“I want to be happy, and in Barcelona, I’m happy”

88

Welcome Wednesday. Today we’ll take you to check on Gaudi, Camp Nou to Barcelona. Catchers, please meet: Catalonia Crisis.

Sumber gambar: Independent

What. Is. That?

Jadi gini. Sejak Hari Senin kemarin, suasana di Barcelona, Spanyol memanas karena banyaknya warga yang turun ke jalan untuk memprotes keputusan Pengadilan Tinggi Spanyol yang menjatuhkan hukuman penjara pada sembilan orang tokoh separatisme Catalonia. Sembilan orang yang terdiri dari para politisi dan aktivis itu ada yang dipenjara selama sembilan tahun, ada yang sampe 13 tahun.

I am not familiar with the issue. Mind to Catch Me Up!?

Sure thing. Jadi selama ini, Catalonia (ibu kotanya di Barcelona) adalah wilayah semi-otonom di Spanyol yang punya sistem pemerintahannya sendiri. Nah, kayak wilayah-wilayah semi-otonom lain di dunia, Catalonia juga punya keinginan untuk merdeka dari negaranya, which in this case is Spanyol.

And leads us to…

Referendum yang digelar pada tahun 2017 lalu. Pada referendum itu, 92,1 persen warga Catalonia memilih untuk merdeka dari Spanyol, tapi pemerintahan Spanyol di Madrid mendeklarasikan bahwa referendum itu ilegal.

I’m reading…

Spanyol kemudian mengerahkan polisinya untuk membatalkan referendum tersebut yang berakhir dengan bentrokan dan menyebabkan 900 orang luka-luka. Buntut dari kerusuhan ini adalah dipenjaranya sembilan orang tokoh Catalonia tadi. Setelah melewati persidangan selama dua tahun, keputusan pengadilan kemudian dibacakan Hari Senin kemarin dan langsung disambut oleh protes warga.

How bad was the protest?

Pretty bad. Ga lama setelah keputusan pengadilan diumumkan, warga Catalonia langsung turun ke jalan dan nutup akses transportasi darat. Mereka juga membanjiri bandara dan bikin puluhan penerbangan dari dan menuju Barcelona di-cancel. Terkait kondisi ini, pemerintah Spanyol uda siap-siap mengantisipasi kalo kondisi keamanan di Catalonia bakal makin nggak kondusif dalam beberapa hari ke depan.

Who said “Wait, here’s more”?

The Spanish supreme court. Ga lama setelah membacakan putusan buat sembilan tokoh tadi, para hakim juga mengeluarkan perintah penangkapan buat mantan Presiden Catalonia yang menjabat pas referendum 2017, Carles Puigdemont. Padahal, Senyor Puigdemont ini lagi tinggal di Belgia sejak dirinya mengumumkan kemerdekaan Catalonia pasca referendum sampe sekarang.

I want to know what people think about this…

  • Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sànchez: Semua orang sama di mata hukum dan pemerintah Spanyol bakal nurut sama putusan hakim.
  • Presiden Catalonia saat ini, Quim Torra: Putusan pengadilan ini nggak adil dan nggak demokratis.
  • Barcelona FC:  Penjara bukan solusi.

Who’s singing “Guess who’s back, back again?”

Sumber gambar: Instagram Sandiaga Uno

Not Eminem. Sandiaga Uno.

Kemarin, lewat akun Instagramnya Bang Sandi mengumumkan bahwa dirinya kembali jadi kader Gerindra. In case kamu belum tau cara ngumuminnya kayak gimana, stop whatever you are doing rite now and click here.

Whoa. Maksudnya gimana kok “Saya Kembali”?

Karena sebenernya, Bang Sandi emang uda lama jadi Kader Gerindra. Hanya saja pas mau Pilpres 2019 kemarin, Bang Sandi mundur sebagai kader biar capres-cawapres yang diusung nggak dua-duanya berasal dari Partai Gerindra. Menurut Pak Prabowo, hal ini perlu dilakukan biar Bang Sandi diterima sama partai-partai pengusung lain, kayak PKS dan PAN.

I see. What does Gerindra say about this comeback?

Kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, ya emang dari awal Pak Sandi uda ngerasa chemistry dan jalan perjuangannya cocok sama Gerindra, makanya beliau balik lagi. Selain itu, hubungan Pak Sandi sama para pengurus partai juga berjalan baik. Rencananya, Pak Sandi bakal ngisi posisi lamanya di Gerindra, yaitu ketua dewan pembina.

Anything else I need to know?

Well, akhir-akhir ini nama Pak Sandi sering disebut-sebut sebagai calon Menteri BUMN atau Kepala BKPM di kabinet barunya Pak Jokowi nanti. Hal ini nggak lepas dari manuver Pak Prabowo yang lagi rajin silaturahmi ke para pejabat partai. Menanggapi isu ini, Pak Sandi bilang bahwa soal kabinet ini adalah hak prerogatif Pak Jokowi, tapi emang pemerintah butuh masukan dari luar untuk ngasih saran-saran yang konstruktif.

For when you’ve been working so hard in the past two years…

Sumber gambar: Tirto

Own it.

Kayak Pak Anies Baswedan yang baru aja memasuki masa dua tahun jabatannya hari ini. Kata Pak Anies, sejauh ini beliau udah menyelesaikan 40 persen PR-nya di ibu kota, dan beliau berharap semua PR itu bakal selesai dalam sisa waktunya menjabat selama tiga tahun ke depan.

Emang apa aja PR-nya?

Ada beberapa, contohnya Rumah DP 0 Rupiah yang pembangunannya berjalan lancar dan sesuai target, dan penggunaan alat transportasi massal di Jakarta yang jumlah penggunanya naik dua kali lipat sejak tahun 2017. Pak Anies juga nyebutin soal penerima program kartu bantuan di Jakarta, mulai dari kartu pelajar, kartu disabilitas, sampe kartu lansia, serta program 200 taman di tahun 2022.

Got it. So, I assume everybody’s happy with his job?

Depends on who you ask. Menurut surveinya Populi Center, program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus punyanya Pak Anies dinilai publik lebih memuaskan dibanding KJP era Pak Ahok. Survei ini juga menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Jakarta menilai taraf ekonomi mereka membaik di banding tahun lalu.

Meanwhile…

Menurut mantan stafnya Pak Ahok yang juga politisi PDIP Ima Mahdiah, ga banyak program Anies yang bisa memecahkan masalah ibu kota kayak kemacetan, banjir dan perumahan. Ima menyebut, salah satu contohnya adalah Program Rumah DP 0 Rupiah yang mensyaratkan pembelinya harus berpenghasilan Rp 4-7 juta perbulan. Menurut Ima, faktanya, orang miskin justru berpenghasilan di bawah 4 juta.

Who’s finally saying “Hello World”, through Instagram?

Sumber gambar: Fox News

Jennifer Aniston.

Aktris pemeran Rachel Green di serial tv “Friends” itu kemarin baru aja sign up di Instagram. Untuk postingan pertamanya, Jen ngupload foto selfie-nya sama para pemeran serial “Friends” yang lain, kayak Courteney Cox, Matthew Perry, Lisa Kudrow, Matt LeBlanc, dan David Schwimmer. Foto ini disertai caption “And now we’re Instagram FRIENDS too. HI INSTAGRAM”. 
Dalam kurun waktu delapan jam aja, Instagramnya Jen uda di-follow sama 3 juta orang dan foto selfie-nya tadi uda di-like sama 5,3 juta orang.

HI TOO, JEN. 

“Urusan menteri itukan kewenangan presiden, nggak usah baper, nggak usah gede rasa,”

Kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) yang juga politisi Partai Golkar, Ali Mochtar Ngabalin saat ngomentarin statement KPK yang bilang bahwa mereka nggak diajak bahas rekam jejak para calon menterinya Pak Jokowi. Menurut Ngabalin, kan urusan menteri ini merupakan hak prerogatif presiden, jadi KPK gausah baperan.

Pro tip: Tell your hopeless romantic friend to think of Ngabalin anytime they’re not getting a text back from their crush. You’re welcome.