Al-Baghdadi, PSI, General Motors, CPNS, Mulan Jameela

75

It’s Tuesday! And if you need some latest updates from another part of the world…


Gambar: Aljazeera

Buronan yang paling dicari di dunia, Abu Bakr Al-Baghdadi uda fix meninggal.

WHO?
Al-Baghdadi adalah pemimpin ISIS, which stands for Islamic State of Iraq and Syria, sebuah kelompok teroris yang sering kamu denger namanya beberapa tahun belakangan ini. Kalo kamu inget ada pengeboman di Surabaya tahun lalu, terus juga kalo di luar negeri ada pengeboman pas malam paskah di Sri Lanka, pengeboman katedral di Filipina, penembakan massal di San Bernardino, California, AS, sampe tragedi truk yang nabrak puluhan orang sampe meninggal di Nice, Prancis, nah itu semua kerjaannya ISIS.

That’s too rough for this early in the morning. Back to Al-Baghdadi. 
You got it. Jadi Hari Minggu kemarin, Presiden AS Donald Trump ngumumin via Twitter bahwa Al-Baghdadi udah meninggal. Trump menjelaskan bahwa al-Baghdadi meledakkan diri pake rompi yang uda dipasangin bom karena posisinya yang kian terdesak saat terjadi serangan militer yang dilakukan oleh tentara AS. Closing-nya Trump bilang: “He died like a dog, he died like a coward.”

Well, is he sure that it’s Al-Baghdadi?
Yep, uda dipastikan pake tes DNA dan biometrik yang dilakukan langsung di lokasi kejadian.

Now that he’s dead, what will ISIS look like in the future? 
Depends on who you ask. Menurut Iran, kematian Al-Baghdadi bukan berarti akhir dari terorisme ISIS. Selain itu, para ahli menyebut bahwa meskipun kematian Al-Baghdadi emang merupakan pencapaian besar, namun ISIS sendiri juga uda keburu berkembang di banyak negara dan menyebarkan paham radikalismenya secara online. Di Indonesia sendiri, Polri bilang bahwa mereka akan terus mengantisipasi potensi ancaman dari teroris, termasuk yang terafiliasi sama ISIS.

Catch Me Up! on who Abu Bakr al-Baghdadi is.
Jadi Al-Baghdadi ini secara resmi mengumumkan berdirinya ISIS pada tahun 2014 lalu. Sejak itu, ribuan orang dari seluruh penjuru dunia dateng ke Irak dan Suriah untuk gabung sama organisasi terorisnya itu. Pada masa kejayaannya di tahun 2015, ISIS berhasil menguasai sebagian wilayah Suriah dan Irak dan melancarkan serangan teror di kota-kota besar kayak Paris, Nice, Orlando, Manchester, London, Berlin sampe Jakarta. Selama buron, Al-Baghdadi jadi teroris internasional yang paling dicari dengan imbalan $25 juta atau sekitar Rp 350 miliar untuk orang yang berhasil menangkapnya.


For when you’re already in a relationship but you feel more supported by someone else instead…

Gambar: detiknews

Gpp pindah hati (atau partai) aja, kayak Faldo Maldini.

What what? 
Mantan Politisi PAN yang sering kamu tonton debatnya di tivi pas Pilpres 2019 itu uda resmi cabs dari PAN dan gabung ke PSI. We know your next qustion would be…

Y tho. 
Karena Faldo ini mau nyagub alias nyalon jadi gubernur di Sumatera Barat. Faldo bilang, dia suka nilai antidiskriminasi yang dimiliki oleh PSI, makaya dia memutuskan untuk gabung ke partai millennial tersebut.

Maksudnya gimana coba diperjelas. 
Jadi gini, Faldo yang pas Pileg 2019 lalu gagal lolos ke DPR RI itu berencana untuk nyagub di Pilkada Sumbar 2020. Nah, dalam peraturannya, untuk bisa maju jadi calon gubernur, maka sang calon itu harus berumur at least 30 tahun, sedangkan Faldo pas masa pendaftaran calon ditutup bakalan masih berumur 29 tahun. Berangkat dari hal ini, Faldo sama beberapa politisi PSI lain kayak Tsamara Amany dan Rian Ernest ngegugat aturan ini ke MK. Hal inilah yang membuat Faldo merasa terbantu, sekaligus menunjukkan nilai antidiskriminasi yang membuat dirinya memutuskan untuk pindah ke PSI.

I see. Terus kata PSI apa?
Sekjen PSI Raja Juli Antoni bilang bahwa dia merasa bahagia dengan bergabungnya Faldo ke PSI. Menurutnya, Sumbar adalah gerbang Indonesia, dan provinsi itu membutuhkan sosok anak muda inspiratif baru kayak Faldo.

Kalo kata PAN?
PAN juga mengucapkan selamat buat Faldo, dan mereka juga ngedoain semoga Faldo semoga sukses di partai barunya itu. Selain itu, PAN juga sempet nyinggung soal masa kepengurusan Faldo yang cuma bentar di PAN, sehingga politisi muda itu belum sempat menghayati dinamika politik di PAN.

Emang kalo udah nyaman susah ya…


Who’s singing “All my bags are packed I’m ready to go…?”

Gambar: halloriau.com

Chevrolet

General Motors, produsen mobil asal Amerika Serikat yang jual mobil merek Chevrolet di Indonesia kemarin baru aja mengumumkan rencananya untuk cabs dari pasar Indo. Rencananya, GM bakal berhenti jualan di Indonesia pada bulan Maret 2020 mendatang.

Why? 
The business. Menurut GM, di Indonesia, mereka nggak punya segmen pasar yang bisa mendatangkan keuntungan secara berkesinambungan. Selain itu, pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang asing juga jadi alasan mereka cabs dari Indonesia. GM bilang, mereka mau fokus aja sama pasar yang emang jelas-jelas mendatangkan keuntungan. Gitu.

Wait, my dad has a Chevy. Terus gimana nasibnya?
Kata GM sih, mereka bakal tetap ngasih layanan buat konsumennya lewat outlet resminya yang ada di seluruh Indonesia.

I see. I want to know what the government says about this…
Menurut Kementerian Perindustrian aka Kemenperin, ya gimana yha, emang Chevy penjualannya kurang bisa bersaing. Dari data Gaikindo, pada tahun 2014, penjualan mobil Chevy mencapai 10 ribu unit. Angka ini kemudian menurun terus dari tahun ke tahun hingga untuk tahun ini, jumlah Chevy yang uda terjual dari Januari sampe Agustus cuma 1.159 unit. FYI, di Indonesia, GM cuma jual empat jenis mobil Chevy, yakni hatchback Spark, crossover Trax, SUV Trailblazer, dan pikap Colorado.


For when you want to impress your future in-laws…

Gambar: infoASN.id

Cus, daftar CPNS.

Kemarin, Kemenpan RB resmi mengumumkan rencana seleksi CPNS 2019 yang bakal meliputi total 152 ribu formasi. Pembukaan CPNS ini terbagi di berbagai institusi, mulai dari kementerian, lembaga, sampe pemda di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Adapun lembaga yang buka paling banyak lowongan adalah Kementerian Agama dengan jumlah 5.815 posisi, dan paling dikit adalah Kemenpora dan Kemenristek yang masing-masing cuma buka 11 posisi. Kalo kamu mau daftar, save dulu link sscasn.bkn.go.id ini karena pendaftarannya baru bakal dibuka 11 November mendatang.

Good luck getting in while impressing your future in-laws!


“Wah ini ngetes nih, ngetes,”

Kata anggota DPR RI Mulan Jameela pas ditanya sama wartawan soal siapa aja mitra kerjanya nanti di Komisi VII DPR RI. Jadi kemarin, Mulan uda fix di-assign di Komisi VII DPR RI oleh Partai Gerindra. Dan fyi buat Mbak Mulan dan kamu-kamu yang belum tau, Komisi VII itu membidangi teknologi, riset, energi, dan lingkungan hidup. Karenanya, mitra kerjanya adalah Kementerian ESDM, Kemenristek, BPPT, BATAN, LIPI, SKK Migas, dll yang totalnya ada 15 lembaga.

Bukannya aku takut akan kehilangan dirimu, tapi aku takut….salah jawab 😛