“Draw me like one of your French girls…”

170

Welcome back to Monday. Guess what people were discussing over the weekend!

Paspor Ditahan Majikan, Banyak TKI di Hong Kong Tak Bisa Nyoblos untuk Pilpres 2019

Sumber gambar: TribuneNews

Wacana soal Pilpres yang balik lagi dilakukan oleh MPR.

Wait. I could use some background, please.

Jadi minggu lalu, wacana soal Pilpres dipilih oleh MPR (bukan dicoblos langsung sama kita) ini muncul dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Dalam keterangannya, Ketua Umum PBNU Kiai Said Aqil Siradj bilang bahwa usulan ini muncul karena para kiai senior NU menilai bahwa pemilihan langsung itu ongkos sosial dan politiknya tinggi banget…

Define “tinggi banget”….

Ya, beneran bikin suasana di masyarakat jadi panas, tegang, dan sangat mengkhawatirkan. Pak Kiai bilang juga bahwa usulan itu bukan usulan politis, tapi emang demi menjaga keutuhan NKRI ajha.

Terus…

Selain soal pemilihan presiden yang balik lagi ke MPR, isu yang belakangan ini ikutan muncul adalah juga soal wacana jabatan presiden tiga periode (sekarang cuma dua periode). Wacana ini juga muncul seiring dengan lagi dibahasnya amandemen atas UUD 45 di MPR.

So what does people think?

The yay:
  • Partai Kebangkitan Bangsa aka PKB sebagai partainya para kelompok NU di parlemen menyambut positif usulan ini dan bilang bahwa pihaknya bakal mikirin gimana caranya biar seluruh fraksi di MPR bisa menerima usulan dari PBNU tersebut.
The nay:
  • Pak Jokowi. Kata beliau, “Saya ini produk pilihan langsung dari rakyat. Masa saya mendukung pemilihan presiden oleh MPR?”
  • Partai Demokratyang ga lama abis wacana ini muncul langsung bertanya “ada apa dengan NU sekarang?” Hal ini karena justru dari dulu, intelektual NU adalah kelompok yang berjuang biar pilpres ga dilakukan oleh MPR. Mereka juga bilang bahwa usulan ini bikin Indonesia mundur ke jaman orde baru.
  • PPP menolak usulan ini dan bilang bahwa pemilihan presiden sama MPR itu bisa menyebabkan terjadinya oligarki politik yang korup.
  • PDIP. Nay, nay, nay. Ya nggak lah, karena kalo pemilu balik ke MPR, maka hal itu sama aja dengan kemunduran demokrasi.
  • PKS. Ga setuju, karena hal itu bisa menyebabkan oligarki politik juga.
Looks like NU vs everyone…

For when you need some updates from the land of Jollibee…

Sumber gambar: SportInquirer

Aka the Philippines, aka the 30th SEA Games.

Memasuki hari kedua gelaran pesta olahraga se-Asia Tenggara itu, Indonesia saat ini ada di posisi keenam dengan perolehan medali satu emas, empat perak, dan lima perunggu. Adapun emas pertama Indonesia didapat dari cabang olahraga polo air.

What about the others?

Sejauh ini, tuan rumah Filipina menduduki posisi puncak dengan perolehan 22 emas 12 perak 9 perunggu. Di posisi kedua ada Vietnam (10 emas 13 perak 9 perunggu), terus Thailand (5 emas 4 perak 10 perunggu), Malaysia (4 emas 2 perak 2 perunggu), Singapura (3 emas 3 perak 5 perunggu), baru Indonesia, deh. Indonesia sendiri masang target perolehan 45-50 medali emas dan finish di urutan kelima. Ga ambi-ambi banget gtu ya gengs.

What are people a liiiiiitle concerned about? 

Topan Kanmuri, yang diprediksi bakal menghantam Filipina pada hari ini dan besok dengan kecepatan sampe 170 kilometer per jam dan kecepatan angin setelahnya maksimum 140 kilometer per jam. Pihak panitia bilang, mereka uda menyiapkan plan alternatif kalo topan terjadi, yaitu dengan membatalkan pertandingan di luar ruangan.

I see. Anything else I need to know?

Selain mengantisipasi buat SEA Games, pihak BNPB Filipina juga uda mengevakuasi ribuan warganya karena topan ini diprediksi bakal menyebabkan banjir dan longsor. Pemerintah setempat juga uda ngeliburin sekolah dan perkantoran untuk selama dua hari tersebut.

Who’s having some “wild thoughts” on Leonardo DiCaprio? 

Leonardo DiCaprio Quotes Leonardo DiCaprio Quotes from Django Leonardo DiCaprio Quotes Wolf of Wall Street Leonardo DiCaprio Quotes about Environment Leonardo DiCaprio Quotes in Titanic Leonardo DiCaprio Quotes about Earth Leonardo DiCaprio Quotes about Acting Leonardo DiCaprio Quotes on Global Warming Leonardo DiCaprio Quotes from Movies Leonardo DiCaprio Quotes on Life Leonardo DiCaprio Quotes on Success Leonardo DiCaprio Quotes from Blood Diamond Leonardo DiCaprio Quotes on Love 50 + Leonardo DiCaprio Quotes - Actor & Film Producer We Have The The Latest Collection of Leonardo DiCaprio Quotes on Love, Success, Movies, Life, Acting, Environment, Titanic, Etc.

Sumber gambar: Updatepedia

Aren’t we all? 

Yep, and Brazilian President, Jair Bolsonaro.

Minggu lalu, Bolsonaro bilang bahwa si Jack Dawson ini merupakan pihak yang ngemodalin pembakaran hutan Amazon yang terjadi beberapa waktu lalu. Bolsonaro juga bilang bahwa Leo bertanggungjawab atas kebakaran hutan yang melalap lebih dari 900 ribu hektar hutan tropis di wilayah tersebut.

HAH kok bisa dia mikir begitu?

Jadi kata Bolsonaro, organisasi lingkungan bernama World Wildlife Fund yang juga merupakan binaan Leo uda ketauan bayar para sukarelawan pemadam kebakarannya untuk ngambil foto selama kebakaran hutan dan foto tersebut digunakan untuk minta sumbangan ke komunitas internasional. Leo sendiri nyumbang sebesar US$500 ribu.

I am reading…

Cuma empat jam aja sebelum mengeluarkan pernyataan ini, polisi Brasil juga baru aja menangkap empat orang aktivis NGO lingkungan yang diduga dengan sengaja bakar hutan untuk ambil foto, dan asks for donations. NGO tersebut dengan tegas menolak tuduhannya dan bilang bahwa penangkapan tersebut politis banget.

Did Leo say anything?

Yep, dia menolak tuduhannya Bolsonaro tersebut dan bilang bahwa dia nggak melakukan apa yang dituduhkan. Leo juga menegaskan komitmennya atas perlindungan hutan Amazon, nggak cuma hutannya aja, tapi juga komunitas, indigenous people, peneliti, sampe masyarakat umum yang menggantungkan kehidupannya ke hutan Amazon.

For when you need a little dose of a love story to start your day…

Bu Ani Yudhoyono Wafat, SBY: Saya Ikhlas, Insyalah Kami Ketemu di Surga

Sumber gambar: TimesIndonesia

Meet Pak SBY.

Kemarin, bertepatan dengan setengah tahun meninggalnya Bu Ani Yudhoyono, Presiden Indonesia ke enam Susilo Bambang Yudhoyono aka Pak SBY ngaktifin lagi akun Instagram sang istri. Di akun Bu Ani itu, Pak SBY ng-upload video dirinya lagi menyanyikan lagu berjudul “Seruling di Lembah Sunyi” yang ditulisnya sendiri. Dalam lagu ini, Pak Sby ngungkapin rasa cinta, kehilangan, sekaligus terima kasihnya ke Bu Ani yang uda mendampingi dirinya selama 43 tahun. Dalam acara “Ani Yudhoyono in Memoriam” yang digelar di Bogor, Jawa Barat kemarin, Pak SBY juga bilang di hadapan para tamunya bahwa beliau harus memulihan hati dan membangun kembali harapannya. “Saya yakin Bu Ani di dunianya yang baru ingin saya melanjutkan hidup saya, ibadah saya, dan bakti saya kepada bangsa dan negara. I have to reinventing my new life” kata Pak SBY di depan para tamu.

“Jokowi nggak bisa jadi panutan pemberantasan korupsi,”

Kata Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas saat ngomentarin soal keputusannya Pak Jokowi akhir-akhir ini yang dinilainya nggak mendukung program pemberantasan korupsi di Indonesia. Pak Busyro bilang, sikap Jokowi yang menyetujui Revisi UU KPK, menolak menerbitkan Perppu KPK, sampe ngasi grasi ke napi koruptor *looking at you, Annas Maamun* uda cukup membuktikan bahwa Jokowi gabisa jadi panutan dalam upaya pemberantasan korupsi.

WOW, Savage.