Pelantikan Presiden, Protes di Catalunya, PBB, Piala Dunia Panjat tebing, Pantun untuk Prabowo

77

Welcome back to Monday. Think that you’ve missed the biggest event from yesterday? Say no more.

Gambar: sindonews.com
Because we’ll Catch You Up!
Jadi kemarin, Hari Minggu sore, Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2019-2024 yaitu Pak Joko Widodo dan Kiai Ma’ruf Amin resmi dilantik. Acara berlangsung di Komplek gedung parlemen DPR/MPR RI Senayan, Jakarta dengan dihadiri oleh para anggota DPR, menteri, tamu undangan dan utusan dari negara sahabat.Curious about some highlights from yesterday? Scroll down:

  • Hello, friends. Acara pelantikan kemarin dihadiri oleh sekitar 17 pemimpin dunia dan 168 duta besar perwakilan dari negara sahabat. Beberapa kepala negara yang dateng langsung ke JKT adalah Perdana Menteri Australia Scott Morrison, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Mahathir Mohamad sampe Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah. Nggak mau kalah sama kita-kita millennial yang suka update di socmed pas ada temen yang baru di-promote di kantor, para kepala negara ini juga update soal ucapan selamat mereka ke pasangan Jokowi-Ma’ruf lewat socmed, kayak twit-nya PM Lee ini. Nyaww :3
  • Liat besok yha, Kata Pak Jokowi soal pengumuman para calon menterinya. Besok meaning today, Pak Jokowi bakal ngumumin para menteri yang rencananya bakal ada 34 orang itu. Bocorannya, dari 34 orang, bakal ada 16 orang yang berasal dari Parpol. We’ll keep you updated. 
  • We got some VVIP in da’ house. Selain dihadiri para kepala negara dan utusan negara sahabat, pelantikan kemaren juga dihadiri oleh banyak politisi dan ketum partai, termasuk Pak Prabowo Subianto, Bang Sandiaga Uno, Bu Megawati Soekarnoputri, Pak SBY, Pak Hamzah Haz, Pak Ahok, sampe Pak Boediono. Bahkan Menko Polhukam Wiranto yang masi dirawat juga menyempatkan diri untuk hadir di pelantikan, walaupun abis itu beliau langsung balik lagi ke RSPAD untuk dirawat.
  • So, these are what I’m gonna do… Dalam pidatonya, Pak Jokowi nyebutin lima program prioritas beliau untuk lima tahun ke depan. Kids, take notes:
    – Membangun SDM yang pekerja keras, dinamis, terampil serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
    – Pembangunan infrastruktur bakal lanjut terus demi mendongkrak terciptanya lapangan pekerjaan.
    – Kendala regulasi harus disederhanakan, dan pemerintah bakal ngajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar, yaitu UU Cipta Lapangan Kerja, dan UU Pemberdayaan UMKM.
    – Penyederhanaan birokrasi secara besar-besaran, salah satunya dengan mengurangi jumlah eselon dari empat jadi dua.
    – Transformasi ekonomi.
  • Langsung kerja. Ga lama abis dilantik, Wapres Ma’ruf Amin langsung dijadwalkan untuk meeting sama beberapa pemimpin negara sahabat. Semalam, Pak Kiai langsung dapet kunjungan kehormatan dari Wapres China, Vietnam, dan Myanmar yang datang secara berurutan.
  • “Pura babbara’ sompekku. Pura tangkisi’ golikku”. Adalah pepatah dalam Bahasa Bugis yang disampaikan Pak Jokowi pas pidato. Artinya, “layarku sudah terkembang, kemudiku sudah terpasang, kita bersama menuju Indonesia maju”.
  • “Hello, I’m a president, too”. Kata seorang bapak asal Lamongan bernama Edi Sutrisno yang turut hadir di kompleks parlemen Senayan. Pak Edi ini minta dikawal petugas karena dirinya bilang bahwa dia uda terpilih jadi presiden sejak tahun 2018, tapi sampe sekarang belum juga dilantik. Pak Edi kemudian diamankan petugas dan diketahui mengalami gangguan kejiwaan. Stay random, Indonesia.

For when things escalated quickly…

Gambar: el pais

In Catalonia. 
Sejak Hari Senin minggu lalu, kondisi keamanan di Catalunya, Spanyol makin nggak kondusif seiring dengan makin banyaknya warga pro kemerdekaan yang turun ke jalan untuk melakukan aksi protes. Sebagai buntut atas kondisi ini, federasi sepak bola Spanyol juga uda confirm bahwa pertandingan El Clasico antara Real Madrid dan FC Barcelona yang tadinya bakal digelar pada 26 Oktober mendatang bakal ditunda dengan alasan keamanan.

What are people protesting about? 
Keputusan pengadilan Spanyol yang memenjarakan sembilan politisi dan aktivis pro-kemerdekaan Catalunya. Quick reminder, wilayah Catalunya yang beribukota di Barcelona ini pada tahun 2017 lalu menggelar referendum untuk merdeka dari Spanyol. Hasilnya, lebih dari 90 persen warga Catalunya pengen merdeka and the Spanish government was like, “Nope, the referendum was illegal.” Buntut dari referendum ini, sembilan orang politisi dan aktivis tadi ditangkap dan minggu lalu, mereka dijatuhkan vonis penjara antara sembilan sampe 13 tahun sama pengadilan Spanyol.
Read more about our Catch Up! on Catalonia’s issues here.

For when you think, “Welp, that escalated quickly…”
The violent in Barcelona. Hari Jumat minggu lalu, uda ada sampe lebih dari 500 ribu orang yang turun ke jalan buat protes. Aksi demonstrasi ini juga berbuntut kerusuhan ketika terjadi bentrok antara para demonstran dengan polisi, di mana para demonstran ngelempar batu dan sampah ke arah polisi dan dibalas oleh polisi dengan bom asap. Setidaknya 182 orang peserta aksi dan 101 personel kepolisian mengalami cedera karena bentrokan ini.

How did the Spanish Government react to this? 
Pemerintah Spanyol sih bilang bahwa jajarannya bakal mengirim pasukan keamanan tambahan ke Barcelona untuk mengatasi aksi protes. Menurut Spanyol, aksi kekerasan yang menyebabkan para personel keamanan luka-luka ini nggak bisa ditolerir dan membahayakan situasi keamanan di Barcelona.

Who’s saying “Let’s talk”? 
Presiden Catalunya, Quim Torra. Dalam konferensi pers-nya minggu lalu, Torra menyampaikan ajakan untuk duduk bareng sama pemerintah Spanyol untuk membahas soal jalan keluar dari masalah ini. Menurut dia, dibutuhkan dialog antara kedua belah pihak untuk menemukan solusi politik yang demokratis.

Intense, intense.


Who’s just got a status upgrade at the UN?

Gambar: katadata.co.id

Indonesia.
Hari Kamis minggu lalu, Indonesia uda fix kepilih lagi jadi anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022. Hal ini dipastikan setelah Indonesia memenangkan pemungutan suara yang dilaksanakan di Markas PBB di New York, Amerika Serikat. Dengan status baru ini, maka tahun depan Indonesia nggak cuma bakal duduk di Dewan Keamanan PBB, tapi juga di Dewan HAM PBB.

Coolness. Tell me more! 
Jadi dalam proses voting yang dilaksanakan tertutup itu, Indonesia berhasil dapet dukungan terbesar dengan 174 suara, dari total 192 suara. Dalam hal ini Indonesia berhasil ngalahin Jepang, Irak, Korea Selatan, dan Marshall Islands.

Who’s doing a celebratory dancing? 
Our guys at the Kemenlu headquarters. Kata Menlu Bu Retno Marsudi, terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan HAM PBB ini gak lain karena kerja keras para diplomat kita di Kemenlu. Menurut Bu Retno, menjelang hari H pemilihan, para diplomat ini sibuk melakukan pendekatan sama negara-negara anggota PBB untuk dapet dukungan. Bahkan dalam sidang PBB sebelumnya, pemerintah RI melakukan sedikitnya 50 pertemuan di tingkat menlu, wamenlu, dan dubes untuk memastikan suara bagi Indonesia.

I want to hear more about what Bu Retno says…
Beliau bilang bahwa terpilihnya Indonesia merupakan amanah dan bukti kepercayaan masyarakat internasional kepada Indonesia. Dengan begitu, Bu Retno janji bahwa indonesia bakal melaksanakan tugas di Dewan HAM PBB dengan amanah dan bertanggung jawab.

Who’s saying “with great power comes great responsibility?”
Uncle Ben to Peter Parker, but also, Pak Jusuf Kalla. Menurut pak JK, dengan jadi anggota Dewan HAM PBB, Indonesia juga harus bisa memastikan penegakan HAM dalam negeri. Pak JK bilang bahwa Indonesia harus lebih dahulu menegakkan HAM di dalam negeri, sebelum memperjuangkan HAM di luar negeri.


Who just broke the world record on rock climbing?

Gambar: kompas.com

Indonesian athlete, Aries Susanti Rahayu.
Dalam ajang Piala Dunia Panjat Tebing (IFSC World Cup) yang digelar di Xiamen, China Hari Sabtu kemarin, atlet panjat tebing Indonesia Aries Susanti Rahayu berhasil meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor dunia panjat tebing tercepat yang sebelumnya dipegang oleh atlet asal China, Yi Ling Song. Dalam kejuaraan minggu lalu, atlet asal Grobogan, Jawa Tengah itu berhasil menjadi pemanjat tebing perempuan tercepat dengan catatan waktu di bawah 7 detik. Kepo nggak sih secepet apa Aries bisa manjat tebing? Tonton deh, aksinya di sini.

Now scooch over, Spider-man.


“Dari Teuku Umar ke Kertangera, dijamu nasi goreng oleh Ibu Mega. Meski Pak Prabowo tak jadi kepala negara, tapi masih tetap bisa berkuda dan lapang dada,”

Kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang melantunkan pantun buat Pak Prabowo Subianto dalam sambutannya di acara pelantikan Pak Jokowi-Ma’ruf Amin di kompleks gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta kemarin. Mendengar pantun ini, Pak Prabowo dan segenap tamu yang hadir di acara itu langsung tepuk tangan sambil ketawa-tawa.

Mashook Pak Bambang….