Curah Hujan Ekstrim, Harga Rokok Naik, Olimpiade Tokyo, Tamu Besar 2020

72

it’s January 2nd and we’ve been receiving a lot of love letters since day one. It’s time to send you ours.


2019, what a year! Now that we’re reaching to the end of a decade, we have a good feeling that together, we can make 2020 great. A little flashback here, in June 2019, we sent out our first email. Since then, we have got tens of thousands of people waking up with us every morning.

This year, we’re excited to tell you that we are preparing a lot of new and innovative products for you to get informed more easily. Please anticipate more things from us as we’re growing.

Finally, Catchers (That’s what we call you), in this very first email of 2020, we want to thank you so much for give us the honor to get into your inbox every morning. Thank you for all of your very supportive emails, mentions, social media endorsements and mouth-to-mouth recommendations. Please know that your supports have made all the late night sessions, endless meetings, and bottomless coffee cups much more fulfilling.

Here’s for more mornings to wake up together in 2020 and beyond!


What are most of us starting the 2020 with?

Gambar: detiknews

The flood, aka banjir.
Yep, it’s all over the news yesterday, today and most probably for the rest of the week. Sejak beberapa hari terakhir ini, banjir besar melanda berbagai daerah di Jabodetabek.

Iya, kok bisa sih?
Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir ini disebabkan oleh curah hujan yang ekstrim yang melanda Jakarta dan sekitarnya sejak Hari Selasa sore sampe Hari Rabu lalu. Menurut mereka, curah hujan ini adalah yang terekstrim sejak tahun 1996. BNPB juga menyebut bahwa hujan ini turunnya merata, dari mulai Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, sampe Bandung dan Cikampek.

Ouch. How things are going so far?
Bad. Banjir ini terjadi hampir di seluruh wilayah Jabodetabek dan tersebar di 169 titik. Adapun titik banjir terbanyak ada di Provinsi Jawa Barat (Bekasi, Bogor) dengan 97 titik, DKI Jakarta dengan 63 titik dan Banten (Kota Tangerang dan Tangerang Selatan) dengan 9 titik. Akibat banjir ini, beberapa ruas jalan tertutup aksesnya dan aliran listrik juga banyak yang dipadamkan.

Pantesan rumah gue mati lampu…
Iya, karena kata PLN, hingga tadi malam, ada 3.300 gardu listrik yang terpaksa dipadamkan. Hal ini karena untuk menghindari warga biar nggak kena sengatan listrik.

What about the victims?
Sejauh ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bilang bahwa ada hampir 20 ribu orang yang uda mengungsi karena banjir. Selain itu, tercatat ada sembilan orang yang meninggal juga gara-gara banjir. Penyebab dari meninggalnya para korban ini adalah karena terseret arus, tertimbun tanah longsor, hipotermia, dan tersengat listrik.

What has the government done?
A lot. Pak Anies sendiri bilang bahwa keselamatan warga merupakan prioritas utama, sehingga pihaknya berfokus pada evakuasi warga. Sejauh ini, Pak Anies menyebut bahwa uda ada 120 ribu petugas yang diturunkan untuk menanggulangi banjir di Jakarta. Selain itu di Jawa Barat, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) juga uda mengirimkan logistik buat para korban banjir di Bekasi. Meski begitu, pihak kepolisian Metro Bekasi bilang bahwa masih banyak warga yang belum dievakuasi karena kurangnya jumlah perahu karet.

Terus sampe kapan nih banjirnya?
Unclear, tapi yang pasti, menurut BMKG, hujan lebat masih diprediksi bakal terjadi di wilayah Jabodetabek sampe seminggu ke depan. Selain itu, puncak musim hujan juga baru akan tiba pada bulan Februari mendatang.

I want to help!
Great! You can begin your new year by a thoughtful start by donating, here. 
Atau kalau kamu mau langsung nge-drop off bantuan, kamu bisa datang ke posko-posko ini, and finally, you can also consider helping those who can’t speak for themselves aka the animal, here. Stay safe, everyone!


For when you’ve been living by “sebats dulu” mantra…

Gambar: tirto.id

Siap-siap gengs, karena harga rokok sebats-nya uda naik.
Yep yep yep, mulai kemarin, aka satu Januari 2020, harga rokok uda fix naik sampe sebesar 35 persen.

Hah kok bisa?
Yha bisa aja, karena pemerintah juga uda fix naikin pajak cukai rokok rata-rata hingga 23 persen. Jadi soal kenaikan cukai rokok ini sebenernya uda rame sejak September tahun lalu. Waktu itu, Menkeu Sri Mulyani bilang bahwa at least ada tiga alasan kenapa pemerintah bakal naikin cukai rokok.

Why?
Pertama, untuk mengurangi konsumsi khususnya di kalangan cewek dan remaja. Kedua, untuk mengatur industri dan mencegah peredaran rokok ilegal yang dijual sangat murah, dan terakhir adalah untuk penerimaan negara. Ya kan makin tinggi cukainya, maka penerimaan negara juga bertambah, gengs.

Terus kenaikannya berapa?
Yha kemungkinan harga rokok bisa naik jadi 30 ribu-35 ribu per bungkus. Ni coba cek daftar lengkapnya di sini nih.

I see. Is there anything else I should know?
Yep. Kamu juga harus tau bahwa kenaikan harga ini cuma berlaku buat rokok yang diproduksi pada tahun 2020. Meaning kalo kamu lagi bokek *ehem awal bulan rasa akhir bulan ehem* dan pengen ngerokok, kamu bisa cari rokok dengan pita cukai tahun 2019 yang harganya masih harga lama. Pihak bea cukai sendiri bilang bahwa kalo mereka menemukan rokok dengan pita cukai 2019 tapi harganya dinaikin pake harga sekarang, maka mereka akan melakukan peneguran pada pihak penjual.


Which team is setting a high target for the Tokyo Olympics?

Gambar: fivb

Indonesia.
Jadi gengs, di tahun 2020 ini, Indonesia bakal berpartisipasi di Olimpiade Tokyo yang bakal digelar pada bulan Juli hingga Agustus mendatang. Nah, menyambut Olimpiade ini, kontingen Indonesia punya target untuk meraih lebih dari satu emas. FYI, Indonesia cuma pernah sekali dapet dua medali emas di Olimpiade, yaitu pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Waktu itu, peraih medali emasnya adalah pebulutangkis Alan Budikusuma dan Susi Susanti.

Nah, flash forward to 2020, Selasa lalu, Ketua Komite Olimpiade Nasional (NOC) Raja Sapta Oktohari bilang bahwa pada Tokyo Olympics kali ini, Kontingen Indonesia bakal mengirimkan lebih banyak atlet dibanding Olimpiade-Olimpiade sebelumnya, makanya harapan raihan medalinya juga nambah. Adapun cabang olahraga yang jadi andalan adalah bulutangkis dan angkat besi, namun bisa jadi, kejutan juga datang dari cabang panahan dan menembak.

Because it’s 2020.


“Tamu besar pertama di tahun 2020,”

Tulis Pak Jokowi di caption Instagramnya yang menampilkan foto beliau lagi ngobrol berempat di sekeliling meja makan. Selain Pak Jokowi ada juga Menhan Pak Prabowo Subianto, anaknya Pak Jokowi, Kaesang Pangarep, dan anaknya Pak Prabowo, Didit Hediprasetyo. Dalam keterangannya, Pak Jokowi bilang bahwa kunjungan itu dilakukan untuk bahas banyak hal, mulai dari urusan keluarga sampe urusan negara.

Banjir. Kalo kita, tamu besar pertamanya banjir, Pak.