Nothin’ lasts forever, even cold November rain…

95

November comes, November goes, but who’s just made a decision on November 1st?

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

Sumber Gambar: Merdeka.com

Me. I decided to live cheaply until this month’s paycheck.

Well, us too, but we were talking about…Pak Jokowi.

What about him?

Jadi gini, Hari Jumat kemarin, Pak Jokowi uda memastikan bahwa dirinya nggak bakal menerbitkan Perppu KPK untuk mencabut UU KPK yang uda disahkan. Padahal, diterbitkannya Perppu KPK ini merupakan salah satu tuntutan dari aksi demonstrasi mahasiswa yang terjadi beberapa waktu lalu.

I definitely need some background.

You got it. Jadi kamu inget kan, aksi demonstrasi ber-hashtag #reformasidikorupsi yang terjadi dalam dua bulan kemarin? Nah, demonstrasi itu dilakukan karena para mahasiswa dan masyarakat menolak berbagai revisi atas beberapa undang-undang kontroversial yang lagi dibahas sama pemerintah dan DPR, contohnya adalah RUU KUHP, yang karena tuntutan tersebut, pembahasannya uda fix ditunda. Kalo mau tau lebih lengkap soal undang-undang apa aja yang kontroversial, klik di sini ya gengs. Uda kita rangkumin buat kamu.

I see, terus…

Nah, cuma nih, dari berbagai undang-undang yang ditolak revisinya sama para mahasiswa, ada satu undang-undang yang uda keburu disahkan, yaitu Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

Kenapa kok mahasiswa nolak Revisi UU KPK?

Karena menurut para mahasiswa, revisian ini melemahkan KPK yang justru kinerjanya penting dalam pemberantasan korupsi. Misalnya aja, dalam undang-undang yang baru, KPK jadi punya dewan pengawas yang kerjanya ngawasin kerjaan KPK (think of: dengan UU ini, KPK kalo mau melakukan penyadapan, penyitaan atau penggeledahan harus izin dulu sama dewan pengawas, YANG anggotanya dipilih sama presiden). Selain soal dewan pengawas, beberapa pasal kontroversial lain juga uda kita rangkumkan di sini dan di sini ya.  Click away.

So, back to Perppu KPK.

Nah, karena uda terlanjur disahkan, maka sekarang yang bisa dilakukan adalah dibatalkan aja undang-undangnya. Caranya, presiden harus menerbitkan Perppu (stands for: Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) untuk membatalkan UU KPK. Cuma ya itu, Jumat kemarin, Pak Jokowi uda bilang bahwa beliau gaakan nerbitin Perppu KPK.

Karena…

Mau nunggu proses sidangnya di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai dulu. Jadi gini gengs, kata Prof Mahfud MD, ada tiga cara yang bisa dilakukan soal RUU KPK ini, pertama digugat ke MK biar dibatalkan, kedua diterbitkan Perppu sama presiden kayak tuntutan para mahasiswa, dan yang ketiga, undang-undangnya di-review lagi sama DPR dan pemerintah untuk direvisi lagi bareng-bareng. Nah, karena emang uda polemik dari awal, UU KPK ini uda langsung digugat ke MK sama kelompok mahasiswa sehari sejak disahkan. Makanya kata Pak Jokowi, beliau gamau ngeluarin Perppu KPK karena mau menghargai proses hukum yang lagi berjalan di MK.

Kata Pak Jokowi…

“Jangan ada, orang yang masih berproses, uji materi kemudian langsung ditimpa dengan sebuah keputusan yang lain. Saya kira kita harus tahu sopan santun dalam bertata negara,” gitu katanya.

Are the students happy with this?

Apparently not. Over the weekend kemarin, mahasiswa bilang bahwa mereka bakal turun ke jalan lagi buat menuntut Pak Jokowi menerbitkan Perppu. Menurut mahasiswa, Pak Jokowi ni terkesan cuci tangan dalam urusan UU KPK.

I want to know what KPK thinks about this whole thing….

KPK uda pasrah aja deh sama keputusan Pak Jokowi yang nggak mau nerbitin Perppu. Menurut Jubir KPK Febri Diansyah, Pak Jokowi berarti emang nggak sungguh-sungguh ingin menyelamatkan KPK dalam upayanya memberantas korupsi.

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

For when you’ve been wondering why your phone connection is…so….slow….

Sumber Gambar: zdnet

Meet 5G.

Minggu lalu, China secara resmi meluncurkan teknologi jaringan wireless terbarunya yang di atas 3G dan 4G. World, meet 5G.

Wait, what izzit?

Generasi kelima dari sambungan internet yang koneksinya lebih cepet 100 kali daripada 4G. Dengan 5G, kamu bisa download film hi-res cuma dalam itungan detik. Selain itu, jaringan 5G juga diramal bakal mempercepat pengembangan mobil tanpa pengemudi (self-driving vehicles) dan penggunaan robot untuk melakukan prosedur operasi medis.

Whoa, are we in the future?

In China, yes. Rencananya, jaringan 5G ini bakal tersebar di at least 50 kota besar di China sampai akhir tahun ini. Adapun kota yang yang bakal nyobain pake jaringan 5G duluan adalah Beijing dan Shanghai. Dengan perkembangan ini, maka China jadi negara dengan jaringan 5G terbesar di dunia. Hal ini tentunya menempatkan posisi China jadi lebih unggul dibanding negara-negara maju lain *uhuk* Amerika serikat *uhuk* yang juga lagi berlomba-lomba mengembangkan teknologi 5G tersebut.

How did the public react to this?

Jadi sejak pertama kali diluncurkan pada 1 November kemarin, layanan 5G langsung bisa dinikmati sama masyarakat China melalui tiga operator punya pemerintah, yakni China Mobile, China Telecom dan China Unicom. Sejak pertama kali diumumkan pada Oktober lalu, uda 10 juta konsumen yang daftar untuk bisa nyobain layanan yang dibendrol 128 yuan atau Rp 250 ribu/ bulan itu.

China, shut up and take our money!

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

Who’s ready for the biggest IPO in the world?

Sumber Gambar: gulfnews

Saudi Aramco.

Yep, perusahaan minyak punya negara asal Arab Saudi itu uda siap melantai di lantai bursa aka Initial Public Offering (IPO) pada bulan Desember tahun ini. Perusahaan ini rencananya bakal melantai di bursa saham domestik, namanya Saudi Stock Exchanges Tadawul.

Why should I know about this?

Karena IPO ini bakal jadi IPO terbesar di dunia, dan hal ini nggak lain karena Saudi Aramco merupakan perusahaan dengan keuntungan terbesar di dunia aka “the world’s most profitable company”. Perusahaan ini diprediksi punya nilai estimasi kapitalisasi pasar (market capitalization/market cap) sekitar US$ 2 Trilyun.

Dizzy.

Olrite, sebagai perbandingan, di pertengahan tahun 2019 ini, keuntungan Saudi Aramco adalah sebesar US$46.9 Milyar, sedangkan Apple yang merupakan perusahaan dengan valuasi terbesar di dunia saat ini meraup untung di angka US$21,6 Milyar. Gede khan bedanya.

I see. Why izzit so profitable?

Karena Arab Saudi punya cadangan minyak terbesar kedua di dunia setelah Venezuela dan produksi minyak kedua terbesar juga setelah US. Hanya saja, perusahaan ini jadi bisa lebih banyak meraup untung karena seluruh sahamnya dipegang sama negara (Aramco ini BUMN, kayak Pertamina-nya Indonesia, cuma bayangin minyaknya sebanyak minyak Arab Saudi).

Terus kenapa sahamnya malah mau dijual ke publik?

Karena Arab Saudi lagi mau melepas ketergantungannya atas produksi minyak yang jadi sumber utama pemasukan negara itu. Minyak Arab Saudi diprediksi bakal habis dalam beberapa tahun lagi, karenanya, Pangeran Salman kemudian meluncurkan Vision 2030 di mana Arab Saudi memiliki berbagai alternatif lain pemasukan negara kayak lewat pariwisata dan penggunaan tenaga matahari (solar power). Upaya ini dilakukan biar negaranya nggak tergantung banget sama minyak.

[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

Who’s just become the new boss for PSSI?

Sumber gambar: CNN Indonesia

Iwan Bule aka Mochamad Iriawan.

Dalam Kongres Pemilihan PSSI yang digelar di Jakarta minggu lalu, Komjen Mochamad Iriawan resmi terpilih jadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk Periode 2019-2023. Pak Iwan ini menjadi Ketua PSSI pertama yang berlatarbelakang polisi dan saat ini, dirinya tengah memasuki masa pensiun. Iwan bilang, sebagai Ketum PSSI baru, dirinya akan fokus dalam persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Selain itu, untuk target jangka panjangnya, beliau uda punya program pembinaan pemain muda dengan target Indonesia lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Can we get an “Amen”?
[divider line_type=”Full Width Line” line_thickness=”2″ divider_color=”extra-color-3″ animate=”yes” custom_height=”1″]

“Masalah Novel itu kan tingkat kesulitannya tinggi, karena memang pelakunya pintar sekali,”

Begitu kira-kira kata Wapres Pak Kiai Ma’ruf Amin saat dimintai komentar terkait proses penyelidikan atas kasus pelemparan air keras ke arah penyidik KPK Novel Baswedan yang uda lebih dari dua tahun ini masi belum juga terungkap. Menurut Pak Kiai, polisi uda berusaha maksimal jadi publik juga sabar aja yha.

Tick tock…tick tock..