Pelantikan DPR, Perayaan China ke-70, Forever 21, Pimpinan KPK

75

New month, new you, new members of the parliament. Catch Up! with our newly sworn-in legislative members. You’re welcome.


 

Gambar: Antara Kalteng

Yesterday, we had a parrrrrty at the parliament.
Aka pelantikan para anggota dewan yang terhormat untuk periode 2019-2024.

I saw Krisdayanti’s Instastory about it. Explain to me more, please?
Well, Krisdayanti and some other 574 anggota DPR RI terpilih, jadi totalnya ada 575 orang anggota DPR  yang baru aja dilantik untuk secara resmi ngantor di Senayan sampe lima tahun ke depan. Adapun acara pelantikan diisi dengan sumpah jabatan yang dipimpin sama Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.

Whoa, we have 575 members of the parliament?
Yes, we do. Terdiri dari PDIP yang dapet kursi terbanyak, yaitu 128 kursi, disusul sama Golkar dengan 85 kursi, Gerindra dengan 78 kursi, NasDem dengan 59 kursi, terus ada PKB dengan 58 kursi, Demokrat 54 kursi, PKS dengan 50 kursi, PAN dengan 44 kursi, dan terakhir PPP dengan 19 kursi.

Any interesting updates I need to know? 
A couple of things, misalnya, soal “PR” para anggota DPR RI terpilih untuk lanjutin bahas soal RUU kontroversial yang merupakan warisan dari anggota DPR RI periode lalu. Selain itu, tercatat 56 persen anggota DPR RI yang menjabat adalah petahana, meaning mereka jadi anggota juga di periode lalu.

Who’s singing “Now the party don’t start till I walk in”?
Kesha. Ups, maksudnya, lima orang pimpinan DPR RI yang baru. Kelima orang tadi berasal dari lima parpol yang dapet suara paling banyak di pemilu kemarin, so please welcome our big five group: Puan Maharani dari PDIP, Aziz Syamsudin dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Cak Imin dari PKB dan Rachmat Gobel dari Nasdem. Adapun yang jadi Ketua DPR RI adalah Mbak Puan Maharani.

Interesting choice. Any words from her? 
Ya donk. Dalam pidato pertamanya sebagai Ketua DPR RI, Mbak Puan bilang bahwa lembaga DPR ga akan antikritik terhadap masukan yang datang dari masyarakat. Mbak Puan bilang, DPR adalah rumah rakyat dan bakal selamanya terbuka terhadap aspirasi rakyat. Dengan posisi barunya ini, Mbak Puan juga resmi jadi Ketua DPR RI perempuan pertama di Indonesia, sama kayak mamanya yang juga jadi presiden perempuan pertama di Indonesia.

Clap, clap.


For when you think you have the fanciest birthday celebration…

Gambar: CNN Indonesia

Try to beat this: China. 
Tanggal satu Oktober kemarin, China merayakan hari ulang tahun aka perayaan ke-70 tahun berkuasanya Partai Komunis China di negara itu. Dalam peringatan ini, China jor-joran banget memamerkan alat-alat militernya dalam puncak upacara perayaan yang digelar di Tiananmen Square.

I showed off my new car on my birthday celebration. 
Well, close enough. Kalo China, mereka memamerkan senjata baru mereka, namanya rudal kendali antarbenua jenis DF-41. Sebanyak 16 buah rudal DF-41 itu dipamerkan di hadapan massa yang memadati Tiananmen Square. Kata CSIS, rudal ini punya daya jelajah sejauh lebih dari 14.000 kilometer, ngalahin rudal paling canggih punya Amerika Serikat yang daya jelajahnya cuma 13.000 kilometer aja. Selain rudal, parade militer China juga diramaikan oleh 15 ribu tentara dan parade atas 580 alutsista canggih. Sementara 160 pesawat Angkatan Udara China akan beratraksi di angkasa.

On my birthday celebration, I also delivered a birthday speech.  
So did Xi Jinping, yang merupakan Presiden China slash Sekrertaris Jenderal Partai Komunis China. Dalam pidatonya, Xi menegaskan soal prinsip “One China Policy”, di mana daerah semi otonomi kayak Macau, Hong Kong dan Taiwan adalah termasuk ke dalam wilayah kedaulatan China. Kata Xi, nggak ada yang bisa menggoyahkan prinsip ini.

I feel like his speech sends a message somewhere…
Yes, to Hong Kong, yang pada waktu bersamaan juga menggelar aksi demonstrasi gede-gedean untuk menolak pengaruh China di daerah itu. Aksi demonstrasi yang digelar oleh masyarakat dan para aktivis pro-demokrasi ini berakhir ricuh, dengan polisi yang menembakkan gas air mata ke arah massa. Diketahui ada 15 orang terluka dan satu orang yang dalam keadaan kritis karena kena tembakan senjata tajam milik polisi.


Who’s filing for bankruptcy all over the world?

Gambar: stairitstime

Forever 21.
Yep, perusahaan retail fashion itu baru aja mengumumkan kebangkrutannya di negara asalnya, Amerika Serikat. Dengan kondisi ini, maka Forever 21 bakal menutup gerainya yang ada di seluruh dunia kayak Eropa, Asia, termasuk Indonesia. Saat ini, Forever 21 memiliki total 815 gerai yang tersebar di seluruh dunia dan empat di antaranya di Indonesia. Selain karena persaingan yang ketat sama perusahaan fashion lain kayak Zara dan H&M, habit belanja millennial yang beralih ke online shopping juga disebut-sebut sebagai penyebab utama Forever 21 nggak bisa bersaing di pasaran.


“Kita udah punya group Whatsapp bahkan, jadi yaudah tiap hari komunikasi.”

Kata Wakil Ketua, KPK Alexander Marwata, yang kepilih lagi untuk jadi Pimpinan KPK di periode mendatang. Menurut Pak Alex, walaupun pimpinan KPK baru bakal dilantik di bulan Desember mendatang, Pak Firli and the gang uda punya grup WA bareng-bareng untuk saling update-update info terkini di lingkungan KPK.

Gengs, in case you bf/gf goes M.I.A for days, tell em’ to be like KPK: komunikasi tiap hari.