Curah Hujan Tinggi, Ibu Kota Priangan Terendam Banjir

73

What made people in Bandung worried over the last weekend…

Gambar: CNN Indonesia

The flood aka banjir.
Sejak akhir minggu lalu, ibu kota Priangan aka Bandung lagi dilanda banjir. Ketinggian air di daerah-daerah yang terdampak ada yang mencapai dua meter.

Hah kok bisa?
Yhaaa hal ini nggak lain dikarenakan curah hujan yang tinggi terjadi merata di Kota dan Kabupaten Bandung, hingga menyebabkan meluapnya air di Sungai Citarum dan Cikapundung. Selain itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga bilang bahwa penyebab banjir di Bandung akibat sampah. Kang Yana bilang, petugas di lapangan sering banget nemuin tumpukan sampah yang jadi penyumbat aliran air *uhuk* bahkan ada yang buang kasur di sungai *uhuk*.

Welp. Tell me more.
Jadi sih update paling akhir menunjukkan bahwa ada lebih dari 60 ribu orang di daerah Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot, dan Rancaekek yang terdampak gara-gara banjir ini. Selain itu, 12 titik di wilayah Kota Bandung juga dilanda banjir dengan ketinggian mulai dari 10 sampe 30 sentimeter.

Are there any victims?
Of course. So far,
jumlah pengungsi yang diakibatkan sama banjir ini juga mencapai 1.228 Kepala Keluarga (KK) atau 3.395 jiwa. Selain itu, BPBD Jawa Barat menyebutkan bahwa ada sekitar 10.772 rumah, 411 sekolah, 57 tempat ibadah, dan 18 fasilitas umum lainnya terendam.

Well, has the government done something about this?
Yep. Sejauh ini sih BPBD Jawa Barat udah menurunkan perahu karet sebanyak lima unit, perahu fiber tujuh unit, perahu aluminium tiga unit, dan tenda peleton dua unit. Selain itu, bantuan logistik kayak makanan, air mineral, selimut dan sembako juga udah mulai disalurkan ke para korban.