We are the champion, my frieeeeends….

97

Friday, Friday, time to Catch Up! with some round-ups of our new cabinet, with Data-viz style.

Yep, It’s that time of the week again, it’s Data-viz Friday!

Seminggu ini, timeline kamu pasti dipenuhi dengan all things cabinet. Mulai dari pengumuman para menteri yang doing #dudukditanggastyle sampe menteri incumbent yang terpilih lagi terus bikin becandaan kocak di Twitter *Looking at you, Pak Bas* .

But honestly, what’s the best topic to talk about during tomorrow’s brunch with your besties if it’s not about our new cabinet? There are 34 of em’. That’s enough to get you through your bottomless mimosa. Are we right, or are we right? 

For when you haven’t started working but already feeling overwhelmed…

Sumber gambar: bolatimes

No judgement, but ask for help. Like Pak Erick.

I can relate. I get tired even before I start working, especially on Fridays.

We can relate to you, too. So, Pak Erick. Pak Erick yang baru aja ditunjuk jadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu bilang bahwa secara dia bakal ngurusin 142 perusahaan BUMN, dia bakal butuh wakil menteri untuk membantunya melaksanakan tugas dalam lima tahun ke depan.

Can I help?

Depends on who you are. Karena kata Pak Erick, kriteria wakil menteri yang dicarinya harus yang profesional, punya track record yang benar-benar baik, dan ngerti soal keuangan. Oh iya, gak cuma satu, Pak Erick juga minta tiga orang wakil menteri sekaligus.

And Pak Jokowi says…

Approved! Minta lima juga dikasiii…

I see. Anything else I need to know?

Kata Pak Erick, ketiga wakil menteri BUMN yang baru itu rencananya bakal dilantik hari ini. Selain itu, satu nama yang disebut-sebut bakal jadi wamen adalah Dirut Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo atau yang biasa disapa Pak Tiko. Menanggapi hal ini, Pak Tiko menolak komentar.

Aaaaaaand a good news for a football freak…

Sumber gambar: Jawa Pos

Indonesia bakal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Kemarin, Indonesia resmi menangin bidding FIFA buat jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah ngalahin para pesaingnya yang ikutan bidding juga, yaitu Peru, Brasil, dan tiga negara Timur Tengah yaitu Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Cool. But I want to know what is “Piala Dunia U-20”?

Jadi, Piala Dunia U-20 adalah pertandingan sepak bola tingkat dunia untuk pemain berusia di bawah 20 tahun yang dilaksanakan tiap dua tahun sekali. Nah, rencananya, Indonesia bakal jadi tuan rumah untuk tahun 2021 mendatang.

Sounds huuuuge. Are we ready, tho?

Depends on who you ask, tapi sih pemerintah uda nyiapin sepuluh stadion utama untuk menggelar Piala Dunia U-20 itu, yaitu Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Wibawa Mukti (Cikarang), Pakan Sari (Bogor), Patriot (Bekasi), Mandala Krida (Yogyakarta) Manahan (Solo), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Gianyar).
Jadi, mau nonton yang di mana, gengs?

For when you have to rethink your monthly smoking budget…

Sumber gambar: dream.co.id

Karena minggu lalu, Menkeu Sri Mulyani udah resmi menandatangani peraturan yang menaikkan tarif cukai rokok. Dengan naiknya cukai rokok, maka harga rokok di pasaran juga bakalan naik. Adapun angka kenaikan rata-ratanya adalah 21,56 persen, dengan kenaikan harga jual eceran (HJE) rokok rata-rata sebesar 35 persen. Bu Ani bilang, bahwa kenaikan cukai rokok ini uda sesuai dengan parameter yang jelas, logis dan bisa dipertanggungjawabkan. Meski uda ditandatangan sejak bulan ini, namun kenaikan harga rokoknya baru bakal terjadi pada satu Januari tahun depan.

“Habis senam kok makan sop iga, berharap enam kok dpat tiga.”

Kata-kata di atas adalah twit-nya Cak Imin aka Muhaimin Iskandar aka Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di akun Twitternya @CakimiNOW gak lama setelah Pak Jokowi ngumumin jajaran menterinya. Katanya sih, twit ini berhubungan dengan kursi menteri yang didapat PKB yang cuma tiga, padahal ngarepnya dapet enam. Twit ini kemudian dibalas pake pantun lagi sama seorang netijen:

“Iga bakar dikecapi, kurang sedap tambah terasi. Dapat tiga disyukuri, Yg penting kerja jangan Korupsi.” WKWKWK.