Malam Tahun Baru 2020, Populasi Jepang Menurun, Karhutla, Kegiatan Seni, Ahmad Dhani

75

It’s finally the last day of the year. If you still have no plan for tonight, you’re in the right email.


Gambar: tempo.co

Because we’ll Catch You Up! with some plans.
Yha yha yha, as if kamu belum cukup begadang kemaren-kemaren karena binge-watching Drama Korea atau nontonin Liga Inggris (we won’t judge because we’re sort of….doing the same thing). Nanti malam, kamu rencananya pengen begadang juga neh, buat tahun baruan.

So you had a great sleep last night, have a slow morning at the office today, then you text your bestie, “Where too, 2nite?” terus dijawabnya pake jawaban template: “terserah”. Nah, yaudah. Terserah kamu deh mau milih ke mana malam ini. Cuss keliling?

DKI Jakarta.
Untuk ibu kota, pusat perayaan tahun baru bakal digelar di area bundaran HI dan akan diisi dengan berbagai hiburan, di antaranya penampilan dari Bang Haji Rhoma Irama. Bang Oma uda siap banget ni gengs menghibur kamu nanti malam, sampe-sampe dia uda minta Pemprov DKI nyiapin pawang hujan karena khawatir ntar malem ujan. Selain ada Bang Oma, kamu juga bakal bisa menyaksikan berbagai atraksi budaya, gambus, fashion show, sampe nikah massal. Variatif yha.

Bandung.
Di Bandung, perayaan tahun baru bakal digelar di Taman Kiara Artha yang atraksi utamanya berupa air mancur yang seirama dengan musik. Selain itu, pesta kembang api juga diprediksi bakal digelar di Lapangan Gasibu dan Alun-Alun Kota Bandung. If you want to celebrate New Year’s Eve with a completely different way (dengan muhasabah misalnya), kamu bisa cusss ke Masjid Pusdai, di mana Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil dan sejumlah ulama bakal menggelar Muhasabah dan Tausiyah dalam menyambut tahun baru. Go ahead, pick your battle.

Semarang.
Di Semarang, pusat perayaan tahun baru bakal dilangsungkan di sepanjang jalan depan BCA Pemuda, Kota Semarang. Perayaan ini bakal diisi dengan konser musik dan kesenian (btw, puncak acaranya bakal ada penampilan dari Naif gengs), tapi gaada kembang api. Nah, untuk gantiin kembang api ini, pihak Pemkot Semarang bakal menggelar laser show dan permainan animasi untuk menghibur warga.

Surabaya.
Untuk Arek-Arek Suroboyo, Wali Kota Bu Tri Rismaharini udah bilang bahwa Pemkot Surabaya nggak akan menggelar acara di malam tahun baru 2020. Bu Risma juga mengimbau warganya biar nggak pada konvoi kendaraan karena kalo nanti kecelakaan malah rugi. Menurut Pemkot, malam tahun baru sebaiknya diisi dengan kegiatan yang positif, misalnya kumpul keluarga dan do’a bersama (Sama makan rawon, Bu. Rawon jangan ketinggalan because rawon is lyfe) 

Bali.
Di Bali, tempat wisata Garuda Wisnu Kencana uda menyiapkan sekitar 20 ribu kembang api untuk memeriahkan malam tahun baru. Kembang api ini rencananya bakal dinyalakan mengelilingi patung GWK dan bakal berlangsung selama 5-10 menit. Selain kembang api, acara tahun baruan juga akan diramaikan dengan hiburan musik dan pameran mobil klasik.

Medan.
Pada malam perayaan tahun baru, Pemkot Medan rencananya bakal menggelar doa dan zikir bersama di Lapangan Merdeka. Selain itu, acara juga bakal dimeriahkan dengan bazaar kuliner hingga pertunjukan musik. Untuk mengantisipasi kemacetan, pihak Polrestabes Medan bakal melakukan rekayasa lalu lintas buat ntar malem, and if you live in the area, you can check it out here

Makassar.
Sebelum cusss tahun baruan, jangan lupa makan mie titi dulu gengs, karena itu enak banget wkwkwkw *salfok*. Aaaanyway, rencananya nanti malem pihak kepolisian bakal menggelar car free night dan bakal nutup 11 ruas jalan di Makassar, karena titik-titik tersebut bakal dipadati warga. Di kota ini, warga biasanya kumpul-kumpul tahun baruan di anjungan Pantai Losari.

Or…di kasur. Tidur. Like our plan for tonight. See you next year! XOXO.


What are people in Japan worrying about?

Gambar: NDTV

The declining population, aka jumlah populasi yang terus menurun.
Minggu lalu, Kementerian Kesehatan Jepang mengumumkan bahwa pertumbuhan jumlah penduduk di negara tersebut mengalami angka terendahnya di tahun ini.

Serendah apa?
Pokoknya terendah dalam 120 tahun terakhir gengs. Jadi tercatat bahwa sepanjang tahun 2019 ini, jumlah bayi yang baru lahir di Jepang ga nyampe 900 ribu anak. Itung-itungan pemerintah, jumlah bayi di tahun 2019 cuma bakal ada 864 ribu orang, turun sebanyak 54 ribu dibanding tahun lalu. Dengan angka ini, ditambah dengan angka kematian yang mencapai 1,4 juta jiwa, maka disimpulkan bahwa jumlah populasi Jepang di tahun 2019 berkurang sebanyak 512 ribu jiwa.

Whoaaaa, that’s low. Why?
At least ada dua penyebab. Penyebab pertama, karena jumlah orang berusia tua di Jepang saat ini lebih banyak dibanding generasi yang berusia produktif. FYI gengs, udah selama 13 tahun ini, populasi warga Jepang angkanya menurun terus, jadi ya penurunan ini lanjut terus dari tahun ke tahun.

I see. Kedua?
Yang kedua ada hubungannya sama kultur sih. Jadi masih menurut Kemenkes Jepang, banyak cewek di negaranya yang harus milih antara karir dan keluarga, karena kondisi budaya di sana yang nggak memungkinkan cewek untuk menjalani keduanya. Hasilnya, banyak cewek yang milih berkarier ajha…

What about the dads?
Nah ini masalah juga neh. Jadi sebenernya, Jepang ngasih cuti buat bapak yang istrinya baru ngelahirin selama hampir setahun, which is yang paling banyak dibandingin negara lain di dunia (even more than that of Scandinavian countries!) tapi masalahnya gengs, cuma 5 persen pria yang ngambil hak cuti tersebut. Kenapose? Karena di kultur Jepang, cowok itu tempatnya di kantor, jadi stigmanya kuat banget kalo ada cowok yang ambil cuti karena baru punya anak tuh.

Has the government done anything about this?
Yes, donks. Jadi menurut itung-itungan pemerintah, kalo situasinya begini terus, maka diprediksi pada tahun 2025 nanti, populasi Jepang menurun sampe 16 juta orang. Karenanya, berbagai insentif diberikan buat pasangan yang mau punya anak. Namun ternyata, program ini belum terbukti berhasil karena faktanya, populasi Jepang tetep ajha menurun.

I see, anything I should know?
Selain soal kelahiran, angka pernikahan di Jepang juga menurun. Di tahun ini, angka pasangan yang menikah cuma 583,000 pasangan, menurun sebanyak tiga ribu pasangan dibanding tahun lalu.


What’s causing Indonesia big losses?

Gambar: CNN Indonesia

Karhutla aka kebakaran hutan dan lahan.
Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dirujuk dari data World Bank menunjukan bahwa gara-gara kebakaran hutan, Indonesia mengalami kerugian sampe sebesar Rp 75 Trilyun.

HAH kok banyak banget?
Yep, jadi angka kerugian itu diitung dari luas lahan dan hutan yang terbakar. Diketahui bahwa tahun ini, angka lahan yang terbakar lebih banyak dibanding tahun lalu. Jika tahun 2018 lalu jumlah lahan yang terbakar adalah 500 ribuan hektare, maka tahun ini, angkanya mencapai 900 ribuan hektare. Jumlah ini juga menjadi yang paling banyak dalam tiga tahun terakhir.

Terus…
Nah, dari beberapa provinsi di Indonesia yang mengalami karhutla, maka provinsi yang paling terdampak adalah Kalimantan Tengah yang lahan terbakarnya mencapai 161.298 hektare. Selain di Kalimantan, karhutla yang besar juga terjadi di Sumatera Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

I see, anything else I should know?
Nggak cuma merugikan dari sisi lahan, tapi pemadaman karhutla ini juga menghabiskan biaya yang nggak sedikit gengs. Totalnya, pemerintah mengucurkan dana sampe Rp.3 Trilyun untuk operasi karhutla.

Ckckck…


For when you live by “Aku ingin hidup seribu tahun lagi” mantra…

Gambar: tribunsolo.com


Rajin-rajin ke museum atau galeri seni, de.
Karena hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh University College London menemukan bahwa orang yang sering mengunjungi museum, galeri seni, teater, atau nonton konser secara teratur punya risiko kematian yang lebih rendah dibanding mereka yang enggak. More specifically, diketahui bahwa orang yang mengikuti kegiatan seni antara 1-2 kali dalam setahun punya risiko kematian yang lebih rendah sebanyak 14 persen dibanding mereka yang nggak pernah ikut kegiatan seni.
Hasil penelitian juga menemukan bahwa sering terlibat di dunia seni ini bisa meningkatkan kesehatan mantal, mengurangi kesepian, hingga mengurangi perilaku buruk buat para penikmatnya.

Tuh kaan, udah buruan beli tiket buat nonton Konser Didi Kempot-nya…


“Ayo kita pulang ke rumah suamiku sayang, mama dan anak-anak udah nunggu,”

Tulis politisi Gerindra yang juga istrinya Ahmad Dhani, Mulan Jameela di caption Instagramnya kemarin. Update-an ini tentunya terkait status Dhani yang baru aja bebas dari Lapas Cipinang, Jakarta setelah menjalani hukuman penjara selama sebelas bulan gara-gara kasus ujaran kebencian.

Mbak Mulan nyampe rumah pasti langsung nyanyi “Cinta ‘kan membawamu, kembali di sini…”