This girl is on fire… and so is our forests

114

Welcome back to Monday. Think you were well-rested and relaxed over the weekend? Catch Up! on those who don’t.

Sumber gambar: bbc.com

Who?

Our friends di Sumatera dan Kalimantan yang terpapar kabut asap gara-gara kebakaran hutan yang makin parah di wilayah mereka, zoom in in Riau.

I don’t like what I’m about to hear but go on.

Jadi selama musim kemarau ini, that one thing that aaaalways comes uninvited (read: kebakaran hutan) terjadi lagi di berbagai daerah. Menurut BNPB, sampe akhir Agustus kemarin, kita udah kehilangan 238 ribu hektare lahan hutan, dan 80 ribu hektare di antaranya adalah lahan gambut. Sedangkan provinsi yang paling banyak mengalami karhutla adalah Provinsi Riau yang kehilangan 40 ribu hektare lahan hutannya.

Ouch. How bad izzit?

So bad. Kualitas udara di daerah-daerah yang mengalami kebakaran hutan jadi menurun banget karena terpapar kabut asap. Di Riau, ada lima kabupaten yang status udaranya ada di posisi “berbahaya”, yaitu Pekanbaru, Siak, Kampar, Rokan Hilir, dan Bengkalis. Akibat dari karhutla ini, warga masyarakat banyak yang mengalami gangguan pernapasan, sekolah diliburkan, sampe banyak penerbangan yang dibatalkan karena jarak pandang yang kurang dari 600 meter.

And Harvard predicted…

Dalam penelitian yang dilakukan sama Harvard University, diketahui bahwa kalo Karhutla ini terjadi terus sampe beberapa tahun ke depan, maka potensi kematian dini bisa mencapai 36.000 jiwa setiap tahunnya. Dari jumlah ini, 92 persennya akan terjadi di Indonesia, 7 persen di Malaysia, dan 2 persen di Singapura.

Kenapa sih bisa terjadi kebakaran hutan?

99 persen dari karhutla ini disebabkan oleh ulah manusia aka sengaja dibakar. Be not so surprised. Kata Kepala BNPB Pak Doni Monardo, 80 persen dari lahan yang uda dibakar ini nantinya bakal berubah jadi lahan perkebunan. Lebih jauh, kata Pak Kapolri Tito Karnavian, setelah menunjau langsung lokasi kebakaran, beliau liat bahwa lahan kebun kelapa sawit justru banyak yang nggak terbakar, dan hal ini nunjukkin kalo pembakaran emang sengaja dilakukan untuk buka lahan.

Who’s making a statement?

Kepala BNPB, Pak Doni Monardo. Menurutnya, kalo nggak ditanggulangi, maka kabut asap ini bakal jadi pembunuh tidak langsung untuk masa depan. Beliau juga bilang kalo banyak laporan dari personil di lapangan yang bilang bahwa ada beberapa kepala daerah yang cuek soal kondisi karhutla ini, dan nggak pernah dateng pas diundang meeting soal penanggulangan karhutla. Menurutnya, hal ini bikin upaya pemadaman api di daerah mereka jadi nggak maksimal.

Terus, kata pemerintah apa?

Menurut Gubernur Riau Pak Syamsuar, pemerintah provinsi udah mendirikan posko kesehatan gratis di beberapa titik. Selain posko, Pak Gub bilang kalo dia uda memerintahkan dinas kesehatan untuk nyediain layanan penjemputan ambulans gratis dan layanan telepon 119 untuk menghubungi petugas.

Anything else?

Pak Syamsuar juga bilang kalo dia udah punya konsep pengelolaan lahan tanpa membakar. Untuk implementasinya, pihak pemprov bakal menyediakan alat berat di setiap desa yang bisa dipake gratis sama masyarakat untuk melakukan aksi membersihkan lahan tanpa bakar-bakaran.

For when your smoking friends have to rethink their monthly budgeting…

Sumber gambar: CNN Indonesia

Karena pemerintah udah fix bakal naikin cukai rokok sebesar 23 persen mulai 1 Januari tahun depan. Hal ini disampaikan langsung sama Kemenkeu Bu Sri Mulyani minggu lalu.

Whoa. I want to know more, please.

Jadi kata Bu Ani, pemerintah udah setuju untuk naikin Cukai Hasil Tembakau (CHT) aka cukai rokok sebesar 23 persen dan keputusan ini bakal segera diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Dengan kenaikan cukai ini, harga rokok di pasaran juga bakal naik sebesar 35 persen.

I’m reading…

Kenaikan cukai sebesar 23 persen ini adalah yang terbesar dalam 10 tahun terakhir. Kata Menko Perekonomian Darmin Nasution, emang kenaikan cukainya jadi gede, karena tahun lalu nggak ada kenaikan. Jadi wajar kalo sekarang naiknya langsung gede. Gitu.

Tapi kenapa harus ada kenaikan cukai rokok sih?

Masih kata Pak Darmin, ada tiga alasan kenapa pemerintah naikin cukai rokok. Pertama, pemerintah pengen menurunkan tingkat konsumsi rokok, kedua, kenaikan cukai rokok dianggap bisa  meningkatkan penerimaan negara, dan ketiga adalah urusan kesempatan kerja.

who’s saying “we object!”

Para pengusaha rokok. Dengan keputusan ini, mereka menilai kalo pemerintah nggak peduli sama nasib petani tembakau dan cengkeh. Selain itu, mereka juga bete karena sebagai pelaku industri, pihaknya nggak pernah dimintai masukan.

For when your husband wants to run for a city mayor…

Sumber gambar: CNN Indonesia

You’re on the same page with Kahiyang Ayu, anak keduanya Pak Jokowi.

What? Why?

Karena ada kemungkinan suaminya Kahiyang, Bobby Nasution bakal maju di Pilkada Medan yang bakal digelar di tahun 2020 mendatang.

Details, please?

JadiBobby ini katanya uda ngambil berkas penjaringan calon kepala daerah dari kantor PDIP di Medan. Kata Omnya Bobby, Erwin Nasution, saat ini Bobby lagi ngelengkapin berkas yang dibutuhkan dan ngisi formulir. Katanya kalo berkasnya udah lengkap, maka Bobby bakal segera mengembalikan berkas ini ke PDIP.

Jadi Bobby fix bakal maju dari PDIP?

Most likely. Kata Om Erwin, saat ini Bobby uda ketemu sama banyak parpol yang emang punya kursi di DPRD Medan, tapi emang saat ini PDIP punya kursi yang cukup untuk bisa ngusung calon sendiri, jadi mereka nggak perlu koalisi.

I want to hear from Bobby.

Kata Bobby, dia emang uda sharing-sharing sama keluarganya soal kemungkinannya maju di Pilkada Medan. Bobby menyebut bahwa dia udah siap untuk maju, dan udah melakukan komunikasi politik sama banyak pihak di Medan.

And the award for the best mertua goes to…

Pak Jokowi, yang dukung keinginan menantunya maju di Pilkada Medan. Kata Bobby, dia uda tukar pikiran sama Pak Jokowi dan beliau udah ngasih restu. Menurut Bobby, Pak Jokowi selalu ngasih kebebasan buat anak-anak dan mantunya buat ngapain aja, baik masuk politik atau bisnis. Karenanya, keputusan untuk maju di Pilkada Medan ini adalah keputusannya sendiri.

For when you think cats has nine lives…

Sumber gambar: today online

You’re wrong. They have ten.

Baru-baru ini, perusahaan asal China Sinogene baru aja berhasil meng-kloning seekor kucing berjenis British Shorthair by request. Jadi awalnya, seorang pebisnis bernama Huang Yu ditinggal mati sama kucingnya yang bernama Garlic, dan dia sedih banget (dan punya banyak duit) so he was like “I’m gonna clone him!”.

Huang Yu kemudian minta tolong perusahaan bioteknologi yang namanya Sinogene tadi untuk meng-kloning si Garlic dan hasilnya, pada 21 Juli lalu, Garlic baru lahir dan dinamain Garlic juga. Huang Yu seneng banget sama hasil kloningan ini karena tingkat kemiripannya yang mencapai lebih dari 90 persen. Untuk seluruh prosedur ini, Huang Yu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 495 juta.

Brb tomorrow. We’re packing to China to clone our late cat Si Mpus. 

“Tanpa keberanian dari Pak Habibie mungkin sekarang saya hanya akan menjadi penjual es batu di Tebet,”

Kata presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao pada tahun 2015 lalu, kala dirinya menceritakan keberanian BJ Habibie dalam menyelesaikan konflik di Timor Timur. Xanana Gusmao adalah salah satu tahanan politik yang dibebaskan oleh Eyang Habibie kala dirinya menjabat sebagai presiden. Selain itu, Eyang Habibie juga yang mengeluarkan kebijakan untuk menggelar referendum di Timor Timur yang berakhir dengan lepasnya provinsi termuda itu dari Indonesia.

Well, good deed will always goes a long way, Eyang.