Today is National Mourning day

95

Indonesia has lost one of its best sons, the former president B.J. Habibie, the 3rd president. Today, the nation is mourning.

Sumber gambar: intagram.com/b.jhabibie

Tadi malam pukul 18.05 WIB, Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Beliau meninggal di RSPAD Gatot Subroto, setelah dirawat di sana sejak 1 September lalu. Menurut tim dokter yang menanganinya, selama sakit, Pak Habibie ditangani oleh dokter dengan berbagai latar belakang keahlian spesialis kayak spesialis jantung, penyakit dalam dan ginjal.
Jenazah Pak Habibie rencananya akan disemayamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, berdampingan dengan makam istrinya, Ibu Ainun Habibie.

In case you want to catch up on his legacy…

Pak Habibie adalah insinyur di bidang konstruksi pesawat terbang yang menjabat selama 20 tahun sebagai Menteri Penelitian dan Teknologi di era Pak Harto. Beliau menjabat sebagai presiden Indonesia di masa transisi dari era orde baru ke reformasi, yaitu pada tahun 1998-1999. Meskipun masa jabatannya adalah yang paling singkat dibanding presiden Indonesia yang lain, namun selama masa jabatannya, Pak Habibie berkontribusi banyak dalam pelembagaan demokrasi Indonesia setelah sekian lama berada di era orde baru. Selama kepemimpinannya, Pak Habibie menghasilkan undang-undang yang menjamin kebebasan pers, mengadakan pemilu demokrasi pertama di tahun 1999 dan menggelar referendum di Timor Timur.

Guess who loves to have a meeting more often than your boss?

Sumber gambar: detik.com

Everybody’s boss,

aka Pak Presiden Jokowi.

Really? How often?

Seminggu dua kali, untuk bahas investasi aja. Jadi kemarin Pak Jokowi bilang, kalo dia bakal lebih sering meeting terbatas soal investasi, at least dua kali seminggu sampe masa pemerintahannya berakhir di bulan Oktober mendatang. Meeting terbatas ini bakal sering dia lakukan dalam rangka mempercepat pertumbuhan investasi di Indonesia.

Y tho.

Menurut pak Jokowi, Hal ini karena pertumbuhan investasi di Indonesia yang nggak naik sesuai target dalam beberapa waktu terakhir. Karenanya, Pak Jokowi pengen ngecek masalah apa aja yang menyumbat investasi masuk ke Indonesia, lewat meeting-meeting tadi.

Two times a week? I am gonna need gallons of black coffee.

Can relate. Pak Jokowi juga minta para menterinya untuk menyederhanakan peraturan buat investor yang mau masuk ke Indonesia. Mereka juga diminta untuk promosi lebih gencar dan ngasih insentif yang lebih variatif hingga bikin invest di Indonesia lebih menarik dibanding di negara lain.

Who’s saying “you can do what I do”?

Pak Jokowi ke Ketua BKPM (Lembaga yang ngurusin penanaman modal di Indonesia), Pak Thomas Lembong. Menurut Pak Tom, salah satu hambatan investasi paling besar di Indonesia adalah soal perizinan, dan banyak dari perizinan itu yang diurus di kementerian (looking at you, Permen aka Peraturan Menteri). Karenanya, Pak Jokowi uda ngasih izin ke Pak Tom untuk ngomelin kementerian mana aja yang bikin regulasi belibet soal investasi di Indonesia.

What’s people are concerned about in the Middle East?

Sumber gambar: aljazeera.com

The promise made by Israel Prime Minister, Benjamin Netanyahu.

Emang Netanyahu janjiin apa?

Kemarin, Netanyahu janji bahwa kalo dia kepilih lagi di pemilu Israel yang bakal digelar pada 17 September mendatang, maka dia akan mengumumkan kepemilikan Israel atas wilayah West Bank, yang selama ini merupakan wilayah Palestina.

Ouch. Gimme some background.

Jadi, wilayah West Bank yang ditinggali oleh mayoritas warga Palestina itu terletak di perbatasan antara Jordania dan Israel. Nah, di tahun 1967, terjadi perang enam hari yang dimenangkan oleh Israel, hingga membuat wilayah West Bank ini diklaim sebagai wilayah mereka. Akibatnya, jutaan warga Palestina yang tinggal di West Bank harus meninggalkan wilayah itu, meskipun dunia internasional mengakui bahwa pendudukan Israel di West Bank adalah “pendudukan ilegal” aka illegal settlement.

Go on.

Saat ini, West Bank masih jadi daerah yang ditinggali oleh mayoritas warga Palestina, dengan perbandingan sekitar 65,000 warga Palestina dan 11,000 orang Israel. Rencananya, kalau Palestina merdeka, maka wilayah ini bakal jadi wilayah punya Palestina.

Back to Netanyahu, why does he said what he said?

Karena saat ini, Netanyahu yang maju lagi dalam pemilu Israel lagi dalam posisi yang bersaing ketat sama lawannya dari koalisi oposisi, Benny Gantz. Hal ini karena sebagai perdana menteri paling lama yang menjabat di Israel, Netanyahu lagi menghadapi berbagai isu negatif yang bikin popularitasnya menurun, salah satunya adalah beliau diisukan menerima suap dari pengusaha.

I see. And what does the world says about this promise?

Semua mengecam. Sekjen PBB Antonio Guterres bilang kalo janji ini beneran ditepati, maka hal itu bakal merusak prospek perdamaian antara Israel dan Palestina. Kecaman juga disampaikan oleh Jordania, Arab Saudi, dan Indonesia juga donk. Kata Kemenlu, pernyataannya Netanyahu ini bertentangan sama hukum internasional dan resolusi PBB.

For why you should always unwind, get in zen and having me-time…

Sumber gambar: pbs.org

Karena Laporan terbaru World Health Organization aka WHO menunjukkan angka yang mengkhawatirkan soal trend bunuh diri di seluruh dunia, di mana ditemukan bahwa setiap 40 detik, ada satu orang yang melakukan bunuh diri. Laporan itu juga menunjukkan bahwa tingkat bunuh diri tertinggi terjadi di negara dengan ekonomi maju, di mana bunuh diri jadi penyebab kematian terbesar kedua di kalangan anak muda setelah kecelakaan lalu lintas.

Adapun metode bunuh diri yang paling banyak digunakan adalah gantung diri, menembak diri sendiri dan keracunan. Menanggapi hal ini, WHO bilang bahwa bunuh diri sebenarnya bisa dicegah dengan cara ngasih pengetahuan ke anak muda soal cara menghadapi stres, deteksi dini atas kondisi mental dan menjauhkan mereka yang berpotensi bunuh diri dari alat-alat berbahaya.

If you ever feel constantly sad, exhausted, depressed and unmotivated, never think twice to seek for help. Prioritize your mental health by seeing an expert. It is covered by BPJS.

“Kerja KPK kayak orang baru pulang dari dugem. Jalannya sempoyongan, kiri kanan nggak pernah lurus”

Kata salah satu calon pimpinan KPK, Nawawi Pamolago pas lagi fit and proper test di DPR kemarin. Menurut Nawawi, kerjaan KPK selama ini biasa aja dan ga ada prestasi yang signifikan, kayak orang lagi kobam (bacanya dibalik).

Whoa. We never know that partying and enforcing law has soooo much in common.