Ibu Kota Baru, Sektor Ekonomi Hong Kong, Pemblokiran Internet, Leonard DiCaprio

62

All my bags are packed I am ready to go… to Kutai Kertanegara and Penajam Paser Utara. Izit really this long? 


Gambar: kompas.com

Yes, get used to it. 

Olrite, so…whaddap?
Akhirnyaaaaa setelah lumayan lama kita tebak-tebakan soal lokasi ibu kota yang baru (yes, bye Jakarta!) Pak Jokowi pada Hari Senin kemarin akhirnya ngumumin bahwa ibu kota baru itu bakal terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara. Now go packing.

Hold on. I wanna know some background. 
Baiklah. Jadi kemarin, Presiden Jokowi ngumumin bahwa setelah melalui berbagai penelitian dan kajian selama tiga tahun, pemerintah akhirnya mutusin bahwa ibu kota baru Indonesia bakal pindah ke dua kabupaten tadi. Alasannya, karena Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara ini lokasinya relatif aman, dan enggak terlalu beresiko kena bencana alam kayak banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi sampe tanah longsor.

Go on…
Selain karena relatif aman dari bencana, kedua wilayah tadi juga kalo menurut Pak Jokowi OK banget karena lokasinya deketan sama kota lain yang udah berkembang, kayak Samarinda dan Balikpapan. Selain itu, jarak keduanya juga lumayan deket, yaitu 893 kilometer aja.

Emang kenapa kita harus pindah sih? 
Kata Pak Jokowi, perpindahan ibu kota ini emang udah mendesak karena beban Jakarta dan Pulau Jawa uda semakin berat, terutama dalam hal kepadatan penduduk, kemacetan lalu lintas dan kerusakan udara yang udah terlanjur parah.

Terus Jakarta gimana? 
Ya nggak usah khawatir kalo kamu uda nyicil KPR 20 tahun di Jakarta, karena Jakarta bakal tetep jadi dikembangin jadi kota bisnis, keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa berskala regional dan global, whatever that means.

Tak kenal maka tak sayang. Yuk, kenalan!
Kutai Kertanegara:
Kabupaten tajir yang terkenal dengan penghasilan minyak dan gasnya yang melimpah. Kalo kamu mau main ke Kukar, tempat wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Tugu Equator yang lokasinya persis di garis Katulistiwa, jadi kalo matahari lagi tepat di atasnya, bayangan tugunya nggak bakal keliatan. WOW kan?

Penajam Paser Utara: Kabupaten ini juga tajir karena kandungannya migasnya melimpah. Selain itu, karena lokasinya deket pesisir dan berbatasan langsung sama Selat Makassar, maka kabupaten ini punya makanan khas yang terbuat dari seafood kayak abon kepiting dan amplang.

We’re down for some seafood feast. Brb.


Who’s hurting from the on-going crisis in Hong Kong?

The economy.
Yes, aksi demonstrasi yang enggak selesai-selesai di Hong Kong akhirnya ngefek juga ke ekonomi kota yang merupakan pusat perdagangan dan bisnis terpenting di Asia itu. Nggak tanggung-tanggung, hampir semua sektor ekonomi di Hong Kong lumpuh karena aksi demonstrasi yang udah tiga bulan jalan itu.

Ouch. Can you tell me how bad? 
You got it. Salah satu sektor yang paling kena efek adalah perbankan. Sejak demonstrasi terjadi, bank-bank di Hong Kong mengalami penurunan pendapatan sampe di angka 75%. Wisatawan yang datang ke Hong Kong juga menurun drastis, dan bisnis retail juga pendapatannya turun sampe 30%. Dengan performa ekonomi kayak begini, maka diperkirakan ekonomi Hong Kong cuma bakal tumbuh negatif, dari 0% ke -1%.

Well, does the government says anything? 
Pemimpin Hong Kong Carrie Lam sih udah beberapa kali ngingetin warganya bahwa demo ini bakal merugikan ekonomi. Tapi so far, beliau menolak untuk mengabulkan permintaan pendemo untuk mencabut RUU Ekstradisi sehingga aksi demo-nya pun jalan terus.

Anything else?
Sebagai upayanya untuk menyelamatkan ekonomi, pertengahan bulan ini, Lam kemudian ngumumin kalo pemerintah bakal memberikan dana senilai US$ 2,4 miliar buat subsidi pendidikan sampe pinjaman modal untuk usaha kecil, tapi ya usaha ini belum tentu efektif juga, karena kalo kondisi politiknya kayak sekarang, perusahaan dan konsumen juga nggak minat belanja, gitu kalo kata para ahli.


For when the internet is disconnected way too long…

Gambar: oketechno

Di Papua.
Sejak Hari Rabu Minggu lalu, akses internet di Papua dan Papua Barat diblokir sama Kemenkominfo. Alasannya, untuk mempercepat pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut pasca terjadinya aksi massa minggu lalu di beberapa wilayah di Papua.

But isn’t it a week ago? 
Yep, tapi Menteri Kominfo Rudiantara sampe hari ini masih belum buka akses internet di kedua provinsi tersebut, dan dia juga ga tau pemblokirannya bakal berlangsung sampe kapan. Alasannya, menurut Pak Menteri, adalah karena masih banyak hoax yang berseliweran di jagat medsos, terutama Twitter. 

I won’t be happy if my internet goes off for a week. 
Gubernur Papua, Pak Lukas Enembe juga. Beliau bilang bahwa uda banyak keluhan dari masyarakat karena nggak bisa internetan. Selain itu, terkait suasana di Papua, Pak Lukas bilang kalo kondisi di beberapa wilayah Papua udah kondusif, makanya beliau minta biar akses internetnya dibuka lagi.

Who else that doesn’t happy with this?
Sekitar 12 ribu orang lebih yang ikut nandatanganin petisi yang menuntut pemerintah untuk nyalain lagi internet di Papua. Menurut SAFEnet selaku kelompok masyarakat yang memulai petisi tersebut, pemblokiran internet di Papua ini melanggar banyak hal, kayak hak digital dan hak warga negara untuk bisa ngakses informasi.

If this issue concerns you, sign the petition here.


Who’s trying to save the Amazon rainforest after he saved Rose?

Gambar: asiaone.com

Jack Dowson, aka Leonardo DiCaprio.
Aktor yang juga terkenal environmentalist itu rencananya bakal nyumbang dana sebesar USD 5 Juta untuk upaya pemadaman api di hutan Amazon. Lewat update-an di akun Instagramnya, Leonardo bilang bahwa dana yang bakal disalurkan lewat Amazon Forest Fund yang juga didirikannya itu bakal dipake buat menyelamatkan suku pedalaman yang tinggal di dalam hutan dan melindungi hutan Amazon dari lalapan api.

With the power of social media…
Selain Leo, ada juga beberapa selebriti lain yang posting di IG-nya soal karhutla di Amazon, kayak Madonna, Jaden Smith, sampe model Cara Delevigne. Di sisi lain, petisi yang mendorong PBB dan Uni Eropa untuk menjatuhkan sanksi ke Brazil karena telat mengambil tindakan dalam upaya pemadaman api di Amazon juga udah ditandatangani oleh 108,000 orang.

We’ll just sit here and enjoy Leo’s perfect hairline for a sec.