Knock knock, who’s there? The new boss.

115

Hello Tuesday! Wake up and let’s Catch Up! with us on things from KPK to Saudi Arabia. Grab your coffee. Let’s start.

Sumber gambar: Berita Satu

The first meeting of the day: with KPK new bosses.

Kemarin, DPR RI uda resmi mengesahkan lima calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih untuk periode 2019-2023. Kelima pimpinan KPK ini bakal menggantikan pimpinan yang menjabat sekarang yang jabatannya bakal berakhir bulan Desember nanti.

Awalnya gimana kok mereka bisa kepilih?

Jadi emang seleksi pemilihan pimpinan KPK ini uda digelar sejak bulan Mei, dimulai sama Pak Jokowi yang membentuk panitia seleksi aka pansel yang bertugas melakukan rekrutmen pimpinan KPK baru. Nah, Pansel KPK yang terdiri dari sembilan orang ini kemudian buka open recruitment dan tercatat ada 384 orang yang daftar untuk jadi calon pimpinan KPK. Padahal, kursi yang diperebutkannya cuma ada lima.

Terus…

Nah dari 384 orang itu diseleksi lagi, dari mulai tes psikologi, profile assessment, bikin makalah, wawancara, sampe akhirnya terjaring sepuluh nama. Nah, nama-nama ini kemudian disampaikan sama Pansel ke Presiden Jokowi. At this point, kerjaan Pansel uda beres. Pak Jokowi kemudian nerima nama-nama itu dan mengirimkannya ke DPR untuk di-fit and proper test, which is the veeery last process of the recruitment.

I see…

Minggu lalu, DPR kemudian menggelar fit and proper test sambil sekalian voting lima orang dari sepuluh nama yang lolos ke tahap akhir. Lima nama yang meraih hasil voting terbanyak ini kemudian ditetapkan sebagai calon pimpinan KPK terpilih sama DPR. Proses selanjutnya adalah nama-nama itu dikirim ke Presiden Jokowi untuk disahkan, dan setelah disahkan tinggal dilantik deh. U still with us?

I almost fell back asleep.

Jangan dulu, sebelum kamu kenalan sama kelima calon pimpinan KPK yang baru.

Why should I?

Karena mereka bakal menjabat selama empat tahun ke depan, dan secara KPK sering banget jadi bahan pemberitaan, might as well kamu kenalan sama mereka dari sekarang.

Olrite. Catch Me Up! on their resume.

  • Irjen Firli Bahuri, yang jadi Ketua KPK baru. Irjen Firli ini berasal dari kepolisian dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan dan Deputi Penindakan di KPK. Nama Firli menuai kontroversi karena disebut pernah melanggar kode etik KPK.
  • Alexander Marwata, satu-satunya anggota pimpinan KPK sekarang yang lolos lagi ke periode selanjutnya. Sebelum berkarier di KPK, Pak Alex ini merupakan seorang hakim. Beliau juga pernah kerja selama 24 tahun di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
  • Nurul Ghufron, adalah seorang dosen. Saat ini, dirinya menjabat sebagai Dekan di Fakultas Hukum Universitas Jember.
  • Nawawi Pomolago, adalah seorang hakim karier yang udah jadi hakim selama 30 tahun. Sepanjang kariernya, Nawawi pernah menangani banyak kasus besar kayak kasus korupsinya Luthfi Hasan Ishaaq, Irman Gusman, sampe Patrialis Akbar.
  • Lili Pantauli Siregar, satu-satunya perempuan dengan latar belakang pengacara di formasi pimpinan KPK saat ini. Sebelum daftar KPK, Lili pernah menjabat sebagai wakil ketua LPSK alias Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban.

Great. Look who made it this far. 

Second meeting of the day: With President Jokowi, on Karhutla Riau.

Sumber gambar: Merdeka.com

Alrite, tell me about it.

Tadi malam, Pak Jokowi berangkat ke Pekanbaru, Riau untuk memantau langsung kebakaran hutan yang uda terjadi di sana selama dua bulan terakhir. Dalam kesempatan itu, Pak Jokowi juga meeting sama jajaran pemerintahannya soal penanggulangan karhutla.

Apa aja katanya?

Pak Jokowi bilang, kalo saat ini status Provinsi Riau adalah siaga darurat, karena luas lahan yang terbakar uda mencapai puluhan ribu hektar. Beliau juga menyebutkan bahwa belajar dari tahun-tahun sebelumnya, kalo api udah menyebar di lahan gambut, maka pemadamannya akan susah. Makanya, sebenernya pemadaman api ini harus buru-buru dilakukan walaupun titik api cuma ada satu.

Go on…

Dalam meeting itu juga, Pak Jokowi menyatakan kekesalannya karena jajarannya lalai dalam mencegah terjadinya karhutla. Menurut beliau, sebenernya nggak perlu ada meeting-meeting lagi kalo emang pencegahan dilakukan secara maksimal. Pak Jokowi juga bilang bahwa sebenernya pemerintah pusat maupun daerah punya perangkat yang cukup untuk mencegah karhutla, tapi sayangnya, perangkat ini nggak digunakan dengan baik.

Intense. What else do I need to know?

Pak Jokowi juga menegaskan kalo pelaku pembakaran hutan, baik perorangan atau korporasi harus ditindak dengan tegas. Just fyi, kalo sejauh ini, udah 185 orang dan empat perusahaan yang ditetapkan sebagai tersangka pembakaran hutan di berbagai wilayah di Indonesia.

Who’s jumping higher than you after getting a promotion at work?

Sumber gambar: News Enquire

Harga minyak mentah dunia.

Hari Minggu kemarin, harga minyak mentah dunia naik drastis dari harga asalnya sekitar US$ 50 per barrel jadi menembus US$ 60 per barrel. Menurut expert, harga ini diprediksi bisa naik terus sampe US$ 100 per barrel. Kondisi ini tentunya mengancam pertumbuhan ekonomi global yang lagi lesu gara-gara perang dagang Amerika Serikat vs China.

Kok bisa tiba-tiba harga minyak mentahnya naik drastis begitu

Karena weekend kemarin, salah satu kilang minyak terbesar di dunia punyanya perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco yang terletak di Abqaiq diserang drone yang menyebabkan dua kilangnya terbakar. Akibat dari serangan ini, produksi minyak mentah Aramco menurun sampe setengahnya, atau setara lima persen dari pasokan harian minyak dunia.

Whoa. Dramatic. Who did dis?

Kelompok pemberontak Yaman yang namanya Houthi mengklaim kalo mereka bertanggung jawab atas serangan ini. Tapi Amerika Serikat, sebagai salah satu negara yang kena efek dari kenaikan harga minyak yang ngedadak banget ini nggak percaya. Menurut mereka, foto satelit membuktikan kalo serangan ini justru dateng dari Iran, dan Presiden Trump bilang bahwa Amerika Serikat udah “locked and loaded” (meaning uda siap melancarkan serangan) sambil nunggu hasil investigasi Arab Saudi soal siapa pihak di balik serangan ini. Arab Saudi bilang, mereka masih menginvestigasi.

Kalo kata Iran…

Mereka bete banget dengan tuduhan dari pihak Amerika Serikat. Iran bilang kalo tuduhan Amrik itu “pointless” dan mereka juga ngingetin bahwa pangkalan militer AS yang ada di Timur Tengah itu semuanya ada di jarak tembak rudal Iran loh, meaning…

Understood. Terus sekarang kondisinya gimana?

Arab Saudi sih bilang kalo mereka bakal buru-buru ngebenerin fasilitas kilang minyaknya biar bisa segera beroperasi lagi, tapi belum jelas berapa lama proses perbaikannya. Serangan ini juga terjadi cuma dua bulan sebelum rencana Aramco untuk melantai di lantai bursa saham alias IPO, yang kemungkinan besarnya bakal diundur.

What to say when your relative keeps asking you “kapan nikah”?

Sumber gambar: NY Daily News

Easy peasy.

Jawab aja kalo umurmu belum 19 tahun, yang merupakan batas usia minimal baru untuk perkawinan. Jadi kemarin, selain mengesahkan para calon pimpinan KPK terpilih, DPR RI juga mengesahkan Revisi Undang-Undang Perkawinan yang mengubah usia minimal perkawinan jadi 19 tahun buat both laki-laki dan perempuan. Dalam aturan sebelumnya, batas usia minimal perkawinan untuk perempuan adalah 16 tahun dan laki-laki 19 tahun. Aturan ini kemudian digugat ke Mahkamah Konstitusi karena dianggap diskriminatif. MK kemudian mengabulkan gugatan ini dan voila! Sekarang mau cowok mau cewek, kalau nikah harus udah ulang tahun ke 19 dulu!

“Apa enggak ada gambar lain?”

Kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin yang ngomentarin soal cover majalah Tempo edisi minggu ini. Dalam sampulnya, majalah Tempo menampilkan wajah Pak Jokowi dengan bayangan Pinokio berhidung panjang di belakangnya dan dengan judul “Janji tinggal janji”. Sampul ini kemudian jadi kontroversi karena dinilai menghina presiden sebagai simbol negara. In Tempo’s defense, majalah yang terbit tiap Senin itu nggak maksud untuk menghina presiden, karena Pinokio yang tergambar adalah bayangannya aja.

Everybody chilllll, it’s only Tuesday.