I’ll be home for Christmas…

111

It’s Monday and if you’ve been trying to focus on your work while all you think about is your upcoming Christmas trip…

Sejumlah kendaraan melintasi Tol Layang (Elevated) Jakarta-Cikampek II yang mulai beroperasional di Bekasi, Ahad, 15 Desember 2019. ANTARA/Fakhri Hermansyah

Sumber: Tempo

Nice try. You look so committed to those Excel sheets you’ve been working on.

But really, holiday is around the corner and we can’t be more excited. Dua hari lagi menjelang perayaan Natal, warga Jakarta dan sekitarnya uda mulai banyak yang cusss meninggalkan ibu kota.

Dude, I am still working on these sheets…

Sabar yha, nanti nyusul aja biar gabung sama 63 ribuan kendaraan yang udah lebih dulu meninggalkan Jakarta. Jadi gengs, dalam keterangannya PT. Jasa Marga kemarin, sampe Hari Sabtu itu peningkatan volume kendaraan yang lewatin Gerbang Tol Cikampek untuk meninggalkan Jakarta udah meningkat sampe 87,83 persen jika dibandingkan hari normal.

Banyak uga yha. Pada mau ke mana si?

Masih kata Jasa Marga, rata-rata kendaraan ini menuju ke Bandung dan sekitarnya, serta jalan tol Trans Jawa. Diprediksi juga bahwa volume kendaraan ini bakal terus naik sampe 24 Desember nanti. Totalnya, bakal ada 119 ribu kendaraan yang melintas pada musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Meet: Tol Japek II aka Jakarta-Cikampek

Jadi, jalur tol yang baru aja dibuka minggu lalu untuk umum ini merupakan perluasan dari Tol Japek yang ada di bawahnya, jadi namanya Tol Japek II Elevated (kayak judul sekuel film gitu yha). Keberadaan tol ini diharapkan bisa mengurai kemacetan yang terjadi di jalur Jakarta-Cikampek yang ada di bawahnya, tapi so far, keberadaan tol ini justru menuai kontroversi

Kenapa?

Dimulai dari jalannya yang bergelombang, macet, hingga kejadian penutupan sementara yang dilakukan Hari Sabtu lalu.

I bet there’s some explanation though…

Yep, of course. Kalo soal yang jalannya bergelombang, pemerintah uda confirm bahwa jalanan itu udah diuji beban dan aman. Terus kalo soal macet, yha kan bisa lewat bawah, dan terkait penutupan sementara, pemerintah bilang bahwa keputusan tersebut diambil karena padatnya volume kendaraan yang lewatin Japek II.

I see. Anything else I need to know?

Untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru, Panglima TNI Hadi Tjahjanto bilang bahwa pihaknya bakal menurunkan 120 ribu personel gabungan TNI/Polri. Rencananya, para pasukan ini bakal melaksanakan patroli untuk mengamankan ibadah Natal.

Who had a pre-Christmas holiday trip gone wrong?

Gospers Mountain Fire At Emergency Level As Heatwave Continues

Sumber gambar: Bloomberg

Australian Prime Minister, Scott Morisson.

We know, we know, you’re already on your holiday spirit. So was Perdana Menteri Australia Scott Morisson yang beberapa waktu lalu cusss ke Hawaii buat liburan bareng keluarganya.

I love taking Christmas holiday trip.

Well, who doesn’t? Tapi sayangnya, perjalanan PM Morisson ini timing-nya nggak tepat gengs, karena saat ini, Australia lagi dilanda kebakaran hutan semak besar-besaran yang terjadi di berbagai wilayah di Australia Selatan.

How bad is the fire?

Very bad. Menurut data satelitnya NASA, kebakaran semak di Australia kali ini lebih parah dari pada karhutla yang terjadi di Indonesia dan Brasil. FYI, Kebakaran ini terjadi di banyak titik, di antaranya New South Wales, Victoria, Sydney, Adeleide, dan berbagai daerah di sekitarnya. So far, kebakaran hutan ini telah menyebabkan at least 800 rumah terbakar dan sembilan orang meninggal. Adapun lahan yang terbakar telah mencapai tiga juta hektar.

Ouch, kok bisa separah itu sih. Penyebabnya apa?

The combination ofgelombang panas yang mencapai 40 derajat celsius, udara yang kering, dan angin kencang yang bikin penyebaran api makin cepat. Pemerintah setempat juga memprediksi bahwa kebakaran hutan ini bakal terus terjadi sampe pasca Natal, dan proses pemadaman api-nya juga bakal challenging banget kalo gaada hujan.

Understood. Back to PM Morisson…

Nah, jadi over the week kemarin, publik Australia diramaikan sama hashtag #WhereTheBloodyHellAreYou terkait rumor bahwa PM Morisson ni liburan ke Hawaii. Hal ini karena kepergian dia untuk liburan ini nggak dikonfirmasi sama kantor perdana menteri Australia yang menolak ngasih info terkait keberadaan PM Morisson dengan alasan keamanan. Baru pas Hari Jumat, dikabarkan bahwa ada dua orang pemadam kebakaran yang meninggal dan langsung deh Morisson ngumumin bahwa dia bakal “coming home early”.

Go on…

Nah kemarin, PM Morisson langsung menggelar konferensi pers untuk minta maaf ke publik Australia karena malah liburan bareng keluarganya, padahal di dalam negeri, banyak keluarga yang justru lagi “under great stress”. PM Morisson juga bilang bahwa sebagai perdana menteri, dia punya tanggung jawab dan karenanya, dia siap menerima segala kritikan.

Wrong timing, mate.

For when you’re still in your SEA Games spirit…

Sumber gambar: KataNews

But ASEAN Para Games is postponed.

Yep, pesta olahraga untuk atlet berkebutuhan khusus asal negara-negara ASEAN yang merupakan event lanjutan dari SEA Games yang baru selesai dua minggu lalu itu resmi diundur. Awalnya, ASEAN Para Games bakal digelar pada 18-24 Januari, tapi tuan rumah Filipina memutuskan untuk mengundur acaranya jadi ke 20-28 Maret. Lumayan yha, dua bulan.

Bummer. Why?

Funding constraint aka masalah dana. Selain urusan duit, pertimbangan logistik juga jadi salah satu alasan Filipina mengundur ASEAN Para Games ini. Pihak panitia sendiri uda ngabarin ke seluruh negara-negara peserta terkait perubahan jadwal ini.

Aaaaaand, how are we holding up?

Ya gpp sih. Menurut Ketua Komite Paralimpiade Nasional Senny Marbun, pengunduran jadwal ini nggak bikin tim Indonesia untung atau rugi, tapi yha ngalir aja. Yang penting, kata Senny, adalah menjaga para atlet biar tetep semangat, sabar, dan tawakkal serta nggak bosen nungguin sampe Maret.

Anything changed, tho?

Nope, nothing. Gaada yang berubah dari jumlah atlet pertandingan yang diikutin, sampe venue-nya. Beneran jadwalnya aja yang diundur.

Brb, we’re rescheduling our flight tickets…

Who’s singing “Baby I’m so lonely, lonely, lonely…” by 2NE1?

Megawati Minta Prabowo Perbaiki Fasilitas Prajurit TNI

Sumber Gambar: Merdeka

Bu Megawati Soekarnoputri.

Jadi kemarin, bertepatan sama perayaan Hari Ibu, Mantan Presiden RI Bu Megawati Soekarnoputri curhat bahwa dia ngerasa kesepian di dunia politik, karena sedikitnya perempuan yang mau terjun di bidang tersebut. Kata Bu Mega, salah satu alasan kenapa nggak banyak cewek yang mau masuk politik adalah karena masih banyak yang menganggap politik itu tabu. Padahal menurut beliau, partisipasi perempuan di dunia politik itu penting biar bisa mendorong terwujudnya kebijakan-kebijakan yang pro isu perempuan. Dalam kesempatan yang sama, Bu Mega juga ngingetin biar para cewek saling ngedukung dalam berkarier, dan nggak boleh saling menjatuhkan.

Aye aye, Ibu.

“I was missing for three days. The UFO had taken me,”

Kata legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona pas cerita soal pengalamannya diculik UFO dan menghilang dari rumahnya selama tiga hari. Kata Maradona, waktu itu dia abis kebanyakan minum terus pulang ke rumah terus diculik sama UFO deh.

First, gol tangan tuhan, second, diculik UFO. Random abiz.