One taught me love, one taught me patience…

117

Today’s is our Thank-God-It’s-Data-Visualization day! Catch Up! with the hottest issue we’ve been hearing. all. week. 

Don’t ask. You know it’s on KPK.

It has been a busy week at the KPK headquarter, karena Hari Selasa kemarin, DPR RI dan pemerintah uda fix mengesahkan RUU KPK. There were pros, cons, and then there were us, wondering: KPK lagi kenapa sih?

Nah, kalau kamu termasuk ke dalam kelompok terakhir, kamu ada di email yang tepat, karena kita bakal jelasin ke kamu soal pro kontra RUU KPK, and why you should care. Dig in.

For when you travelling with Lion Air and got random calls…

Sumber gambar: inisurabaya

Don’t be surprised.

Karena baru-baru ini, jutaan data pengguna Malindo Air yang merupakan anak usaha dari Lion Air emang bocor ke publik.

Waaaaaaaat?

Iya jadi awalnya, data-data tersebut dibobol dan diunggah ke situs dark web oleh orang dengan nama Specter. Data itu kemudian disebarkan lewat layanan penyimpanan cloud milik Amazon, namanya Amazon Web Services. AWS sendiri juga merupakan penyedia layanan data eksternal untuk Malindo Air.

Terus data apa aja yang bocor?

Ada sekitar 30 juta data rincian penumpang Malindo Air dan Thai Lion Air yang bocor dan diunggah secara terbuka di AWS. Adapun data yang dibocorkan adalah meliputi nomor paspor, alamat, alamat email, dan nomor telepon penumpang.

Wow. Terus kata Malindo Air apa?

Mereka lagi menyelidiki lebih lanjut soal kejadian ini, dan udah ngambil berbagai tindakan untuk memastikan data penumpang nggak terganggu. Malindo Air juga menjamin kalo nggak ada data finansial penumpang yang bocor ke publik.

I have Malindo Miles account…

Untuk mencegah kebocoran data lagi, pihak Malindo Air menghimbau pelanggannya untuk ganti password untuk akun yang biasa kamu pake buat login di akun Malindo Miles-mu.

Who’s looking forward to get a call from the US Embassy?

Presiden Iran, Hassan Rouhani.

Why?

Karena dia belum heard back soal aplikasi visa US-nya, diterima apa enggak. Padahal rencananya, Hari Senin depan beliau bakal menghadiri meeting tahunan negara-negara anggota PBB aka UNGA yang digelar di New York.

Back up a little. What is UNGA?

UNGA stands for United Nations General Assembly, adalah meeting tahunan negara-negara anggota PBB di New York untuk bahas berbagai isu kayak hukum internasional, perdamaian dan keamanan. Tahun ini, agenda utama yang bakal dibahas adalah soal climate change, pemberantasan kemiskinan, pendidikan yang berkualitas dan inklusifitas.

OK balik ke soal visa, Uda coba di-follow up ke pihak US-nya?

Udah pada komen sih di media, walaupun komentarnya beda-beda. Presiden Trump bilang kalo urusan visa ini merupakan wewenangnya, dia bakal ngasih visa buat delegasi Iran, tapi sebelumnya, Menlu AS Mike Pompeo ngasih sinyal-sinyal kalo delegasi Iran mendingan gausah dikasih visa.

I see. What does the Iranian govt says about this?

Pihak Iran bilang bahwa kalo visa-nya nggak keluar dalam beberapa waktu ke depan, maka perjalanan rombongan Iran ke New York ini bisa dibatalkan.

I feel like there’s something going on between the US-Iran relations.

Ya gitu deh. Hubungan panas antara Amerika Serikat dan Iran ini terjadi sejak Mei tahun lalu, ketika presiden AS Donald Trump memutuskan bahwa AS bakal keluar dari perjanjian nuklir Iran (basically isi perjanjiannya: Iran bakal membatasi program pengayaan bahan nuklirnya, dengan syarat dunia internasional nggak menjatuhkan sanksi ekonomi kepada Iran). Nah, dengan keluar dari perjanjian nuklir itu, maka Amerika Serikat secara otomatis menjatuhkan sanksi ekonomi lagi terhadap Iran. Ya Iran bete donk.

Yang terbaru…

Amerika Serikat bilang kalo serangan drone ke kilang minyak punya perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco adalah kerjaannya Iran, despite pengakuan dari kelompok Houthi di Yaman yang bilang kalo serangan itu adalah kerjaan mereka. So the US was like “We’re lock and loaded” dan dijawab sama Iran “We’re ready for all-out war”. Intense, intense.

Who’s saying “guys, I’m not coming” in the UNGA group chat

Selain Rouhani yang masih H2C (harap-harap cemas. Hello, 90s babies?) soal status visanya, yang uda fix ga ikutan meeting UNGA adalah Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang lagi dioperasi, dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang baru aja selesai pemilu.

We’re wondering, ada yang komen “wacana forever ga ya?” Xixixi

Who’s just having his last day at the office without one-month notice?

Sumber gambar: tribun news

Mantan Menpora, Pak Imam Nahrowi.

Menyusul statusnya yang baru sebagai tersangka kasus suap KONI, kemarin Pak Imam mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya sebagai Menpora. Di hadapan para jajaran staf dan pegawai Kemenpora, Pak Imam bilang kalo dia udah menyampaikan ke Pak Jokowi terkait status barunya sebagai tersangka dan udah minta izin untuk mundur dari jabatan Menpora. Selanjutnya, Pak Imam kemudian pamitan sekaligus menyampaikan harapan biar penggantinya nanti bisa lebih bersih, suci dan menjaga perasaan (?).

Thank you, next. 

“Kalo kamu jadi presiden, jangan kebanyakan main sosmed dan nonton TV”

Kata mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama beberapa waktu lalu pas ditanya soal nasehatnya buat orang yang mau jadi presiden. Kalimat itu kemudian langsung bikin rame jagat medsos karena dianggap nyindir Donald Trump yang hobi banget twitter-an dan terkenal suka nonton tv kabel.

Penasaran seberapa sering Trump ngetwit? 284 kali dalam enam bulan terakhir. Twit less than that, and you’re ready to be a president. Congrats.