Working 9 to 5, what a way to buy…

129

New day, new phone. But before we get there, Catch Up! with some updates from Papua. Click, clack.

Sumber gambar: inews.id

What’s the update?

Kemarin, Presiden Jokowi ketemu sama 61 orang tokoh dari Papua dan Papua Barat untuk bahas soal aspirasi dan uneg-uneg dari provinsi paling timur di Indonesia itu. Dalam pertemuan yang digelar di Istana Negara Jakarta itu, para tokoh Papua tadi nyampein berbagai masukan ke Pak Jokowi soal daerahnya.

Aspirasinya apa aja?

Totalnya ada sembilan, beberapa di antaranya ada soal pemekaran provinsi, otonomi khusus buat Papua, percepatan pembangunan Palapa Ring di Timur Papua, sampe Pak Jokowi diminta bikin Istana Presiden di Jayapura. Menurut para tokoh ini, Istana Presiden perlu ada di Papua biar Pak Jokowi nanti nggak berkunjung doang ke Papua, tapi juga ngantor di sana.

Terus Pak Jokowi jawab apa?

You got it. Pak Jokowi bilang, mulai tahun depan, istana kepresidenan di Papua bakal dibangun dan bakal selesai dalam dua tahun.

Anything else?

Selain soal istana, Pak Jokowi juga ngasih tanggapan soal tuntutan pemekaran yang disampaikan para tokoh. Menurut beliau, dari lima daerah yang diminta untuk dimekar kan, Pak Jokowi setuju untuk dua atau tiga dulu aja. Selain itu, Pak Jokowi juga janji bahwa bakal ada 1.000 mahasiswa asal Papua baru lulus yang bakal bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Catch Me Up! on Benny Wenda.

Dalam kesempatan di Istana Negara kemarin, para tokoh Papua ini juga sempat menyatakan sikap mereka terkait Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda. Menurut mereka, Papua adalah bagian dari NKRI dan Benny, yang aktif menyuarakan kemerdekaan Papua nggak berhak ngatur-ngatur. In case you haven’t heard of him, Benny Wenda adalah aktivis kemerdekaan asal Papua Barat yang kini tinggal di Oxford, Inggris karena dapet suaka politik di sana sejak tahun 2002 (dan paspornya di Indonesia udah dicabut). Dalam kasus kerusuhan di Papua beberapa waktu lalu, Benny dibilang sama pemerintah Indonesia sebagai dalang dari kerusuhan tersebut.

What’s weaker than your heart after accidentally bumped into your ex at the MRT Station?

Sumber gambar: ft.com

Ekonomi Jepang.

Hari Senin kemarin, pemerintah Jepang mengeluarkan laporan yang menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi mereka melemah pada kuartal II 2019 ini. Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa angka pertumbuhan ekonomi Jepang ada di angka 1,3 persen, lebih kecil dari kuartal I yang mencapai angka 2,2 persen dan dari target awal di angka 1,8 persen.

Kok bisa?

Salah satu alasan ekonomi Jepang yang melemah ini adalah karena ekonomi global juga lagi lesu, dan imbas atas perang dagang antara China dan Amerika Serikat yang ga selesai-selesai itu.

And it’s not the worst part yet…

Karena sampe sekarang, belum ada tanda-tanda bahwa perang dagang bakal berakhir. Padahal, Amerika Serikat dan China adalah partner bisnis Jepang yang paling besar dibandingkan negara-negara lain. Kalo kondisinya begini terus, beberapa pihak bahkan udah memprediksi kalo ekonomi Jepang bisa jadi ada di angka negatif pas di kuartal IV nanti.

What to say when your neighbor complains about the Metallica records that you played too loud?

Sumber gambar: gowest.id

Bukan gue.

Kira-kira gitu komentar Menteri Lingkungan Hidup, Bu Siti Nurbaya soal kabut asap yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa negara tetangga, kayak Malaysia dan Singapura.

I need some background, please.

Jadi gini, Hari Jumat minggu lalu, pemerintah Malaysia bilang kalo mereka bakal mengirim nota diplomatik ke Indonesia yang isinya meminta pihak pemerintah kita untuk buru-buru ngambil tindakan dalam menanggulangi kebakaran hutan. Hal ini karena kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia itu udah  menyebabkan kabut asap di beberapa wilayah di Malaysia. Menurut mereka, dari citra satelit yang mereka miliki, titik api ditemukan di berbagai wilayah di Kalimantan dan Sumatra.

Go on.

Gara-gara kebakaran hutan ini, pemerintah di wilayah Serawak memutuskan untuk meliburkan 400 sekolah dan rencananya bakal bikin hujan buatan karena udara di wilayah itu udah nggak sehat banget.

And our Government says…

Gue kirim surat protes balik, lah. Karena menurut Bu Siti Nurbaya, kabut asap yang terjadi di Malaysia bukan gara-gara kiriman dari Indonesia, tapi karena emang ada beberapa hutan di wilayah Serawak dan Semenanjung Malaya yang emang kebakaran. Bu Siti juga minta pemerintah Malaysia untuk pake data yang objektif, karena kalo menurut beliau, saat ini gaada asap dari Indonesia yang nyampe ke Malaysia.

Is that true, tho?

Bener sih, kalo kata BMKG. Menurut mereka, emang kalo diliat dari citra satelit, enggak ada asap dari Indonesia yang masuk ke Malaysia.

Lagian emang kalo mau masuk ke negara lain tuh kita perlu cap paspor dulu gasi?  *krik-krik*

For when you travelling to Paris and started to feel the heat…

Sumber gambar: wikimedia

Karyawan Bukalapak.

Karena katanya, perusahaan unicorn startup asli Indonesia itu baru aja nge-layoff sejumlah karyawannya dengan alasan efisiensi. Pihak Bukalapak bilang, kalo keputusan ini diambil biar mereka bisa fokus untuk implementasi strategi bisnis jangka panjang. Adapun divisi yang katanya kena layoff adalah divisi engineering, marketing, dan customer service. Selain nge-layoff karyawan, Bukalapak juga dikabarkan nutup kantornya yang ada di Medan dan Surabaya.

“iPhone 11 has the highest-quality video in a smart phone”

Kata iPhone senior director Kaiann Drance dalam acara launching produk barunya Apple yang digelar Selasa, jam 10 pagi waktu setempat. Selain hape baru, Apple juga ngenalin versi paling baru dari Apple Watch, iPad, dan servis streaming berbayar Apple TV+ yang harganya paling murah dibanding servis streaming lainnya, yaitu cuma US$ 4,99 aja. (Looking at you, Netflix, Hulu, Amazon Prime and HBO Now).