Gunung Taal Meletus, Penerbangan di Bandara Internasional Ninoy Aquino Sempat Ditunda

82

What’s making the Philippines in high alert?

Sumber gambar: kumparan

Letusan gunung Taal.

Jadi pada awal minggu lalu, gunung Taal yang terletak di Luzon, Filipina meletus. Hal ini menyebabkan pemerintah setempat harus mengungsikan belasan ribu warganya yang tinggal di sekitar gunung.

Gunung Taal? Kayak pernah denger…

You may, karena gunung ini termasuk ke salah satu tempat wisata yang cantik banget dan terletak ga jauh dari ibu kota Filipina, Manila. Gunung Taal juga disebut sebagai gunung berapi terkecil di dunia, dan dikelilingi oleh danau yang pemandangannya nggak kalah indah. Yhaa kalo di Indonesia katanya sih kayak Danau Toba.

I see.Tell me more about the eruption.

You got it. Jadi emang dalam setahun terakhir ini uda keliatan tanda-tanda bahwa Gunung Taal ini bakal erupsi. Nah, Hari Minggu lalu, Gunung Taal yang cuma berjarak 60 kilometer dari Kota Manila itu menumpahkan abu volkanik yang ketinggiannya mencapai 1 kilometer. Akibat letusan ini, penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila sempet ditunda.

Terus, Manila-nya kena nggak?

Kena. Ibu kota Filipina ini sejak Gunung Taal meletus uda mulai diselimuti abu pekat hingga melumpuhkan berbagai aktivitas warganya. Akibat letusan ini, berbagai aktivitas masyarakat kayak sekolah, bisnis, dan pemerintahan dihentikan. Para ahli juga ngingetin bahwa aktivitas Gunung Taal ini meningkat terus dengan sangat cepat, dan berpotensi memunculkan tsunami.

Ouch. Should I be worried?

Nggak sih, kata Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Indonesia nggak akan terdampak dengan abu vulkanis maupun erupsi dari Gunung Taal. Hal ini karena abu vulkaniknya bergerak menjauhi Indonesia.