Garuda Indonesia, US-China Tradewar, Bali Diguncang Gempa, Wali Kota Depok

60

Your brief on Garuda Indonesia vs Rius Fernandes, to talk about during today’s lunch (or meetings. Your call)


The story.
Jadi, Rius Fernandes ini adalah seorang Vlogger yang suka bikin review soal fasilitas dan pelayanan maskapai di channel Youtube-nya. Minggu lalu, Rius dan tunangannya terbang ke Australia pake business class Garuda Indonesia. Nah, pas di perjalanan dan udah tiba waktunya makan, menu makanan yang dibagiin pramugari ditulis tangan di atas kertas, dan pramugarinya bilang kalo menu card-nya masih dalam proses percetakan.

I’m reading…
Rius kemudian ngambil foto menu card itu dan di-upload di Insta storynya. This is how things started to escalate…

Because it went viral, is it?
Correct. Storynya Rius ini kemudian jadi bahan perbincangan di medsos, and Garuda Indonesia wasn’t happy about it. Rius dan tunangannya pun dilaporin ke polisi sama Garuda Indonesia dengan dugaan pencemaran nama baik.

Welp, that escalated quickly. 
Selain laporin Rius ke polisi, Garuda Indonesia juga ngeluarin larangan yang berubah jadi imbauan buat para penumpangnya biar nggak ngambil gambar di pesawat.

I’d like to hear what Garuda said..
Pihak Garuda bilang, bahwa imbauan ini ga ada hubungannya sama kasus Rius, tapi emang buat jaga privasi penumpang lain dan keselamatan selama penerbangan. Selain itu, imbauan ini juga dikeluarkan biar seluruh kegiatan Garuda tetap sesuai aturan.


Who’s moving slower than abang ojol yang udah bilang “sesuai titik ya kak…”

China’s Economy.

Hari Senin kemarin, Tiongkok merilis data yang menyebutkan kalo pada tiga bulan terakhir ini, ekonomi mereka tumbuh sekitar 6,2%. Angka ini adalah yang paling rendah dalam 27 tahun terakhir dan penyebabnya adalah, you knew it: US-China tradewar.
Perang dagang antara kedua negara ini ngaruh banget ke pelambatan ekonomi Tiongkok karena angka barang yang dijual ke Amerika Serikat makin menurun, sedangkan di dalam negeri, masyarakat Tiongkok juga jadi males belanja kalo situasi ekonomi lagi ga jelas.

Who’s getting more money.
Vietnam, Taiwan, Bangladesh dan Korea Selatan. Keempat negara ini jadi pilihan baru buat Amerika Serikat kalo belanja barang-barang impor. Sejak perang dagang terjadi, keempatnya juga udah mengalami kenaikan penjualan yang signifikan banget, karena barang mereka jadi lebih murah daripada barang-barang “Made in China”.


Bali diguncang gempa, gak ada korban jiwa.


Hari Selasa kemarin, pulau Bali diguncang gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter. Gempa ini tidak berpotensi tsunami, tapi bikin 24 bangunan dan fasilitas pariwisata di berbagai wilayah kayak Badung,  Gianyar,  Buleleng, dan Denpasar rusak.

Ga ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan kegiatan pariwisata di Bali juga tetap berlangsung normal. Ga hanya di Bali, gempa juga dirasakan di Jawa Timur dan NTB.


Depok has a veeeery innovative way of dealing with traffic jam. Read up. 


Traffic jam is horrible. We are all know that. Makanya pemerintah Kota Depok berencana muterin lagu pake speaker di beberapa titik lampu merah di kota yang terkenal suka makan pake tangan kanan itu.

Dude, what it has to do with the traffic?
Ya buat hiburan aja, biar ga bete sambil nunggu lampu merah.

Why do I need to know this?
Because this is the best part: lagu yang kabarnya bakal diputar berjudul “Hati-Hati” dan penyanyinya adalah Walikota Depok saat ini, pak Idris Abdul Shomad. We really want this guy’s confidence, really. 

Now this is revolutionary. 
Told ya. Tapi Pak Idris belum mau bocorin kapan single-nya ini bakal mulai diputer di lampu merah. Jadi kalo kamu penasaran pengen tau lagunya kayak gimana, check it here.