Sidang Ketiga Pilpres, KPK Cari Pimpinan, Generasi 90an, Keep America Great

55

Another trial day yesterday. Catch me up! with some drama.



A quick round-up, please…

Hari Rabu kemarin, Mahkamah Konstitusi menggelar sidang ketiga atas sengketa hasil pilpres 2019, a.k.a Prabowo-Sandi vs KPU vs Jokowi-Ma’ruf Amin

Agendanya apa?

Agendanya adalah pemeriksaan saksi dari #TeamPrabowoSandi. Fungsi para saksi ini adalah untuk membuktikan kalo memang ada kecurangan yang terjadi pas Pilpres 2019. Dalam pemeriksaan kemarin, #TeamPrabowoSandi mendatangkan 15 orang saksi dan dua orang saksi ahli.

Terus, kesaksian apa aja yang muncul di persidangan?

Ada macem-macem, di antaranya adalah masalah jumlah pemilih (menurut #TeamPrabowoSandi ada 17,5 juta data pemilih yang bermasalah, mulai dari pemilih di bawah umur, pemilih ganda, sampe pemilih hasil rekayasa), intimidasi saksi, bupati yang nggak netral hingga petugas pemilu yang nyoblos sendiri surat suaranya.

Got it. Terus apa kata lawannya #TeamPrabowoSandi a.k.a KPU?

Menurut KPU, para saksi dari #TeamPrabowoSandi ga berkualitas sehingga gugatannya lemah. Terkait 17,5 juta pemilih bermasalah, KPU bilang bahwa hal itu ga ada hubungannya dengan hasil pilpres, karena belum tentu 17,5 juta orang bermasalah itu beneran nyoblos, dan kalau emang nyoblos, belum tentu mereka semuanya milih Jokowi-Ma’ruf. KPU menilai hal ini ga meyakinkan.

Terus komentarnya kubu #TeamJokowiMaruf?

Menurut #TeamJokowiMaruf yang juga hadir dalam persidangan, bukti-bukti yang dibawa oleh #TeamPrabowoSandi berantakan banget. Selain itu, terkait dugaan 17,5 juta pemilih bermasalah, bukti-buktinya juga belum nyampe ke meja para hakim dengan alasan kekurangan alat fotokopi. 

Yep, we’re also scratching our heads out of this madness.

 


Kalo kamu ga suka ngasih “uang damai” pas kena tilang, buru-buru deh update cv-mu..

Karena Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lagi nyari pemimpin baru. 

Sejak awal minggu ini, KPK udah resmi membuka pendaftaran pimpinan baru untuk menggantikan para pimpinan KPK saat ini yang masa jabatannya berakhir bulan Desember mendatang.

Hmm emang syarat-syaratnya apa aja? 

Pastinya harus lolos berbagai macam tes seperti administrasi dan kompetensi, dan harus berpengalaman di bidang hukum, ekonomi atau perbankan selama minimal 15 tahun.

I definitely not eligible. 
Understood. Emang sejauh ini, dari 11 orang yang udah daftar jadi calon pimpinan KPK, 9 di antaranya merupakan perwira tinggi Polri, sih. So you still have looong way to go. 

What else do I need to know about this?

Pro kontra soal para panitia seleksi (think of: orang-orang yang wawancara kamu pas ngelamar kerja) pilihan Jokowi yang dinilai banyak kurangnya; mulai dari ga punya rekam jejak dalam pemberantasan korupsi, ga netral, sampe terlalu dekat sama institusi kepolisian karena ada beberapa anggota panitia seleksi yang juga merupakan penasehat Kapolri.

Terus apa jawaban para HRD a.k.a tim panitia seleksi?

Mereka bilang, bahwa mereka cuma menjalankan tugas dari presiden dan mereka juga jamin bahwa seluruh anggota pansel akan independen. 


Mengingat kembali masa-masa pake walkman dan disket

We are looking at you, para generasi 90-an.

Kalau baca judul di atas aja udah bikin kamu senyum-senyum nostalgia, berarti kamu harus mempertimbangkan untuk dateng ke The 90’s festival di Gambir Expo Jakarta pada bulan November mendatang.

Line up pengisi acara di festival ini persis sama dengan line up koleksi kaset pita-mu dulu, kayak Sheila on 7, Gigi, Potret, Jamrud, Vina Panduwinata, Tipe-X, Element Reunion, M.E, sampai Bunglon. Sedangkan untuk pengisi acara luar negerinya, the 90’s festival mendatangkan Hanson dan Michael Learns to Rock. Wow.


Siapa yang resmi nyapres lagi untuk periode kedua? (Hint: Bukan Jokowi)

Donald Trump pada hari Selasa kemaren resmi mengumumkan pencapresannya kembali untuk periode kedua. Pengumuman ini dilakukan Trump di Orlando, Florida, di depan para pendukungnya yang kompakan pake topi bertulisan “Make America Great Again”. Dalam kesempatan itu, Trump juga menyampaikan pidato selama 80 menit yang isinya janji-janji kalo dia kepilih lagi jadi presiden untuk yang kedua kalinya.

Emang apa aja janjinya?

Menyembuhkan kanker, memusnahkan penyakit AIDS, tetep bertindak tegas atas imigran gelap, bangun tembok, sampe mendaratkan manusia di planet Mars. Oh iya, Trump juga mengenalkan slogan kampanye barunya, yaitu “Keep America Great”.