Nothing’s fine I’m torn…

113

Hello Thursday! If you’ve just graduated and been nervous about getting your first job…

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

Sumber gambar: KanalKalimantan

Worry no more..

Karena tahun depan, pemerintah bakal secara resmi menerbitkan kartu prakerja buat kamu-kamu yang belum punya kerjaan.

What iz dat?

Where were you during the presidential election? Oke jadi kartu prakerja ini adalah merupakan salah satu janji kampanye Pak Jokowi pas seeking re-election di pemilu lalu. Nah kemarin, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah bilang bahwa kartu prakerja ini uda siap di-launch tahun depan.

So… yeay?

Yeay  kalo kamu uda memenuhi tiga syarat utama untuk bisa dapetin kartu prakerja ini. Adapun syarat-syaratnya adalah harus orang Indonesia, harus di atas 18 tahun dan harus lagi nggak mengikuti pendidikan formal.

Terus emang kalo punya kartu ini pemegangnya bakal dapet apa aja?

Macem-macem, kayak bakal dibayarin untuk ikutan pelatihan kerja, sertifikasi, insentif pasca pelatihan, sampe insentif untuk pengisian survei kalo uda selesai ikut program pelatihan. Adapun dana yang disiapkan per kepala untuk program ini adalah sebesar Rp3,65 juta sampai dengan Rp7,65 juta dengan total anggaran mencapai Rp. 10 Triliun.

Whoa. Daftar ah.

Well you can, tapi kamu harus tau dulu bahwa pelatihan vokasi ini ditujukan buat para pencari kerja, pekerja atau buruh aktif, dan/atau pekerja atau buruh yang kena PHK dan membutuhkan peningkatan kompetensi.

Olrite. Cara daftarnya gimana?

Pertama, kamu daftar dulu di website Kemnaker.go.id, terus kamu bakal diseleksi secara online. Setelah lolos seleksi, kamu bakal bisa milih mau ikut pelatihan profesi yang mana. Abis milih kamu tinggal ikut pelatihannya dengan biaya yang dibayarin sama pemerintah. Selesai pelatihan, kamu bakal dikasi sertifikat yang juga dibayarin pemerintah, terus kamu juga bakal dikasi duit buat keperluan masuk-masukin lamaran. Selain itu, kamu juga diharuskan ngisi survei soal program yang uda kamu ikuti, dan satu survei, kamu bakal dikasi duit lagi Rp. 50ribu.

Wait, tapi program pelatihannya apa aja?

Macem-macem, dari mulai teknologi informatika sampe jadi barista. Ntaps yha. 

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

Siapa yang lagi KZL sama bawahannya yang #cintakemewahan?

Diajak Makan Petinggi BUMN yang Merugi di Restoran Mahal, Menteri Erick Thohir Sindir Gaya Hidup

Sumber gambar: TribunNews

Menteri BUMN, Pak Erick Thohir.

Masi inget soal surat edaran Kapolri Pak Idham Azis yang melarang bawahannya di kepolisian untuk hidup bermewah-mewahan gengs? Nah kemarin, Menteri BUMN Pak Erick Thohir juga sempet negur beberapa orang pimpinan perusahaan BUMN yang makan di restoran mewah…

Karena…

Perusahaannya masih merugi. Kata Stafsus BUMN Arya Sinulingga,  Pak Erick sempet kecewa pas ketemu sama beberapa eksekutif BUMN di restoran mewah, tapi pas dicek data perusahaan yang mereka pimpin ternyata masih merugi.

Harus prihatin…

Gitu komentar Bang Arya soal para pejabat BUMN yang #cintakemewahan. Menurutnya, sebenernya bukan nggak bole makan-makan enak di restoran mewah, tapi juga para eksekutif itu harus punya hati dan akhlak, jadi kalo perusahaan rugi ya mereka ikut prihatin aja gaya hidupnya.

OK. I’ll let my friends who work in BUMN know. Anything else? 

Dalam pertemuannya sama jajaran pejabat di 32 perusahaan BUMN teratas kemarin, Pak Erick bilang bahwa kalo performa BUMN baik, maka ekonomi Indonesia juga akan baik. Hal ini nggak lain karena 50 persen perolehan aset BUMN mempengaruhi ekonomi bangsa.

Hati dan akhlak, keys to anyone’s heart <3 <3.

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

When things are getting more worrying in Iran…

Iranian protesters gather around a burning car Saturday in the capital city of Tehran.

Sumber gambar:CNN

Kemarin, laporan dari Amnesty International menyebutkan bahwa uda ada seenggaknya 106 orang korban tewas dan lebih dari 1000 orang ditangkap dalam kerusuhan yang terjadi di Iran sejak minggu lalu.

Back up a little. I need some background.

Jadi sejak Jumat lalu, suasana di Iran makin memanas pasca pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM sampe 50 persen. Warga yang nggak setuju dengan kebijakan ini kemudian turun ke jalan untuk melakukan aksi protes. Catch Up! on the 5W’s of Iran unrest here.

Olrite. Now back to the report…

Laporan Amnesty International itu juga menyebutkan bahwa mungkin aja angka korban tewas yang asli itu jauh lebih banyak daripada yang dilaporkan, dan diperkirakan sebenernya bisa mencapai 200 orang. Hal ini karena sampe sekarang, pemerintah Iran gamau ngebuka data soal berapa banyak orang yang jadi korban dalam kerusuhan ini.

Sounds bad…

Yep, selain menurunkan polisi dan tentara untuk mengendalikan kerusuhan ini, pemerintah Iran juga matiin internet secara nation-wide dan bikin jaringan komunikasi di sana jadi terhambat. Sampe saat ini, kerusuhan di Iran masih terjadi although jadi susah untuk mengetahui sebesar apa kerusuhannya karena internetnya dimatiin.

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

Which company made soooo much money during yesterday’s 11:11?

Mahathir Mohamad

Sumber gambar: BBC

Malaysia.

Kemarin, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad ngetwit soal sikapnya atas kebijakan Amerika Serikat yang baru aja menyatakan bahwa pendudukan Israel di West Bank, Palestina adalah legal. Dalam keterangannya itu, Tun Mahathir bilang bahwa kebijakan AS tersebut telah melanggar hukum internasional dan mengabaikan resolusi perdamaian PBB. Tun Mahathir juga menyebut bahwa saat ini, kalo ada negara yang menduduki negara lain dan membangun pemukimannya di sana, maka penduduk aslinya gabisa ngapa-ngapain karena tindakan itu udah legal. Terakhir, Tun Mahathir juga memprotes keras kebijakan AS ini karena dikeluarkan ga lama setelah serangan Israel ke Gaza beberapa waktu lalu. Menurutnya, kebijakan tersebut seolah-olah memberi hadiah ke Israel berupa wilayah pemukiman di tanah yang mereka ambil setelah membunuh penduduk sebelumnya.

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

“Hidup gue ditolak mulu,”

Kata Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama aka Ahok saat ngomentarin soal maraknya aksi penolakan atas dirinya yang disebut-sebut bakal jadi petinggi di salah satu BUMN. Penolakan ini datang dari alumni 212 dan Serikat Pekerja (SP Pertamina). Menurut Pak Ahok, penolakan ini wajar aja kok, karena dalam hidup, nggak ada yang setuju 100 persen.

There, listen to Pak Ahok when you get a “kita temenan aja ya…” answer from your gebetan.