Calon Menteri Jokowi, Penobatan Kaisar Jepang, PM Justin Trudeau, Jabatan Tito Dicopot, Saksi di KPK

87

Yesterday was the second day of “Who wants to be Jokowi’s next top minister?” keywords: wear white.

Gambar: katadata.co.id
Also keywords: The more the merrier. 
Kemarin, tokoh-tokoh yang merapat ke Istana Negara makin banyak dibanding hari pertama, yaitu totalnya ada 22 orang. You’ won’t get sleepy when you get to know about these people, because they come from various background, kayak ada orang profesional, parpol, mantan sopir angkot, sampe wajah-wajah lama yang uda sering kamu liat di periode lalu. Satu-satunya yang sama dari orang-orang ini adalah: pake putih.Olrite, Catch Me Up! with their CVs…

  • Syahrul Yasin Limpo adalah politisi Nasdem (sebelumnya di Golkar) yang juga pernah jadi Gubernur Sulawesi Selatan. Pak SYL katanya diajak bahas soal bidang pertanian, perkebunan, perikanan sama Pak Jokowi.
  • Agus Gumiwang, politisi Golkar yang diajak Pak Jokowi bahas soal industri manufaktur, industri kecil dan supply chain industri. Welp, the keyword couldn’t be anymore obvious: Menteri Perindustrian ya pak?
  • Selanjutnya ada Pak Juliari Batubara, politisi PDIP yang bahas soal pengentasan kemiskinan dan penanggulangan bencana sama Pak Jokowi. Pak Ari yang sebenernya uda lolos ke DPR itu juga bilang bahwa dia siap lepas jabatannya di DPR untuk jadi menteri.
  • Siti Nurbaya Bakar. Yep, ibu yang sama, partai yang sama, jabatan yang sama. U know it. 
  • Plt. Ketum PPP, Suharso Manoarfa. Beliau bilang bahwa dirinya diminta Pak Jokowi untuk bantu-bantu di bidang perencanaan ekonomi, termasuk ekonomi secara umum, ketenagakerjaan, industri, riset teknologi dan inovasi.
  • Basuki Hadimuljono yang bakal menjabat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lagi.
  • Fachrul Razi adalah Mantan Wakil Panglima TNI yang diajak bahas soal keamanan, pendidikan dan masalah pembangunan SDM sama Jokowi. Pas masi berkarier di militer, beliau lah yang menandatangani surat rekomendasi pemberhentian Pak Prabowo Subianto dari militer.
  • Bu Ida Fauziah yang merupakan politisi PKB juga merapat ke istana. Kata Bu Ida, beliau diajak bahas soal kerja-kerja-kerja…
  • Bahlil Lahadalia adalah mantan Ketua HIPMI yang juga dipanggil ke istana, tapi belum tahu bakal menjabat di posisi apa. Bang Bahlil ini sebelumnya pernah menjadi sopir angkot dan penjual koran, sebelum akhirnya kariernya naik terus hingga jadi Ketua HIPMI.
  • Politisi Golkar Zainudin Amali juga merapat ke istana dan disebut-sebut bakal jadi Menpora.
  • Selanjutnya ada kakaknya Cak Imin, Abdul Halim Iskandar yang diajak Pak Jokowi bahas soal pembangunan masyarakat di sektor ekonomi hingga sosial.
  • Yasonna Laoly. Yep, bapaknya jadi Menkum HAM lagi.
  • Budi Karya Sumadi. Bapak ini juga diminta jadi Menteri Perhubungan (Menhub) lagi.
  • Begitu juga dengan Pak Sofyan Djalil, yang kembali jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).
  • Mantan Mendagri Pak Tjahjo Kumolo juga dipanggil istana kemarin, tapi belum tau untuk jabatan apa.
  • “Halo, Pak Moeldoko. Lanjut di KSP ya Pak.”
  • Nah, kalo Mantan Kepala Bappenas Pak Bambang Brodjonegoro, beliau bilang bahwa di term kedua ini, beliau ganti posisi, tapi belum mau bilang posisi barunya apa.
  • Opung Luhut B. Pandjaitan diminta Pak Jokowi untuk lanjut jadi Menko Kemaritiman, ditambah investasi.
  • “Hello, Doc? merapat ke istana ya…” Dr. Terawan Agus Putranto adalah Kepala RSPAD Gatot Subroto saat ini yang diminta Pak Jokowi jadi Menteri Kesehatan.
  • Sekjen Partai Nasdem Johnny G. Plate juga dipanggil ke istana untuk bahas soal unicorn hingga perlindungan data pribadi. Kemenkominfo ya, pak?
  • Terakhir adalah Agus Suparmanto, politisi PKB yang ditugasi Presiden Joko Widodo untuk ngurusin sektor perdagangan.
Now you got everything you need to know to talk about during lunch with your co-workers from the Gov-rel division. Impress them.

For when you’ve been wondering: Kiai Ma’ruf Amin lagi kemana ya?

Gambar: CNBC Indonesia

Beliau lagi di Jepang, untuk menghadiri penobatan Kaisar Jepang yang baru, Naruhito.

Arigato for the updates. But I need some background, please. 
Jadi Hari Selasa kemarin, Kaisar baru Jepang, Naruhito resmi naik tahta. Beliau naik tahta setelah ayahnya, Kaisar Akihito memutuskan turun dari jabatannya karena alasan kesehatan. Kaisar Akihito ini adalah kaisar pertama Jepang yang mundur dalam tugasnya, selama 200 tahun terakhir.

I see. Terus terus…
Nah kemarin, Kaisar Naruhito menjalani prosesi puncak penobatan tahta dirinya dengan pake baju tradisional Jepang dan menjalankan berbagai ritual agama Shinto kayak berdoa ke Dewa Matahari dan berkunjung ke beberapa kuil. Abis itu, semalam, Kaisar Naruhito sama istrinya Permaisuri Masako menggelar makan malam yang juga dihadiri oleh para tamu negara. Dengan dilaksanakannya prosesi ini, maka Kaisar Naruhito resmi #2019gantistatus dari putera makhota jadi kaisar.

Emang selain Kiai Ma’ruf siapa lagi yang dateng ke acara itu? 
Banyak, totalnya ada sekitar 2.000 orang yang hadir dari hampir 180 negara dan berbagai perwakilan dari organisasi internasional. Beberapa di antara kepala negara yang hadir adalah Pangeran Charles dari Inggris, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi sampe Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, yang harus cabs duluan karena sakit.

I heard something was cancelled…
Yes, the enthronement parade, aka pawai kekaisaran. Pawai ini bakal diundur beberapa hari karena Jepang baru aja dilanda Badai Hagibis yang menewaskan 80 orang. Rencananya, pawai ini baru akan dilaksanakan pada 10 November mendatang.


For when you’ve been looking forward for some updates on Canada Election…

Gambar: macleans

Perdana Menteri Incumben Kanada, Justin Trudeau kepilih lagi untuk jadi PM periode kedua.

Whoa, background, please.
Kemarin, Kanada menggelar pemilihan umum untuk memilih Perdana Menteri. Adapun kandidatnya adalah Justin Trudeau dari Partai Liberal dan Andrew Scheer dari Partai Konservatif. Nah, dalam pemilu kemarin, Trudeau menang lagi, tapi dengan jumlah kursi di parlemen yang berkurang dari jumlah sebelumnya.

I see…
Nah, untuk bisa menjabat tanpa membentuk koalisi, partainya Trudeau ini perlu total 170 kursi di parlemen, namun dalam pemilu kemarin, mereka secure 157 kursi aja, jadi mereka bakal harus koalisi sama partai lainnya yang ada di parlemen.

“You are sending our Liberal team back to work,”
Kata Trudeau dalam pidato kemenangannya di Palais de Congres, Montreal, Kanada. Dalam pidatonya itu, Trudeau berjanji bahwa dia bakal menurunkan angka biaya hidup, mengatasi perubahan iklim, menyingkirkan senjata api dari jalanan dan bakal invest terus di warga Kanada.


For when you missed the “wear white” note but still got the job…

Gambar: goriau.com

Meet Pak Tito Karnavian.
Kemarin, DPR RI resmi menyetujui usulan dari Pak Presiden Jokowi untuk memberhentikan Pak Kapolri Tito Karnavian dari jabatannya sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara tersebut. Kata Ketua DPR Mbak Puan Maharani, Pak Tito bakal mengemban tugas dan jabatan lain. Diketahui, Pak Tito emang termasuk salah satu dari tokoh-tokoh yang dipanggil ke Istana Merdeka Hari Senin lalu, walaupun dia nggak pake putih-putih. Sedangkan untuk mengisi posisi Kapolri sementara, Pak Jokowi kemudian menunjuk Wakapolri Komjen Ari Dono sebagai Plt. Kapolri.


“Beberapa calon menteri pernah jadi saksi korupsi,”

Kata KPK saat ngomentarin soal nama-nama yang dipanggil Pak Jokowi ke Istana sejak awal minggu ini. Menurut penelusuran, beberapa nama yang dipanggil Pak Jokowi emang ada yang pernah jadi saksi di KPK, di antaranya adalah politikus Partai Golkar Zainudin Amali, kakaknya Cak Imin Abdul Halim Iskandar, dan politikus PKB Bu Ida Fauziah.

Background check, background check.