West Bank, PKS dan Partai Berkarya, IPW, Kylie Jenner, Wisata Kesehatan RI

71

It’s Wednesday and we’ll Catch You Up! with things from the West Bank to Mak Erot. Yep, that random. Scroll down.

Gambar: The New York Times

Let’s start with… The West Bank. 
Jadi Hari Senin kemarin, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengumumkan perubahan atas kebijakan luar negeri AS selama ini yang menyebut bahwa pemukiman warga Israel di wilayah West Bank adalah ilegal. Dalam pernyataannya, Pompeo bilang bahwa pendudukan ini adalah sah dan sesuai dengan hukum internasional.

I will need some history background on this. 
Jadi, West Bank adalah salah satu wilayah di teritorial Palestina yang direbut oleh Israel dalam perang enam hari antara Israel dengan negara-negara Arab yang terjadi pada tahun 1967. Sejak saat itu, Israel menduduki wilayah West Bank yang merupakan daerah tempat mayoritas warga Palestina tinggal. Saat ini, West Bank ditinggali oleh sekitar 400 ribu orang “Israeli settlers” dan lebih dari 2,6 juta orang Palestina. Rencananya, if ever, Palestina jadi negara merdeka, maka West Bank ini bakal jadi wilayahnya yang paling luas.

So, about the status…
Sejak pendudukan atas West Bank dilakukan oleh Israel, dunia internasional uda mengecam aksi tersebut dan bilang bahwa pendudukannya ilegal dan nggak sesuai dengan hukum Internasional. Selain itu, mayoritas negara-negara juga banyak yang nggak mendukung kebijakan ini dan bilang bahwa tindakan Israel adalah ilegal.

Now tell me more about Pompeo’s statement…
Jadi sejak pertama kali pendudukan ini terjadi, AS di bawah pemerintahan Jimmy Carter bilang bahwa pendudukan itu ilegal, dan lebih dari empat puluh tahun kemudian, Pompeo yang merupakan menlu-nya Trump merubah arah kebijakan AS dalam konflik Israel-Palestina itu dengan bilang bahwa pendudukannya legal, which was quite a big thing…

Do we have a say on this?
Indonesia? Of courz. Kemarin, Bu Menlu Retno Marsudi bilang bahwa RI menolak klaim AS atas West Bank karena jelas-jelas hal tersebut bertentangan dengan hukum internasional dan DK PBB. Bu Retno juga bilang bahwa  Indonesia secara konsisten menentang tindakan Israel membangun pemukiman ilegal di wilayah Palestina dan tindakan itu jelas-jelas jadi penghalang upaya tercapainya perdamaian antara kedua negara. We second u, gurl.


Who just had a friendly meeting last night?

PKS dan Partai Berkarya.
Semalam, PKS dan Partai Berkarya ketemuan untuk “silaturahmi”. Silaturahmi ini dilakukan oleh Ketum Partai Berkarya Tommy Soeharto dan jajarannya yang langsung disambut sama Presiden PKS Sohibul Iman. Adapun pertemuan ini dilakukan di Kantor DPP PKS di JKT.Tell me more about the meeting.
Dalam pertemuan itu, PKS dan Partai Berkarya menyatakan komitmen bersamanya untuk bekerja sama dalam Pilkada tahun depan. Kedua parpol juga meminta pemerintah menggelar Pilkada dengan jujur dan adil dan menolak segala bentuk persekusi, kriminalisasi, serta stigmatisasi terhadap ulama, tokoh agama, dan aktivis.

So it’s a coalition, huh? 
Yep. Kata PKS, Partai Berkarya saat ini punya 160 anggota DPRD yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Angka ini bakal jadi modal kuat yang signifikan untuk menjalin kerjasama dalam Pilkada mendatang.

Terus kata Berkarya apa?
Sekjen Partai Berkarya Mas Priyo Budi Santoso bilang bahwa pihaknya dan PKS bakal sama-sama memetakan wilayah di mana partainya dan PKS bisa koalisi untuk 2020. Partai Berkarya juga bilang, bahwa pihaknya nggak mau melihat PKS berjuang sendirian jadi partai oposisi. Nyawww :3

Jadi Partai Berkarya oposisi juga nih?
Lebih tepatnya, parpol penyeimbang yang kritis terhadap pemerintahan Jokowi, gengs. Kata Mas Priyo, kalo pemerintahannya baik, maka partainya akan dukung, tapi kalo nggak, ya mereka akan memberikan koreksi.


Who’s jealous of Hotman Paris on social media?

Gambar: sindonews.com

Technically all of us, but also, the police.

LOL. Why?
Karena pihak kepolisian Indonesia baru aja ngeluarin telegram yang memerintahkan para jajarannya untuk hidup sederhana dan nggak pamer kekayaan di sosial media. Mabes Polri bilang, kalo ada anggota kepolisian yang terbukti pamer gaya hidup mewah di sosial media, maka sanksinya bisa berupa hukuman kurungan hingga pencopotan.

Whoa, tell me more.
Jadi dalam telegramnya itu, kepolisian minta jajarannya untuk nggak pake barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari atau kalo lagi dalam tugas. Terus para polisi ini juga diharuskan hidup sederhana, nggak ngupload postingan pas lagi hedon, menyesuaikan gaya hidup dengan wilayah tempat tinggal, dan adanya ancaman serius bagi personel kepolisian yang melanggar.

And this is because…
Pihak kepolisian menyebut, aturan ini diterbitkan seenggaknya karena dua alasan. Pertama, karena polisi harus menjadi teladan dalam hidup bersahaja di masyarakat, dan kedua, biar para polisi ini betul-betul melaksanakan tugasnya sebagai pelindung dan pengoyam masyarakat dengan nggak korupsi, memeras, sampe menyakiti hati masyarakat dengan memperkaya diri sendiri.

Anything else I need to know? 
Menanggapi hal ini, Ketua Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane bilang bahwa kalo diliat dari gajinya sih, agak sulit yha buat polisi untuk hidup mewah, karena banyak polisi yang gajinya masih di bawah UMP. Karenanya, IPW mengapresiasi diterbitkannya aturan ini, namun juga mereka minta kepolisian untuk ikut monitor para istri polisi yang juga hobi pake dan pamer barang-barang mewah.


Who just made US$600 million overnight?

Gambar: E News

Kylie Jenner.
Yep, that Kylie Jenner
. bilioner termuda versi Forbes ini baru aja menjual 51 persen saham atas perusahaan Kylie Cosmetics yang dimilikinya sebesar  600 juta US Dollar ke perusahaan kosmetik Coty Inc. Coty Inc yang merupakan produsen atas berbagai merek produk kecantikan kayak CoverGirl dan Sally Hansen ini berencana untuk memperluas penjualan produk-produk Kylie Cosmetics secara global karena mereka uda punya jaringan distribusi dan produksi yang established di berbagai belahan dunia. Sedangkan Kylie bakal tetep stay di perusahaan tersebut dan in charge atas pengembangan ide kreatif, pengembangan produk, dan marketing, khususnya di sosial media.

Saying goodbye to our favorite “Jastip PO US nyampe tahun depan” online shop…


“Kita punya industri jamu yang hebat-hebat tapi nggak pernah kita munculkan. Contohnya kayak tongkat ali, purwaceng, Mak Erot, kalau kita kemas dengan baik, wisatawan pasti datang,”

Gitu kata Menteri Kesehatan kita, dr. Terawan pas ngebahas soal potensi wisata kesehatan RI yang bisa digali untuk mendatangkan wisatawan ke Indonesia. Selain nama-nama jamu tadi, Pak Menkes juga bilang bahwa jasa tindakan pengobatan tradisional kayak bekam maupun kerokan sebenernya bisa ditawarkan sebagai salah satu jenis inovasi dalam upaya mendatangkan wisatawan ke Indonesia.

Errrrr…sekalian sama Bu Ningsih Tinampi pak, tadi ketinggalan ga kesebut… (seriously, click the link. You need a little something random at this early in the morning LOL)