Meeting G7, Mobil Dinas Baru, Amien Rais, Album Taylor Swift

83

It’s Monday. Let’s start your week with some update from France while you’re having french toast for breakfast…


Gambar: Aljazeera
A to Z on G7.
Sepanjang weekend kemarin, kepala negara dari G7 aka Group of Seven ngadain meeting tahunan di Biarritz, Prancis. If you need some background, tujuh negara itu adalah Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Inggris.

Sounds like the “rich kids group”
It is. Ketujuh negara tadi disebut sebagai negara-negara dengan ekonomi dan industri yang paling kuat di dunia. Nah, dalam pertemuan kamarin, para kepala negara bahas berbagai hal mulai dari Rusia, Brexit, perang dagang antara AS dan China, tarif dagang, sampe kebakaran hutan Amazon.

Break it down. 
Wait, before we get there, here’s some refresher from the summit last year: Tahun lalu, Presiden AS Donald Trump walkout alias cabut duluan dari meeting G7 sebagai bentuk protesnya atas pembahasan soal climate change. Waktu itu, Trump juga menolak untuk nandatanganin pernyataan bersama (disebut communiqué) yang biasanya dibuat oleh para kepala negara untuk menutup meeting G7 tersebut. Nah, takut hal yang sama keulang lagi, Presiden Prancis Emmanuel Macron bilang kalo tahun ini, ada kemungkinan para kepala negara nggak bikin communiqué. Belajar dari pengalaman, sis.

I want to talk about G7 during my lunch break today. Catch Me Up!

  • Rusia. Abis cabs duluan tahun lalu, Donald Trump akhirnya ikutan meeting lagi tahun ini. Dalam keterangannya, Trump bilang salah satu isu yang bakal dia bahas adalah soal dukungannya biar Rusia bisa join lagi di geng G7, setelah sebelumnya di tahun 2014, Rusia di-kick dari grup tersebut karena pendudukan militernya atas Ukraina. Terkait hal ini, anggota G7 lain was like “nope, we’re not inviting em’ back”  and so nama grup wa-nya teteup G7, gajadi balik lagi ke G8…
  • Perang dagang Amerika Serikat dan China. Perdana Menteri Inggris, yang pertama kali ini ikutan meeting G7 Boris Johnson bilang kalo dia bakal ngobrol sama Trump untuk buru-buru udahan perang dagang sama China. Menurut Johnson, perang tarif yang terjadi saat ini bikin ekonomi global makin melemah.
  • Mengurangi ketimpangan ekonomi dunia. Kata Presiden Prancis Emmanuel Macron, meeting tahun ini juga bakal bahas soal upaya untuk mengurangi ketimpangan ekonomi. Karenanya, beliau juga ngundang para kepala negara dari Australia, Mesir, India, dan beberapa negara Afrika untuk ikut hadir di meeting G7. To give you context, kalo kekayaan penduduk dari ketujuh negara tadi digabung, maka jumlahnya bakal mencapai lebih dari setengahnya kekayaan global. WOW.
  • Brexit. Karena uda fix banget bakal cabs dari Uni Eropa di bulan Oktober mendatang, Inggris bakal lebih tergantung ke Amerika Serikat. Karenanya, pada meeting kali ini, interaksi antara Perdana Menteri Inggris yang baru, Boris Johnson sama Presiden AS Donald Trump bakal mendapat perhatian khusus.
Anything else? 
Kebakaran hutan Amazon. Minggu lalu, Macron nge-twit soal kebakaran hutan Amazon yang disebutnya sebagai krisis internasional, and he was like “para pemimpin G7, kita bahas soal ini yuk pas nanti meeting!” Twit ini kemudian di-reply sama Presiden Brazil Jair Bolsanaro dengan bilang kalo ajakan Macron buat bahas soal Amazon tanpa ada partisipasi dari negara tempat hutannya berada adalah “cara berpikir ala kolonial yang salah tempat”. Twit ini dibalas lagi sama Presiden Kanada, Justin Trudeau yang bilang kalo dia setuju sama Macron. Intense, intenseee…

Finally, 
Meeting ini juga diwarnai oleh aksi protes dari ribuan demonstran yang minta para kepala negara untuk  lebih bertanggungjawab atas berbagai isu-isu saat ini kayak lingkungan, ekonomi yang makin timpang, hak-hak LGBT, sampai hak kemerdekaan Palestina. Untuk mengamankan jalannya meeting ini Perancis nurunin 13 ribu personil polisinya.

Bien, merci, au revoir.


Who’s finally make an “I choose you” moment?

Pak Jokowi.
Bukan, bukan pilihan soal calon menterinya, tapi soal mobil barunya. Minggu lalu, Kemensesneg akhirnya ngumumin kalo pilihan atas mobil dinas barunya Pak Jokowi jatuh ke Mercedez Bens S 600 Guard. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya, ada dua vendor yang nawarin mobil untuk dipake di periode kedua pak Pak Jokowi, yaitu BMW dan Mercedes Benz.

I would like to get a new car too…
Well, do you think you need one? Karena kalo Pak Jokowi, emang mobil dinasnya yang sekarang ini udah tua dan sering mogok. Hal ini karena mobil yang juga keluaran Mercedes Benz itu udah dipake selama 12 tahun, sejak masih jaman Pak SBY.

Why this car? 
Well, ada beberapa pertimbangan kenapa mobil ini yang dipilih, tapi yang pasti dan paling penting adalah faktor keamanan. Mobil Mercedes Benz S600 Guard barunya Pak Jokowi ini merupakan mobil dengan tingkat perlindungan keamanan yang tertinggi untuk kendaraan non-militer.

 


Who’s more confused in making a move other than you at the first day of work?

Gambar: riaumandiri.id

Partai Amanat Nasional aka PAN.
PAN masih berubah-ubah soal pilihannya mau gabung ke pemerintahannya Jokowi apa enggak. Seperti yang kamu udah tau, pas pilpres kemarin, PAN dukung pasangan Prabowo-Sandi. Namun pasca pilpres dan MK ngumumin bahwa Jokowi-Ma’ruf adalah pemenang pilpres, PAN udah mulai sering terdengar bakal nyebrang ke koalisi pemerintah.

I heard this a lot. Anything new?
Nah, Jumat lalu, politisi senior PAN, Pak Amien Rais bilang kalo kata ketua umumnya, yaitu Pak Zulkifli Hasan, PAN nggak akan pindah ke koalisi pemerintahan. Pak Amien bilang kalo info itu bikin dia lega dan sebagai oposisi, dia udah siap untuk ngasih kritik dan masukan buat pemerintah.

Plot twist.
Tapi ternyata, ketika dikonfirmasi ke Pak Zul, beliau bilang kalo omongan Pak Amien nggak berarti apa-apa dan bahwa partainya uda memutuskan untuk mendukung Jokowi-Maruf. Pak Zul bahkan bilang bahwa dia mendukung pemerintah tanpa syarat, ga dikasih jatah menteri juga gpp deh.

Lesson learned: invite anyone to the family group chat so no one got their information mixed up…


What to listen to when you are in love (other than your friends telling you you’re a little crazy…)

Gambar: standard.co.uk

Album barunya Taylor Swift, Lover.
Jumat minggu lalu, Taylor Swift secara resmi meluncurkan album barunya,Lover, yang terdiri dari 18 lagu. Album ini merupakan album ketujuh yang dirilis Taylor setelah pas tahun 2017 lalu, dia juga merilis album Reputation. Kayak album-albumnya yang lain, Lover juga banyak bahas soal cinta. Bahkan pas ngumumin soal album ini di Twitter, Taylor cerita bahwa Lover adalah album yang merayakan cinta dan semua efeknya, kayak galau, nyaman, sampe bikin ribut. Familiar?

Listen to Taytay’s Lover here, if you think you can handle a little emotional rollercoaster in this beautiful Monday morning (Trust us, we’ve tried).