“Darling I will be loving you ’til we’re seventy…”

45

Hello Thursday! How’s your Christmas? Well, whether you celebrate it or not, we’re here to Catch You Up!

https: img.okeinfo.net content 2015 12 24 406 1274047 kreasi-natal-paling-keren-di-tiga-mal-jakarta-ywe4rXlF8t.jpg

Sumber: Okezone

On the celebration.

Jadi kemarin, Umat Nasrani di Indonesia merayakan hari natal. Those who celebrate it know the drill already: you got a new dress, went to church, exchanged gift with friends and family, and finally, binge ate everything.
So this morning when you woke up you were like, “What did I miss yesterday?” Well, honey, that’s why we’re here! Let’s scroll down on things to know from yesterday’s christmas…
  • The Pope warms your heart with a message on “unconditional love”…
Dalam pesan natalnya, Paus Fransiskus berbicara tentang unconditional loveBeliau bilang bahwa Tuhan selalu mencintai makhluknya, bahkan yang terburuk sekali pun. Beliau juga bilang bahwa cintanya Tuhan itu tanpa syarat, walaupun manusia ada yang melakukan tindakan tercela. Paus Fransiskus juga mengingatkan kita-kita neh biar banyak mengucapkan terima kasih, karena hal itu bisa merubah dunia.
  • President Jokowi has a say…
Dalam postingan Instagramnya, Pak Jokowi mengucapkan selamat natal kepada umat Kristiani yang merayakan. Di caption-nya, Pak Jokowi juga menyampaikan harapannya semoga kedamaian, kegembiraan, dan kerukunan senantiasa menjadi pengiring langkah kita.
  • Pak Prabowo also has a say…
Dalam postingan Instastory-nya, Pak Prabowo juga mengucapkan selamat natal buat umat Kristiani yang merayakan. Pak Prabowo juga ngedoain semoga kedamaian dan kerukunan antar umat beragama menyertai Indonesia.
  • Menteri Agama Pak Fahrul Razi has a few more to say…
Dalam pesan Natalnya, Pak Fahrul menyampaikan beberapa pesan, di antaranya adalah sikap toleransi dan tenggang rasa merupakan kata kunci dari praktik kerukunan beragama di Indonesia. Pak Menag juga menyebut bahwa arti penting dari peringatan natal adalah untuk mengajarkan tentang kebaikan, kesederhanaan dan perhatian terhadap kaum lemah dan cinta kasih terhadap sesama…
  • A different kind of gift for the inmates…
Yep, pada Hari Natal kemarin, para narapidana juga mendapatkan hadiah berupa remisi aka pengurangan jumlah hukuman buat seenggaknya 12.629 narapidana pemeluk agama Kristen. Dari total jumlah ini, 166 orang di antaranya dipastikan langsung bebas. Dengan adanya remisi ini, pemerintah juga berhasil menghemat anggaran sebesar Rp 6,3 miliar
  • Bros who travel together, stay together..

Meet, Pak Kapolri Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang rencananya bakal keliling Indonesia sampe tahun baru nanti. Perjalanan dimulai dari JKT, pas malam natal di mana Pak Idham dan Pak Hadi mengunjungi tiga gereja bersama-sama. Abis itu keduanya bakal keliling Indonesia buat memastikan keamanan masyarakat sampe tahun baru.

Titi dj ya pak bapaak…

Who will start his new year by being jobless?

Sumber gambar: Travel Media

Mantan CEO Boeing, Dennis Muilenberg

Background, please.

You got it. Jadi Hari Senin kemarin, perusahaan pembuat pesawat asal Amerika Serikat itu baru aja ngumumin bahwa mereka uda memecat CEO-nya, Dennis Muilenberg. Dalam keterangannya, Boeing bilang bahwa pergantian kepemimpinan ini diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan konsumen dan regulator.

Kepercayaan?

Yep, jadi dalam beberapa bulan terakhir ini, Boeing emang lagi dilanda krisis, gengs. Dimulai dari jatuhnya pesawat buatan Boeing, 737 Max yang terjadi sebanyak dua kali dan dalam rentang waktu lima bulan aja. As a refresher, kecelakaan pertama adalah yang dialami sama penerbangan Lion Air 610 dari Jakarta ke Pangkal Pinang, dan kecelakaan kedua dialami oleh Ethiopian Air 302 dari Addis Ababa di Ethiopia, ke Nairobi, Kenya. Ada total 346 orang yang meninggal akibat kecelakaan ini.

What happened since then?

Well, hasil investigasi menunjukkan adanya system malfunction yang bikin pesawatnya rawan kecelakaan. Hal ini diperburuk dengan pilot yang nggak familiar sama sistem baru itu dan hal tersebut menunjukkan bahwa Boeing nggak ngasih info yang cukup ke pembelinya. Semenjak kejadian tadi, otoritas penerbangan di seluruh dunia langsung meng-grounding aka melarang terbang pesawat Boeing 737 Max ini…

I am reading…

Nggak sampe situ aja gengs. Jadi setelah di-grounding ini, of course Boeing menderita kerugian donk karena pesawatnya gabisa terbang. Nah, mereka kemudian nge-push lembaga otoritas penerbangan Amerika Serikat, namanya FAA, untuk segera mencabut status grounding-nya itu. FAA kemudian menolak permintaan itu dan ngingetin Boeing like, “jangan nyuruh-nyuruh cepetin mulu dong cuyyyy…rebek dee.”

Welp. OK.

Baru deh minggu, lalu, Boeing mengumumkan bahwa mereka bakal menghentikan dulu proses produksi pesawat jenis 737 Max-nya ini, karena ketidakpastian kapan mereka bisa terbang lagi.

I see. Jadi Muilenberg dipecat banget neh?

Iya, udah dipecat, tapi dia kemungkinannya bakal dapet pesangon dari Boeing kira-kira nyampe US$ 39 juta, lah. Belum lagi sahamnya. Rencananya, Muilenberg ini bakal digantiin sama chairman-nya Boeing, namanya David Calhoun.

For when you need an update on your skincare price…

Sri Mulyani Dapat Petisi Gara-gara Bea Masuk Barang E-commerce

Sumber gambar: TribunNews

Jadi gengs, inget nggak bahwa di sini, kita ngabarin kalian terkait kemungkinan penurunan batas harga barang impor yang masuk ke Indonesia?

Nggak sih. Ingetin donk.

Olrite. Jadi beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani sempet bilang bahwa dia lagi menimbang-nimbang untuk nurunin batasan harga barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Contohnya?

Contohnya gini, kalo kamu order barang online dari China misalnya, kalo harga barang itu di bawah US$ 75 atau Rp 1,05 juta (kurs Rp 14.000/US$), maka barang yang kamu beli nggak kena pajak bea masuk, tapi kalo di atas US$75 ya kena. Nah, batasan angka US$75 ini yang mau diturunin…

Biar apa?

Biar barang impor ini nggak membanjiri pasar Indonesia, sekaligus melindungi UMKM dalam negeri. Kata Bu Ani, transaksi e-commerce terutama barang dari luar negeri ini naik terus di Indonesia, makanya harus dibikin batasan yang bisa ngasih rasa keadilan buat pedagang dalam negeri yang juga mau jualan via e-commerce.

I see. Terus turunnya jadi berapa? 

Jeng jeeeeng jadi US$ 3 atau sekitar Rp 45ribu gengs. Legit segitu. Meaning kalo kamu beli barang dari luar negeri secara online dan harganya di atas Rp. 45ribu, maka barangmu bakal dikenakan pajak masuk. Aturan ini akan mulai berlaku pada Januari 2020.

Who’s saying “we object!”

Ga lama setelah kebijakan itu diumumkan, sebuah petisi penolakan muncul di change.org. Dalam argumennya, kebijakan untuk nurunin bea masuk sampe US$3 itu nggak adil, karena banyak juga pengrajin Indonesia yang beli bahan dari luar negeri karena di Indonesia emang barangnya nggak ada. Aturan ini juga dinilai bakal merugikan importir kecil dan supplier dropshipper online shop.

Got it. Anything else I should know?

Yep, kamu juga perlu tau bahwa aturan penurunan batas bea masuk ini nggak berlaku buat buku. Jadi kalo kamu beli buku dari luar negeri *wink* book depository *wink*, maka bea masuknya bakal nol dan nggak akan kena PPN maupun PPh.

Who’s hitting the pause button?

Sumber Gambar: Virgin Radio

Ed Sheeran.

Yep, penyanyi dan penulis lagu asal Inggris yang lagunya sering bikin kamu tiba-tiba inget mantan itu baru aja mengumumkan bahwa dirinya bakal istirahat sejenak dulu dari dunia hiburan. Dalam posting-annya di Instagram satu hari sebelum Natal kemarin, Ed bilang bahwa dia udah menjalani tur untuk album “Divide”-nya secara non-stop sejak tahun 2017, dan karena sekarang tur-nya uda selesai, jadi dia pengen istirahat aja dulu. Ed sih nggak bilang dia kapan bakalan come back, tapi yang pasti, dia bakal balik kok, dengan lagu baru tentunya.
Selain istirahat dari tur, Ed juga bilang bahwa dia bakal berenti main sosial media dulu, dan bakal menggunakan waktu break-nya itu untuk travel, write, and read. 

Tetep produktif ya, si Bang Ed.

“Ngapain bapak ngendorse saya?”

Kata anaknya Pak Jokowi yang jadi bakal calon Wali Kota Solo, Mas Gibran Rakabuming. Dalam keterangannya pada wartawan Hari Senin lalu, Mas Gibran bilang bahwa Pak Jokowi mendukung pencalonannya, tapi nggak akan keburu untuk ikut campur ngurusin perpolitikan di Solo karena tugas beliau sebagai kepala negara aja udah banyak.

Maz kalo gamau diendorse bapak, sini bapaknya ngedorse kita aja xixixi