Kebakaran Hutan Indonesia, Sidang Tahunan MPR, Menteri Paling Populer, Great Sale

80

Friday is Viz-day. Catch Up with all things fire and three speeches to get you through the weekend…


Fire, fire! 

Kayak iuran tahunan di lingkungan kamu yang suka tiba-tiba muncul tagihannya tapi nggak jelas buat apa, begitu juga kebakaran hutan yang terjadi hampir tiap tahun di Indonesia. Tahun ini, titik api meningkat dibanding tahun lalu, dan asapnya udah menyebar sampe ke Singapura dan Malaysia. Check out the dataviz below and impress everyone on tomorrow’s brunch with your new title: fire expert. 


What’s the one thing you don’t want to miss today?

Gambar: tirto.id

Yes, those party for tonight, but also:

Sidang tahunan MPR.
Hari ini, seluruh jajaran pemerintahan mulai dari presiden, wapres sampe seluruh ketua lembaga negara bakal kumpul di gedung DPR RI Senayan untuk ikutan sidang tahunan MPR. Sidang ini emang tiap tahunnya dilaksanakan sehari sebelum 17-an.

Olrite. Why do I want to know this?
Karena dalam sidang ini, Pak Jokowi bakal tiga kali pidato sekaligus dalam satu hari. Pidato pertama adalah jam 8:30 pagi yang bakal berisi laporan kerjaan pemerintah, pidato kedua adalah jam 10:40 pagi yang bakal diisi sama pidato Pak Jokowi soal perayaan hari 17 Agustus, dan terakhir ada lagi sidang jam 14.00 siang yang bakal bahas soal duit dan budgeting buat tahun depan, aka APBN 2020. Kamu mau nonton yang mana?

Can’t decide. Anything else interesting? 
Yes.

  • Ada kemungkinan Pak Jokowi bakal ngumumin soal kepastian lokasi ibu kota baru pas sidang ini. Jeng jeeeeng….
  • Mantan pesaingnya Pak Jokowi pas Pilpres kemarin, Pak Prabowo Subianto dipastikan nggak akan hadir pas sidang ini. Sebagai gantinya, Pak Sandiaga Uno yang akan datang.
  • Untuk memastikan keamanan acara ini, Polda Metro Jaya bakal nurunin 7.500 personil untuk menjaga kompleks parlemen. We can also expect some demonstration dari kelompok buruh yang rencananya bakal dilakukan hari ini di depan gedung DPR.
  • Kalo kamu PNS, maka kamu diimbau Pak Kemendagri untuk jangan sampe nggak nonton pidatonya Pak Jokowi hari ini. Hal ini adalah biar kamu bisa nyebarin informasi soal isi pidato tersebut ke masyarakat di daerahmu.
Ok I called my PNS friends to watch and I’d go back to zzzz.

 


For when you have 587 friends on Facebook and already feeling famous…

Gambar: kompas.com

Wait until you meet Bu Sri Mulyani.

What about her?
Ibu Kemenkeu kita ini dinobatkan sebagai menteri yang paling populer aka paling sering diomongin di Facebook. Data penelitian menunjukkan bahwa dalam bulan Juli kemaren aja, nama Ibu Ani disebut sebanyak 6.152 kali oleh para netijen.

Do we have winner number 2 and 3?
Ada dong. Setelah Ibu Ani, menteri yang paling sering dibahas kedua adalah Pak Menteri Agama Lukman Hakim yang dikomenin sebanyak 4.847 kali, dan di tempat ketiga ada Pak Menko Maritim Luhut Pandjaitan (iya, yang kamu sering liat bareng Pak Jokowi itu) yang disebut 4.494 kali.

Terus, topik yang paling sering dibahas apa aja?
Kalo Bu Ani ya soal duit-duitan lah, kayak gaji PNS, THR, sampe utang negara. Kalo Pak Lukman soal haji dan isu korupsi di Kemenag, sedangkan kalo Pak Luhut soal gesture politiknya selama dan pasca pilpres. Selain ketiganya, menteri lain yang populer juga ada Pak Wiranto, Bu Susi dan Pak Imam Nahrowi.


Ketika kamu udah keseringan denger kata “Make America Great Again”

Gambar: visitmonaco.com

This one might sounds more interesting for you: Indonesia Great Sale.
Sebagai bagian dari perayaan 17-an yang bakal jatuh pada weekend ini, beberapa mal di Jakarta menggelar acara diskon gede-gedean hingga mencapai 74 persen. Diskon ini ga hanya berlaku di jam reguler biasa, tapi juga ada midnight sale, buat kamu yang mau belanja malem-malam.

We read your mind. Weekend ini belum gajian, kan? 
Gak perlu khawatir, karena ada beberapa mal yang memperpanjang masa Indonesia Great Sale-nya sampe minggu depannya lagi aka tanggal 25 Agustus. Nah, kalo kamu emang mau cusss berfoya-foya, we won’t judge. Go ahead tapi cek dulu daftar mal yang sebar-sebar diskonan di sini!

You’re welcome.