China Berencana Mengurangi Polusi Plastik Pada Tahun 2025

74

Who’s just joined the “No plastic club” group chat?

Gambar: mmnews.tv

China.
Yep, negara paling padat di dunia itu baru aja ngumumin rencananya untuk mengurangi polusi plastik per tahun 2025. Terkait hal ini, China juga bakal memberlakukan larangan penggunaan plastik sekali pakai, ASAP.

Glad to hear! Tell me more…
Dalam keterangannya minggu lalu, pemerintah China ngerilis soal rencana detailnya dari tahun ke tahun soal pelarangan plastik ini. Misalnya, untuk kota-kota besar, larangan penggunaan plastik sekali pakai bakal berlaku di akhir tahun ini, sedangkan untuk kota-kota di area terpencil, mereka masih dikasih dua sampe tiga tahun untuk adjust. Terus juga mulai akhir tahun 2020 ini, sedotan plastik udah ga bakal ada lagi secara nasional. Whoaaa…

And in 2025?
Targetnya, di tahun 2025 itu hotel-hotel di China udah nggak pada pake plastik sekali pakai lagi. Selain itu, secara pelan-pelan mulai tahun ini sampe 2025 mendatang, restoran-restoran di China juga udah nggak boleh pake bungkus makanan dari plastik sekali pakai.

Why does China come up with this policy?
Well, it turns out that China merupakan negara dengan produksi plastik terbesar di dunia, yakni mencapai 29 persen dari total produk plastik secara global. Selain itu, diketahui juga bahwa China merupakan negara dengan konsumsi plastik terbesar, sampe-sampe sungai Yangtse yang ada di China juga jadi saluran air yang paling banyak bawa limbah plastik ke laut dibanding sungai-sungai lain yang ada di dunia.

Olrite. Anything else I need to know?
Sebagai bagian dari upayanya mengurangi polusi sampah plastik itu, pada tahun 2018 lalu, China juga udah mengumumkan bahwa mereka nggak akan menerima lagi sampah plastik yang dikirim dari luar negeri. Selain itu, mereka juga udah mulai ngenalin penggunaan plastik yang bio-degradable dan program recycling yang menyeluruh pada masyarakatnya.

Yep, no plastic at a time 🙂