Name us a better duo than Data-Viz and Friday.

127

It’s that time of the week again. Welcome to Friday, and here, we have everything to get you inspired. Scroll down.

Today, we’ll take you to Sweden, di mana sepanjang minggu lalu, komite nobel mengumumkan siapa-siapa aja yang meraih penghargaan prestisius tersebut. Pengumuman ini dilakukan satu hari satu kategori, dan pengumuman paling terakhir adalah untuk kategori peraih Nobel di bidang ekonomi.

So you might’ve been wondering, emang ada berapa kategori nobel sih? Well, totalnya ada enam, and they’re for Scientist, Physicist, Chemist, Linguist, Peace Maker and Economist. Satu hal yang menarik dari penghargaan nobel tahun ini adalah penelitian salah satu penerima nobel ekonomi, Esther Duflo yang bahas soal SD Inpres di Indonesia. So guys, pick your battle. Because Nobel reseach today, Nobel winner tomorrow?

So we won’t see you over the weekend, but here’s your guide to: Presidential Inauguration.

Sumber gambar: detik

Jadi Hari Minggu besok, presiden dan wakil presiden terpilih, Pak Joko Widodo dan Kiai Ma’ruf Amin bakal dilantik. Pelantikan ini bakal digelar di Kompleks Parlemen DPR RI Senayan, Jakarta dan menandai dimulainya term kedua Pak Jokowi.

I see. What should I know?

A couple of things, misalnya, sejak Hari Kamis kemarin, polisi uda nutup jalan dan melakukan pengalihan lalu lintas di sekitar Jalan Gatot Soebroto sampe sekitaran gedung DPR RI. Menurut Polda Metro Jaya, penutupan ini bakal berlangsung sampe Hari H pelantikan pada tanggal 20 Oktober nanti.

Well then I’ll just go for the CFD. On foot.

Sorry you can’t. Karena khusus minggu ini, Pemprov DKI juga bakal meniadakan CFD aka Car Free Day dari Senayan all the way sampe Monas. Hal ini uda dikonfirmasi pihak Pemprov yang bilang bahwa peniadaan CFD ini dilakukan untuk menghormati proses pelantikan presiden-wakil presiden.

Can I still watch the concert that I pre-booked the ticket weeks ago?

Depends on which concert, karena ada beberapa konser yang di-cancel karena saran dari pihak kepolisian demi menjaga keamanan. Adapun konser-konser yang di-cancel atau dibatalkan yaitu Gyeonggi K-Culture FESTA 2019, Konser Tulus di Solo, Pertunjukan Jakarta Rock Space di SCBD, dan acara Youtube Fanfest.

I’ll just stay at home with my cats, then.

You can do that, and here’s some more information for you:
  • Totalnya bakal ada 31 ribu aparat yang diturunkan untuk menjaga prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden. Angka ini merupakan gabungan dari personel TNI dan Polri.
  • Acara pelantikan ini juga bakal turut dihadiri oleh pemimpin dari negara sahabat kayak negara-negara ASEAN, China dan Amerika Serikat. Adapun pimpinan negara sahabat yang uda confirm mau dateng adalah Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Wakil Presiden China Wang Qishan dan Menteri Transportasi AS Elaine L Chao.
  • Pengumuman kabinet Jokowi-Ma’ruf bakal dilakukan kalo nggak pas Hari H abis pelantikan, ya besoknya. Tapi kata Kepala KSP Pak Moeldoko, moooost likely pengumuman bakal dilakukan pas Hari H, biar bisa cepet mulai kerja.
  • Kapolri Tito Karnavian bilang bahwa kalo ada yang mau demo pas Hari H pelantikan itu nggak dilarang, tapi beliau mengimbau biar demonya berjalan tertib dan damai-damai aja. Meski nggak dilarang, namun kepolisian uda memutuskan untuk nggak menerbitkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan demo.
  • Mau tau lebih detail lagi soal acara pelantikannya kayak apa? Click away.

For when you’ve been binge watching Korean drama every weekend…

Sumber gambar: CNN

Now you can channel your inner K-popers by visiting the country, karena mulai bulan ini sampe Desember nanti, biaya pembuatan visa untuk berkunjung ke Korea Selatan bakal digratiskan. Meski begitu, pengratisan ini cuma berlaku untuk single entry visa dengan kunjungan di bawah 90 hari. Biasanya, tarif normal untuk bikin visa Korea adalah US$ 40 atau setara dengan Rp 568.000, namun dengan adanya kebijakan ini, kamu cuma perlu bayar biaya admin aja sebesar Rp 196.000.
Choi Si-Won, we’re cominggggg….

“Selamat ulang tahun, Pak Prabowo Subianto!”

Pretty much what all Gerindra cadre chants yesterday, 17 Oktober 2019 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pak Prabowo ke-68 tahun. Untuk merayakan ultahnya itu, Pak Prabowo ngadain syukuran dan makan-makan di kediamannya di Kertanegara, Jaksel dengan keluarga dan kerabat. Dalam acara syukuran itu nampak juga sang mantan istri Titiek Soeharto, anak semata wayangnya Didit Hediprasetyo, sampe para politisi kayak Sutiyoso, Sandiaga Uno dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

It’s a day late, but happy birthday, Pak!