PDIP, Water Stress, Sistem Ganjil-Genap, Pizza

64

It’s still Thursday but PDIP is having an early get-together in Bali. Hit that keyboards and tell us you’re not jealous.


 

Gambar: pdiperjuangan.id

Partai pimpinannya Ibu Megawati Soekarnoputri itu pada hari ini menggelar acara kumpul-kumpul serius aka kongres di Bali.

What about it?
Nah, dalam kongres ini, PDIP ngadain kumpul-kumpul sama kadernya dari seluruh Indonesia selama tiga hari, untuk menggelar banyak kegiatan, mulai dari hepi-hepi perayaan malam budaya, pembukaan kongres, meetings-meetings-meetings– dan… pemilihan ketua umum.

Meaning… Ibu Mega bakal diganti?
Ga juga sih. Walaupun ada agenda kegiatan pemilihan ketua umum, tapi para kader PDIP dari seluruh Indonesia kompakan untuk meminta Bu Mega jadi Ketua Umum PDIP lagi. Mega udah lama menjabat di posisi itu, yaitu sejak tahun 1999.

Plot. Twist.
Ketua umum dari partai oposisi (read: lawannya PDIP yang sekarang lagi ada di pemerintahan) Gerindra, yakni Pak Prabowo Subianto dijadwalkan bakal hadir di acara Kongres PDIP ini. Abis mam nasi goreng bareng beberapa waktu lalu, Pak Prabowo uda confirm bakal hadir di pembukaan kongres yang bakal digelar hari ini.

Catch Me Up! on Kongres PDIP.
Selain bakal dihadiri Pak Prabowo, kongres ini bakal dibuka juga sama Pak Jokowi, dan mengundang banyak tokoh nasional lain kayak Pak JK, Kiai Ma’ruf Amin dan ketua umum partai-partai yang kemarin ikutan pemilu 2019. Kongres ini juga bakal bebas plastik dan ditutup dengan penyerahan hewan qurban dan salat Idul Adha bersama. Which part is the fun part?


What’s one thing that’s disappearing around the world?

Gambar: bisnis.com

Water.
Yep, you read it right. Hasil penelitian terbaru dari lembaga penelitian non-profit WRI menunjukkan bahwa ada seenggaknya 17 negara, yang ditinggali oleh 25% dari total populasi dunia yang sedang mengalami water stress.

I thought stress only related to Monday.
And some other things. Water stress sendiri adalah kondisi di mana masyarakat mengalami kekurangan air di bawah standar yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh global warming, bertambahnya populasi, urbanisasi, industrialisasi, sedangkan sumber airnya nggak bertambah.

I’m feeling “ouch”, but go on.
Beberapa negara yang mengalami “extremely high” water stress adalah negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara, kayak Qatar, Lebanon, Israel, Iran, Jordan sampe Libya. Menurut WRI, kondisi water stress ini mengancam banget, karena bisa menyebabkan ketidaktersediaan makanan, konflik, sampai kondisi keuangan yang nggak stabil.

Words to learn today: Day Zero.
Day zero
adalah kondisi hitung mundur (three, two, one, zero! no water left!) di beberapa tempat yang bakal mengalami kekeringan air yang bener-bener kerannya ga akan ngeluarin air, like, completely. Beberapa kota yang terancam dengan day zero ini adalah Sao Paolo di Brazil, Cape Town di Afrika Selatan sampai Chennai di India.

The good news.
Beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi water stress ini adalah recycling air yang udah kepake dan nampung air hujan.


What to say when you are too lazy to drive for your friend’s poetry night?

Gambar: rappler.com

Mobil gue kena ganjil genap, nih. Hehehehe. 

Kemarin, pemerintah DKI Jakarta udah memutuskan untuk memperluas sistem ganjil genap di sejumlah wilayah Jakarta untuk kendaraan roda empat aka mobil. Perluasan sistem ganjil genap ini bakal disosialisasikan selama satu bulan yaitu sejak 7 Agustus – 8 September dan bakal langsung berlaku besoknya, tanggal 9 September. Sistem baru ini bakal berlaku mulai dari Senin sampai Jumat kecuali hari libur, mulai dari pagi jam 06.00-10.00 dan sore jam 16.00-21.00 WIB.

Cek apakah daerah rumahmu kena perluasan ganjil genap, di sini.

Kalo kamu males beli mobil dua buat ngakalin sistem ganjil genap, here’s the alternative: pake mobil listrik, mobil pemadam kebakaran, angkutan umum yang plate-nya kuning, atau pake mobil punyanya pejabat negara, TNI dan Polri. Kata pemerintah, mobil-mobil ini ga akan terpengaruh sistem ganjil genap. We opt for pejabat negara ktksbye.


When you think eating pizza will makes you feel better after a break up…

Gambar: CNN Indonesia

Cuma break up-nya Inggris dari Uni Eropa (read: Brexit) justru mengancam keberadaan pizza di negerinya Ratu Elizabeth itu. Hal ini karena hampir semua bahan-bahan untuk bikin pizza dibeli dari negara lain, dan kemungkinan Brexit untuk keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan diprediksi bakal bikin jalur distribusi bahan mentah untuk bikin pizza jadi terganggu. Untuk jaga-jaga, pizza Domino’s udah belanja stok senilai USD8,5 juta yang terdiri dari daging-dagingan, saus tomat, sampe nanas untuk memastikan pasokan bahan-bahannya aman pasca Brexit.

We vote for pinexit. No pineapple on pizza should be allowed. U with us?