPR dari Fraksi PDIP Charles Honoris menyerukan pemerintah untuk mencabut ketentuan bebas visa bagi warga China yang datang ke Indonesia. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan karena negara punya kewajiban untuk melindungi rakyatnya.

Terus kata pemerintah?
Yha kata Menkumham Yasonna Laoly, emang kemunculan coronavirus ini mengagetkan, tapi semoga bisa diatasi sama pemerintah China. Terus soal visanya tadi, ya harus selektif juga karena nggak semua daerah terimplikasi dan harus dipikirin soal hubungan diplomatiknya juga. Lagian kan Kemenkes udah melakukan pemeriksaan…

I see. Anything else I should know?
Meski belum ada satu pun confirmed case coronavirus di Indonesia, tapi Kemenlu udah resmi menerbitkan travel warning buat warga negara Indonesia yang mau berkunjung ke Provinsi Hubei, dan ibu kotanya, Wuhan. Menurut Plt Jubir Kemenlu Pak Teuku Faizasyah, travel warning ini baru bakal dicabut setelah pemerintah China mengumumkan bahwa wilayahnya telah aman untuk dikunjungi.