Working 9 to 5, for service and devotion…

173

It’s Monday! May your coffee be strong and your spirit be high and in case you need some proud moment to start your morning…

Ini 6 Fakta Menarik Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Myanmar

Sumber gambar: Inews

Clap clap, for our National Team at the SEA Games.

Menutup weekend kemarin, Kontigen Indonesia yang lagi berjuang di SEA Games Filipina berhasil mengumpulkan 66 emas, 62 perak, dan 79 perunggu. Dengan raihan ini, Indonesia berhasil menduduki posisi kedua di klasemen sementara SEA Games ke-30.

Soooo yeay?

Yeay banget, dong. Karena berarti, kontigen Indonesia uda berhasil mencapai target yang dipasang Pak Jokowi, yakni berada di urutan kedua. Sebelumnya, pas pelepasan para atlet yang mau berangkat SEA Games, Pak Jokowi juga request biar posisi Indonesia naik dari posisi di SEA Games terakhir yang ada di posisi kelima. Raihan 66 emas ini juga telah berhasil melampaui target yang dipasang Menpora Zainudin Amali yakni 45 emas.

Whoaaaa cool.

Yep. Pada Hari Minggu kemarin, Kontigen Indonesia juga baru aja ngeborong 15 emas dari berbagai cabang olahraga kayak menembak, dayung, panahan, selancar, memanah, boling, ski air, atletik, sampe catur.

How are other countries doing?

Competitive. Saat ini, posisi Indonesia cuma ada di bawah tuan rumah Filipina yang uda meraih 111 emas, 87 perak, 86 perunggu. Sedangkan di posisi ketiga, ada Vietnam yang menempel dengan raihan 65 emas, 69 perak dan 79 perunggu.

Does our government have a say about these achievements?

Iya dong. Kata Menpora Pak Zainudin Amali, prestasi para atlet ini luar biasa banget karena uda berhasil memenuhi target masuk dua besar yang diminta Pak Jokowi. Selain itu, Jubir Presiden Fadjroel Rahman juga menyampaikan apresiasinya atas pencapaian para atlet yang telat memberikan kebanggaan bagi Indonesia. *uhuk* jangan lupa bonusnya ya pak *uhuk*

I want to get into my SEA Games spirit. Anything to watch?

Well, final sepak bola antara Timnas Indonesia melawan Vietnam bakal digelar Hari Selasa besok, sih. Laga ini diprediksi bakal panas karena sebelumnya di babak penyisihan, Evan Dimas dkk kalah 1-2 lawan Vietnam. Pertandingannya sendiri bakal kick-off jam 19.00 WIB di Stadion Rizal Memorial, Filipina dan disiarkan langsung di RCTI.

Get your jersey ready.

What’s more dramatic than your relationship with your ex?

Donald Trump

Sumber gambar: TheAtlantic

The US-China relationships.

Jadi weekend kemarin, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mencurahkan ke-bete-annya atas China di akun Twitternya.

Hah gara-gara apa?

Gara-gara World Bank, sebagai salah satu lembaga keuangan global baru aja nge-approve dana pinjaman yang diajukan China sebesar US$ 1,5 miliar (Rp 21 triliun) dengan bunga rendah dan jangka waktu kredit selama lima tahun aja. Menurut Trump, China uda tajir, ngapain lagi dipinjemin duit sebanyak itu. Trump juga bilang bahwa World Bank harus menghentikan minjemin dana ke China karena negara itu kalo ga punya duit juga bisa bikin sendiri. WOW.

Awalnya gimana kok Trump bisa ngetwit gitu?

Jadi awalnya, Hari Kamis kemarin, Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin meeting sama kongres AS untuk bahas soal pinjaman ini. Menurut Mnuchin, China harusnya uda dihapus dari daftar negara yang bisa mendapat bantuan dari World Bank karena mereka merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia. Selain itu, Mnuchin juga bilang bahwa pihaknya uda nego-nego sama World Bank untuk mengurangi bantuan buat China. FYI aja, Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak ngasih duit ke World Bank.

Terus pasti World Bank punya argumen donggg…

Ofkorz. Kata World Bank, pinjaman dari lembaganya ke China emang udah terus berkurang secara signifikan kok, dan kebijakan ini juga udah disampaikan ke para pemegang saham di World Bank, termasuk Amerika Serikat. Secara WB ini adalah lembaga keuangan yang minjemin duit buat negara-negara low-income, maka bantuan yang mereka salurkan juga bakal terus berkurang seiring dengan bertambahnya pendapatan suatu negara. Gitu.

When things are heating up in Paris…

Sumber gambar: APNews

Sepanjang minggu kemarin, ratusan ribu warga melakukan mogok massal dan  turun ke jalan-jalan di Paris dan beberapa kota lain di Prancis untuk memprotes kebijakan baru Presiden Macron.

Kebijakan apa tuh?

Soal kerjaan. Jadi saat ini, kebijakan di Prancis punya sistem namanya “42”, di mana profesi-profesi tertentu kayak pekerja kereta api, tentara, pengacara, sampe staf opera di Paris dapet keringanan untuk bisa pensiun lebih dini dengan dana yang lebih besar. Nah, kebijakan barunya Macron bakal menghilangkan keringanan ini dan mukul rata sistem pensiun buat para pekerja di Prancis, regardless kerjaannya apa.

Kenapa kok kebijakannya diilangin?

Ada beberapa alasan yang disebutkan, misalnya karena emang populasi Prancis yang makin tua aka aging populations sehingga warganya yang masih produktif perlu kerja lebih lama. Alasan lain adalah menurut pemerintah Prancis, warganya itu suatu saat gaakan bisa menerima situasi di mana satu kelompok profesi bisa pensiun lebih dini dan lebih banyak duit dibanding profesi lain.

Terus kalo kata para demonstran apa?

Ya mereka menolak kebijakan ini karena menyebabkan para pekerja harus bekerja lebih lama dan pensiun dengan dana yang lebih kecil. Selain itu, persatuan buruh kereta api di Prancis juga bilang bahwa mereka berhak untuk bisa pensiun lebih dini, mengingat kerjaan mereka yang berat dan kadang mereka harus kerja over the weekend. Belum lagi risiko kesehatan yang mungkin banget mereka derita pas udah pensiun nanti.

I see. Anything else I need to know?

Sejauh ini, suasana di Prancis uda mulai mencekam gengs, seiring dengan ditangkapnya 90 orang demonstran oleh polisi. Selain itu, polisi juga uda mulai menggunakan gas air mata pada para demonstran dan terjadi juga pengrusakan atas fasilitas umum dan kantor-kantor pemerintahan. Pengoperasian kereta api di seantaro Prancis juga terganggu karena pegawainya banyak yang ikut protes. Rencananya, puncak dari demonstrasi ini bakal berlangsung besok, di mana akan ada lebih banyak lagi warga yang turun ke jalanan.

Who’s also cleaning up their desks?

Lowongan Kerja Garuda Indonesia, Bagi S-1 Semua Jurusan, Berikut Persyaratan & Info Lengkapnya

Sumber gambar: TribuneNews

Tiga orang direktur di Garuda Indonesia.

Menyusul terungkapnya skandal penyelundupan motor Harley Davidson dan dua unit sepeda Brompton yang dilakukan sama ex-Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara, Sabtu kemarin, Kementerian BUMN juga memberhentikan sementara tiga orang direksi Garuda Indonesia lainnya. Tiga orang ini terindikasi ikut  terlibat dalam kasus penyelundupan karena ketiganya ikut cusss ke Prancis untuk jemput pesawat Airbus baru berisi Harley Davidson tersebut. Adapun ketiga orang tadi adalah Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

Dengan pencopotan ini, maka direksi yang masih tersisa di Garuda tinggal tiga, yakni Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Fuad Rizal, Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa, dan Direktur Niaga Pikri Ilham Kurniansyah. Meski begitu, Kemenhub memastikan bahwa operasional Garuda gaakan terganggu karena kan uda ada Pelaksana Tugas (Plt) yang bakal menangani operasional perusahaan sampe ada penunjukkan pimpinan baru nantinya.

“Indonesia adalah tim yang paling nyebelin di SEA Games,”

Kata Pelatih Timnas Sepakbola U-23 Vietnam Park Hang-seo pas ngomentarin soal kualitas Timnas Indonesia yang bakal jadi lawannya pada final sepak bola di SEA Games Filipina ke-30 yang bakal digelar besok. Menurut Mister Park, Timnas Indonesia ini nyebelin karena timnya bagus semua, mau yang pemain cadangan atau enggak. Karenanya, Indonesia emang pantas untuk berlaga di final.

In-do-ne-sia! jeng jeng jeng jeng…