Are you the one that i’ve been looking for?

852

Weekend is around the corner and Pak Jokowi is thiiiiiiiiis close on announcing his new cabinet.

Sumber gambar: minews

R U excited?

Kemarin, Pak Jokowi akhirnya ngasih banyak bocoran soal calon pembantunya aka para calon menteri buat pemerintahannya di periode kedua. Emang sih, nama-nama fix-nya belum diumumin, tapi beliau udah ngasih banyak bocoran soal komposisi kabinet barunya nanti. Pak Jokowi bilang, ngumumin kabinet gak harus nunggu pelantikan di bulan Oktober, kok, so it could be aaaaanytime at this point.

Catch Me Up! on Jokowi’s cabinet while I’m waiting for my coffee.

You got it. Pak Jokowi bilang kalo dia udah punya 34 nama calon menteri yang udah fix bakal menjabat di periode mendatang. Beliau bilang, walaupun jumlah menteri nanti masih sama kayak periode sekarang yakni 34, namun bakalan ada beberapa kementerian yang digabung, dan kementerian baru. Kementerian baru yang bakal muncul adalah kementerian di bidang investasi yang bakal ngurusin bidang digital dan kreatif.

Terus apa lagi?

Para menteri ini bakalan lebih banyak yang berlatarbelakang profesional dibanding kader parpol, dengan komposisi 55:45Surprise not surprise, kursi jaksa agung di periode ini dipastikan nggak akan dijabat oleh orang yang berasal dari parpol. FYI aja, Jaksa Agung yang sekarang menjabat adalah Pak Prasetyo, mantan politisi Nasdem.

Why should I know this?

Because this is the part that will gets you checking your phone: calon menterinya ada yang berusia di bawah 30 tahunHint: bukan kader parpol. Another hint: dari kalangan profesional. Last hint: punya kemampuan menejerial yang kuat.

There you go. Pick up those unnamed calls you’ve been missing. Could’ve been Pak Jokowi calling…

The thing you’ve been hearing way too often…

Sumber gambar: NY Times

Hongkong crisis.

OMG yes. Tell. Me. Everything.

This is why we’re friends.

Jadi, krisis di Hongkong udah berlangsung selama sepuluh minggu yang berisi protes, unjuk rasa anti pemerintah, demonstrasi, kerusuhan, sampe pendudukan tempat-tempat penting di Hong Kong kayak gedung pemerintahan dan bandara.

Background, please.

Jadi gini. Di tahun 1997, Hong Kong yang baru merdeka dari jajahan Inggris “dikembalikan” ke China dengan syarat kalo mereka punya status khusus yang beda dengan wilayah lainnya di China. Status khususnya itu namanya “one country, two system”, di mana Hong Kong punya hukum, keuangan sampe pemerintahannya sendiri, sedangkan China cuma bakal ngurusin urusan pertahanan dan kebijakan luar negerinya. Nah, sistem ini berlaku selama 50 tahun, meaning baru akan berakhir di tahun 2047.

What will happen after 2047?

Belum jelas bakal gimana nasib Hong Kong pas status khusus itu berakhir, tapi yang pasti, saat ini Hong Kong menganut sistem yang lebih demokratis dibanding China. Dalam UUD-nya, Hong Kong bilang kalo sistem sosialis China ga akan diberlakukan di Hong Kong dan sistem kapitalis wajib berlaku dan nggak boleh diganti…. selama 50 tahun.

Alrite. Tell me more about the crisis.

Di awal tahun ini, pemerintahan Hong Kong memperkenalkan Rancangan Undang-Undang Ekstradisi yang kalo berlaku, maka Hong Kong bakal wajib “ngebalikin” tersangka kriminal asal China yang tinggal di Hong Kong dan sebaliknya. Para aktivis pro-demokrasi di Hong Kong menilai kalo RUU ini bakal digunakan untuk nangkep-nangkepin para musuh politik China (read: kelompok oposisi, aktivis HAM, kelompok pro-demokrasi) yang tinggal di Hong Kong, sekaligus jadi alat buat China untuk memperbesar pengaruhnya wilayah itu.

I’m reading…

People in Hong Kong was like “we don’t want this bill!” dan mereka turun ke jalan untuk protes. Akhirnya, rancangan undang-undang ini gajadi dibahas dan pemimpin Hong Kong, namanya Carrie Lam bilang bahwa undang-undangnya udah “mati”, meski nggak dibatalkan (meaning ada kemungkinan RUU Ekstradisi ini bakal dibahas lagi). Nah, hal inilah yang bikin para demonstran masih lanjut menggelar protes dan dihadapkan dengan aksi polisi yang dinilai berlebihan (read: penembakan gas air mata dalam jarak dekat dan penangkapan para demonstran)

Jadi apa aja tuntutan para demostran?

  • Pembatalan total atas pembahasan RUU Ekstradisi.
  • Pemerintah nggak boleh pake kata “riot” kalo mau ngomongin soal aksi protes.
  • Pembebasan tanpa syarat atas para demonstran yang ditangkepin polisi.
  • Penilaian secara independen atas tindakan polisi terhadap para demonstran.
  • Pemberlakuan hak pilih (read: Carrie Lam turun dari jabatannya).

How are the gov’t holding up?

Ibu Lam minta para warganya untuk tenaang dan bilang bahwa aksi polisi dalam menghadapi para demonstran adalah karena emang situasinya yang lagi sulit. Di sisi lain, China bilang kalo para demonstran “minta dihancurkan” sambil ngasih tunjuk video para personil militernya yang lagi latihan di wilayah perbatasan China-Hong Kong.
*Nervous breathing*

Who’s sending the SOS signal to the government?

Sumber gambar: CNN Indonesia

Industri tekstil tanah air.

Kalo kamu suka dapet bahan kain dari temenmu yang mau nikah, kamu perlu tahu bahwa industri tekstil di tanah air lagi lesu banget. Saking lesunya, udah ada 36 ribu karyawan yang terpaksa dirumahkan oleh pabrik tekstil tempat mereka bekerja.

Whyyyyy?

Karena barang produksi tekstil mereka yang nggak terjual, sehingga proses produksi ga bisa berjalan lancar. Hal ini juga nggak lain karena banyaknya produk tekstil impor asal China yang jauh lebih murah yang membanjiri pasar Indonesia.

I see. And they sending SOS signal to the government by how?

By asking them untuk nyetop dulu izin masuknya produk-produk tekstil dari luar negeri ke tanah air. Pemerintah juga diingetin bahwa ada sekitar 3 juta karyawan di industri tekstil dalam negeri yang harus diselamatkan.

And the government says…

Menteri Perindustrian Pak Airlangga Hartarto mengakui kalo emang kita kebanyakan impor bahan tekstil dari luar negeri. Karenanya, pemerintah bakal me-review lagi aturan-aturan soal impor tekstil dan meningkatkan jumlah ekspor.

Who’s feeling hopeful about the future of our world?

Sumber gambar

The medical community.

Kabar gembira datang dari dunia kedokteran yang baru aja nemuin obat untuk dua penyakit yang mengancam nyawa, ebola dan kanker.

Ebola adalah penyakit yang mematikan dan gampang banget menular. Penyakit ini ditularkan oleh kalelawar atau monyet, dan gejalanya dimulai dari flu ringan sampe akhirnya perdarahan organ dalam dan kematian. 90% dari penderita ebola berakhir dengan kematian. Penyakit ini banyak terjadi di Republik Kongo, dan di tahun ini aja udah merengut sampe 2,800 jiwa. Nah, di awal minggu ini, para ilmuwan ngumumin bahwa mereka udah menemukan obat yang bisa menyembuhkan pasien ebola hingga 90%.

Kanker. Tiga orang pelajar SMA asal Palangka Raya, Indonesia meraih juara dunia di bidang life science atas penemuannya terkait obat penyembuh kanker yang terbuat dari batang pohon bajakah yang banyak tumbuh di hutan di Kalimantan Tengah. Ga mau kalah gercep, Gubernur Kalteng berencana untuk segera mematenkan formula obat kanker tersebut sekalian meminta biar ketiga anak tadi nggak keluar daerah sembarangan, biar penemuan mereka nggak dicuri orang lain. Baiklah.