Investasi di Indonesia, KPU, Kekerasan di Papua, Badai Dorian

83

It’s Thursday and Pak Jokowi been feeling unhappy about the investment for a thousand times this year. Find out why.


Gambar: repelita

Why?
Jadi, Pak Presiden yang bentar lagi bakal dilantik untuk jadi presiden yang kedua kalinya itu kemarin menyampaikan kekesalannya gara-gara banyak investor asing yang lebih milih untuk invest di negara tetangga daripada di kita. Kekesalan ini disampaikan Pak Jokowi pas rapat terbatas soal ekonomi di kantor kepresidenan, Istana Negara, Jakarta.

Some background, please? 
Got it. Jadi pas rapat terbatas kemarin, Pak Jokowi bilang kalo menurut catatan Bank Dunia, dalam 2 bulan terakhir ini ada 33 perusahaan yang pindah dari China ke negara lain. Sayangnya, nggak satupun dari perusahaan-perusahaan itu yang pindah ke Indonesia. Pak Jokowi merinci, bahwa dari 33 perusahaan itu, 23 pindah ke Vietnam, dan 10 sisanya pindah ke beberapa negara tetangga lain kayak Malaysia Thailand, dan Kamboja.

So Pak Jokowi was like… kok nggak ada satupun yang pindah ke kitaaaa?
Exactly. 

And whyy?
100 persen bener kalo kamu nebak jawabannya ada di perizinan yang ribet. Menurut Pak Jokowi, sebenernya masalahnya ada di perizinan kita, yang proses penerbitannya bisa bertahun-tahun, sedangkan di Vietnam, perizinan itu bisa selesai dalam 2 bulan. Pak Jokowi kemudian minta para menterinya untuk mempermudah lagi proses perizinan investasi di Indonesia.

Perizinannya ada berapa lapis? Ratusaaan…
Menurut Menko Perekonomian Pak Darmin Nasution, ya emang sih perizinan di kita masih banyak banget, bahkan nyampe angka ratusan (seriouslyyyy?) makanya, dalam satu atau dua bulan ke depan ini pemerintah bakal fokus untuk memangkas aturan perizinan yang uda ada. Olrite, please do.


What to say when your coworkers missed the deadline to submit their reports?

Gambar: media indonesia

“You can’t sit with us (during the inauguration)”.
Kira-kira begitu kata Komisi Pemilihan Umum aka KPU buat para calon anggota DPR terpilih yang belom ngelaporin harta kekayaannya aka LHKPN. Jadi gini loh, secara dipilih sama rakyat, maka dalam peraturannya, KPU mengatur bahwa biar bisa dilantik, para calon legislator ini harus ngelaporin jumlah harta kekayaannya ke KPU.

Kalo enggak…
Kalo enggak, maka pelantikan mereka bisa ditunda. Menurut KPU, para caleg ini masih punya waktu sampe 7 September mendatang untuk ngelaporin jumlah harta kekayaannya. Kalo sampe batas waktu itu mereka belum laporan juga, maka para caleg ini terancam ga bisa ikut dilantik di DPR pada 1 Oktober mendatang.

Emang ada berapa orang lagi caleg yang belum laporan kekayaan? 
Dari total 575 calon anggota DPR RI yang uda fix kepilih, KPU mencatat senggaknya ada 21 orang caleg yang belum ngelaporin harta kekayaannya. Komposisinya adalah 12 orang kader Gerindra, lima orang dari PDIP, tiga orang dari Partai Demokrat, satu orang dari Partai NasDem, dan satu orang dari PKB.

Who’s saying “In my defense….”
Fadli Zon. Menurut Pak Fadli yang namanya ada di list caleg terpilih yang belom laporin LHKPN, banyak emang anggota DPR yang belum laporan LHKPN karena sibuk kampanye di daerah. Selain Fadli, nama lain yang ada di list tersebut adalah Rachel Maryam, Krisdayanti, sampe Dede Yusuf.

Who’s cancelling their appointment with the MUA for October 1st?


Who’s having an opinion on Papua?

Gambar: south china morning post

The United Nations aka PBB.
Kemarin, Ketua Komisaris Tinggi PBB untuk HAM Michelle Bachelet dalam keterangannya bilang bahwa dia mengaku terganggu dengan meningkatnya kekerasan di Papua dan Papua Barat dalam dua minggu terakhir ini.

Thatzzit?
No. Bachelet juga bilang bahwa sebagai negara yang demokratis dan beragam, harusnya enggak ada kekerasan kayak kejadian di Papua itu di Indonesia. Selain itu, perempuan yang pernah menjabat sebagai presiden di negara asalnya, Chile itu juga mendorong pihak berwenang untuk berdialog sama rakyat Papua dan Papua Barat terkait dengan aspirasi dan keprihatinan mereka.

Does she knows that the internet also off in Papua? 
She does. Makanya, Bachelet juga minta pemerintah untuk segera nyalain lagi internet di Papua, karena kalo internetnya terganggu, hal itu justru bisa berpotensi memperburuk keadaan.


The hurricane that makes people worry…

Gambar: abcnews

Badai Dorian.
Hari Selasa kemarin, badai Dorian menghantam kepulauan Bahama dan menyebabkan tujuh orang tewas. Badai yang disebut sebagai bencana terbesar yang pernah melanda negara itu juga menyebabkan tanah longsor dan senggaknya 13 ribu orang kehilangan tempat tinggal karena diterjang badai. Terkait bencana ini, pemerintah setempat uda menutup tempat wisata dan meminta warganya untuk ngungsi ke tempat yang lebih aman.

Badai yang ketinggiannya mencapai 5-7 meter itu diperkirakan bakal nyampe juga ke beberapa wilayah di Amerika Serikat, khususnya Florida, Georgia dan South Carolina. Sebagai antisipasi, pemerintah di ketiga negara bagian tadi uda minta warganya untuk mengungsi ke lokasi yang lebih aman dan yang diperkirakan nggak masuk ke jalur badai.