It’s Fri-nally Friday. Guess what we have!

27

Phew, we’ve finally (almost) survived the week! On today’s Data-viz Friday, let’s get a little nostalgic and talk about…

School.

Yep, school. Khususnya soal kualitas pendidikan kita yang baru aja disurvei sama OECD aka Organization for Economic Cooperation and Development. Jadi dari hasil surveinya OECD yang baru dirilis minggu ini, ketauan bahwa kemampuan membaca, Matematika dan Sains para siswa Indonesia termasuk ke dalam posisi yang paling rendah di dunia. Hal ini kemudian bikin banyak pihak jadi concern, khususnya karena anggaran pendidikan kita yang mencapai Rp 500 Triliun per tahun.

Makanya di Data-viz minggu ini, kita bakal bahas soal survei tadi yang namanya “PISA”, dan ada di mana posisi pendidikan Indonesia kalo dibandingin negara-negara lain. Bacanya bikin pengen ikutan kuis “Are you smarter than a fifth grader?” gitu deh, gengs. Ciyus.

Who just had an unexpected “last day” at the office?Harley Davidson yang Diselundupkan Dalam Pesawat Garuda Ternyata Model Softail

Sumber gambar: Sindonews

Dirut Garuda Indonesia, Ari Akshara.

Kemarin, Menteri BUMN Pak Erick Thohir uda secara resmi memberhentikan Dirut Garuda Indonesia, Pak Ari Akshara dari jabatannya. Hal ini menyusul hasil penyelidikan terkait upaya penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton lewat pesawat yang baru dibeli sama Garuda Indonesia.

I am not really following. Mind to Catch Me Up!?

Sure thing. Jadi bulan lalu, Garuda Indonesia baru beli pesawat dari perusahaan Airbus di Prancis. Nah buat pick up sekalian serah terima,  berangkatlah rombongan pejabat dari Garuda Indonesia ke Prancis dan di dalamnya termasuk Pak Ari. Adapun total penumpang pesawat ada 22 orang, dan ada juga 18 dus yang ditaro di kabin pesawat. Nah, 18 dus inilah yang mengundang prahaaaraa…

Karena…

Dus-dus itu berisi barang selundupan yang berupa spare part motor Harley Davidson dan dua unit sepeda lipat Brompton. Nah, pas nyampe ke Indonesia, barang-barang ini nggak di-declare di bea cukai, dan pas dilakukan pemeriksaan, barang-barang yang ditaruh di kabin penumpang itu ditemukan oleh petugas.

No wonder I’ve been hearing Garuda Indonesia alllll daaaay…

There you go. Gak lama abis kasus ini mencuat, Pak Erick Thohir bilang bahwa dia bakal memecat pejabat Garuda Indonesia yang terlibat dalam upaya  penyelundupan ini, dan hasilnya Pak Ari beneran dipecat, gengs. Selain itu, hasil investigasi juga menyatakan bahwa motor Harley Davidson itu emang punya Pak Ari dan dia emang yang minta pegawainya untuk nyariin motor tersebut.

Who else has a say on this? 

Menteri Keuangan, Bu Sri Mulyani. Dalam konferensi persnya sama Pak Erick kemarin, Bu Ani bilang bahwa potensi kerugian negara akibat penyelundupan ini mencapai Rp 532 juta hingga Rp 1,5 miliar. Bu Ani bilang, angka ini berdasarkan hasil itung-itungan dari harga motor yang mencapai Rp 800 juta per unit, dan harga sepeda yang sekitar 50-60 juta per unit.

Who’s saying “we’re not done yet”?

Pak Erick. Kata beliau, selain dipecat, Pak Ari juga berpotensi dijerat hukuman pidana karena melakukan penyelundupan di bidang impor dan terancam hukuman penjara antara satu sampe sepuluh tahun atau didenda antara Rp. 50 juta sampe Rp. 5 Milyar.

For when you think that gossip only happens in the workplace and your neighborhood complex…story.lead_photo.caption

Sumber gambar: Arkansas

Not quite right.

Karena di konferensi internasional, para kepala negara juga suka ngegosip loh. Contohnya beberapa hari lalu, di mana empat orang kepala negara ketauan ngegosip pas lagi di pertemuan NATO. Keempatnya adalah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Tebak siapa yang digosipin?

Wait, before we get there. What’s NATO?

NATO adalah aliansi kerjasama keamanan dan militer bagi negara-negara yang terletak di Atlantik Utara. Anggotanya ada 29 dan mayoritas merupakan negara Eropa dan Amerika Serikat. NATO ini dibentuk pas perang dingin dengan tujuan untuk membendung pengaruh Komunis yang datang dari Uni Soviet. Tapi setelah Uni Soviet runtuh, kini NATO lebih fokus ke kerjasama terkait keamanan negara-negara anggotanya. Salah satu perjanjian di NATO yang paling powerful adalah kesepakatan bahwa kalo  musuh menyerang salah satu anggota, maka berarti menyerang seluruh anggota NATO. Kayak gengnya Cinta ya…

Great Catch Up. Now tell me about the gossip.

OK. Jadi dalam pertemuan NATO yang digelar di London, Inggris pada 3-4 Desember lalu itu, keempat kepala negara tadi ketangkep kamera lagi gosipin Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Intinya sih, Trump sama Macron abis konferensi pers, dan itu bikin keduanya telat dateng ke salah satu meeting, terus PM Johnson nanya ke Macron “Lo telat gara-gara abis konferensi pers ya?” terus Macron jawab sesuatu yang ditimpali sama PM Trudeau “Iya, gara-garanya dia (Referring ke Trump) itu kalo konpers suka lama banget, bisa lebih dari 40 menit. Lo liat gasi? Timnya sampe pada kaget gitu…”

Wkwkwk terus?

Ya of course percakapan ini kemudian terekam media dan nyampe ke Trump. Terkait hal ini, Trump bilang kalo Trudeau muka dua, padahal sebenernya dia orang baik (?). Trudeau kemudian mengakui bahwa dia emang gosipin Trump, dan dia nggak khawatir kalo kejadian itu bakal merusak hubungannya dengan Presiden AS tersebut.

Kalo kamu kepo, coba tonton videonya di sini deh. Ngegosipnya kenceng banget gitu, gimana ga ketauan. Wkwkwkw

For when you need some positivity to welcome your weekend…SEA Games: Indonesia badminton men's team win sixth consecutive gold

Sumber gambar: Jakarta Post

Meet our athletes at SEA Games 2019.

Memasuki Hari Jumat ini, posisi Indonesia di klasemen Sea Games Filipina berhasil naik ke posisi ketiga, setelah sebelumnya sempat ada di posisi kelima dan keempat. Hal ini bisa terjadi karena karena pada Hari Kamis kemarin, Indonesia berhasil memborong 11 medali emas dari cabang olahraga pentathlon, pencak silat, menembak, balap sepeda, judo, sepak takraw, boling, dan sambo. Indonesia bahkan berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga balap sepeda yang tadinya nggak ditargetin dapet emas.
Dengan raihan ini, maka Indonesia untuk sementara ada di posisi ketiga dengan raihan 28 emas, 36 perak, dan 40 perunggu. Adapun posisi kedua ditempati oleh Vietnam dengan 31 emas, 26 perak, dan 41 perunggu, dan posisi pertama diduduki oleh tuan rumah Filipina dengan perolehan 64 emas, 45 perak, dan 35 perunggu. Ntap yha.

“Sepeda Rp 50 juta apa rasanya?”

Tanya Menkeu Bu Sri Mulyani pas lagi ngeliat-liat sepeda lipat jenis Brompton yang ketauan diselundupkan lewat pesawat Airbus yang baru dibeli sama Garuda Indonesia. Sepeda jenis premium warna cokelat-ijo itu ikut dipamerkan dalam konferensi persnya Bu Ani sama Pak Erick kemarin, pas ngasi keterangan terkait pemecatan Dirut Garuda, Arie Akhsara.

Dududuuu mendingan ikutan kuisnya Pak Jokowi aja gasi kalo pengen punya sepeda…