Indonesia Anggota G20, Drama AS-Tiongkok, Charlie’s Angels, Tilang Elektronik

73

Last weekend was intense for the world leaders…


Because of G20

Is that some kind of fancy jet? like a G6?
Nggak, enggak. G20 yang kita bahas di sini adalah pertemuan 19 kepala negara dari negara-negara dengan ekonomi besar dunia, ditambah Uni Eropa yang diadakan setiap tahun untuk ngebahas isu-isu terkini. Tahun ini, pertemuan G20 diadakan di Osaka, Jepang selama dua hari yakni pada 28-29 Juni kemarin.

Ekonomi besar? Indonesia termasuk? 
Yep, Indonesia termasuk anggota G20 bersama-sama dengan Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Korea Selatan, Jepang, China, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Perancis, Rusia, dan satu organisasi regional yaitu Uni Eropa.

Oke, terus isu apa aja yang dibahas?
Macem-macem, cuma yang paling disorot adalah soal perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat, dan isu perubahan iklim. Selain itu, disela-sela acara juga sering ada pertemuan antara dua negara yang *biasanya*, bahas isu yang penting banget, kayak kerjasama ekonomi.

Where does Indonesia on this?
Indonesia adalah negara Asia Tenggara satu-satunya yang ikutan G20. Selain itu, selama acara presiden Jokowi menerima sebanyak 16 permintaan untuk meeting berdua doang dari kepala negara lain, yang menandakan kalo perekonomian Indonesia membaik and that the future is briiight.

That is sooo much meeting in two days. Terus meetingnya soal apa aja? 
Tergantung negaranya ya. Kalo sama Arab Saudi, kita bahas soal kerjasama minyak antara Pertamina dan perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco. Sama Tiongkok bahas soal upaya mengurangi defisit perdagangan (we googled it for you: defisit perdagangan adalah situasi di mana satu negara kebanyakan ngimpor daripada ngekspor), sama Korsel bahas perjanjian dagang dan sama India bahas soal biaya masuk impor sawit asal Indonesia. Its all about $$$. Oh dan Presiden Jokowi dapet banyak ucapan selamat dari para kepala negara lain karena kepilih lagi jadi presiden. Is anyone popping champagne?


But the real G20 highlight goes to…. 

China and the United States.

We’re just not done yet. Drama perang tarif antara Amerika Serikat dan Tiongkok beberapa waktu terakhir ini udah bikin ekonomi global jadi tak menentu. Makanya, pertemuan Presiden AS Donald Trump dan presiden Tiongkok, Xi Jinping ditunggu-tunggu banget.

Give me a little background…
Perang dagang ini udah terjadi sejak tahun lalu, ketika Amerika Serikat menaikkan tarif impor untuk barang-barang dari Tiongkok yang mau masuk ke Amerika Serikat. Jadi bayangin misalnya kamu biasa beli piring buatan Tiongkok dengan harga Rp50 ribu, misalnya tarif impornya naik 10%, maka harga piringnya jadi Rp55 ribu. Nah, bulan Maret tahun lalu, Trump secara resmi naikin tarif impor besi sebesar 25% dan tarif impor alumunium sebesar 10%. Tiongkok kemudian membalas dengan menaikkan tarif impor 15% untuk barang-barang dari Amerika Serikat kayak buah-buahan, kacang kedelai sampai daging-dagingan.

Got it. Terus hasil pertemuan Trump sama Xi kemaren gimana?
Kata Trump sih pertemuannya OK dan kedua negara akan terus negosiasi untuk mencari titik temu. Sedangkan menurut Xi, hubungan kedua negara bakal lebih bermanfaat kalo bekerjasama dibanding perang-perangan gini. Baiklah.


Are we done talking economics?

Done. Now get ready to welcome the new angels!

Internet jadi heboh banget akhir-akhir ini gara-gara trailer film terbaru ‘Charlie’s Angels” yang baru aja rilis. Dalam trailer itu, ketiga angels diperankan oleh Kristen Stewart, Naomi Scott dan Ella Balinska. Masih kayak film pendahulunya, ketiga angels ini bekerja untuk Charlie, yang sekarang udah jadi tajir banget dan jadi agen mata-mata global.

Selain ketiganya, kita juga bakal ngeliat akting para aktor seperti Noah Centineo, Luis Gerardo Méndez dan Nat Faxon. Film ini rencananya akan mulai tayang pada 15 November mendatang.


If you love to do the “fast and furious”


Don’t.

Hati-hati kalo kamu suka kebut-kebutan, main hape sambil nyetir atau boti alias bonceng tiga di atas motor, karena mulai 1 Juli ini, kepolisian bakal memberlakukan sanksi tilang elektronik.

I heard something techno.
Yep, more or less. Dengan tilang elektronik ini, CCTV yang tersebar di berbagai jalan protokol di Jakarta bakal mengambil fotomu kalau kamu ketauan ngelanggar peraturan lalu lintas. Setelah itu, nomor kendaraanmu akan dilacak dan gak lama kemudian, polisi bakal mengirimkan surat tilang beserta jumlah denda ke alamatmu. Pengawasan ini bakal berlangsung selama full 24 jam.

Jalan mana aja yang dipasangi fitur ini? 
Untuk saat ini, CCTV tilang elektronik uda dipasang di ruas Jalan Sudirman-Thamrin, tepatnya di Bundaran Senayan, persimpangan Sarinah, Bundang Patung Kuda dekat Monas, dan simpang Harmoni.

Jenis pelanggaran apa aja yang bisa kena tilang elektronik ini? 
Selain ngebut, main hape dan boti, pelanggaran-pelanggaran lain juga termasuk lawan arus, nerobos lampu merah, ga pake helm, ga pake sabuk pengaman, pake jalur busway, sampe parkir sembarangan.