Pemenang Pilpres 2019, Polusi Jakarta, Peternak Ayam Yogyakarta, Risma Masuk UGD

62

Polusi udara, putusan MK and free chicken for everyone. Because Thursday could not get anymore absurd.


Today is a big day.

Karena baik kamu pendukung #TeamJokowiMaruf atau #TeamPrabowoSandi, hari ini kamu bakal tau siapa yang akhirnya bakal ditetapkan jadi pemenang Pilpres 2019. Yep, unless you’ve been living under the rock, kamu pasti tau bahwa beberapa minggu terakhir ini, Mahkamah Konstitusi telah menggelar sidang gugatan atas hasil Pilpres 2019. We know, we, know, you heard that too much already. 
Mumpung masih pagi, dan kemungkinannya kamu belum jalan ke kantor, kami bakal ngasih tau apa aja yang perlu kamu antisipasi sehubungan dengan putusan MK ini. Yuk!

1. Bakal ada beberapa akses jalan yang ditutup. Penutupan jalan akan dilakukan mulai dari depan Museum Gajah sampai gedung Mahkamah Konstitusi. Ruas jalan di depan Istana Negara atau Jalan Medan Merdeka Utara dan di simpang Harmoni juga akan ditutup. Arus lalu lintas di area tersebut, bakal dialihkan ke Jalan Juanda dan Jalan Veteran.

2. Akses medsos may and may not bakal dibatasi. Pemerintah lagi mempertimbangkan untuk membatasi akses medsos, tapi katanya tergantung kitanya sih. Kalau situasi kondusif, ya ga dibatasi.

3. Beberapa gedung penting di Jakarta bakal dijaga ketat. TNI Polri memastikan bahwa lokasi-lokasi kayak gedung KPU, Bawaslu, MK dan DPR RI bakal dijaga ketat. Kedua kesatuan itu menurunkan 47.000 personil untuk menjaga ketat jalannya sidang MK.


Untuk kamu yang beraktivitas di Jakarta, here’s not-so-good news.

Jakarta jadi kota dengan polusi udara tertinggi di dunia

Begitu kata data yang muncul dari website AirVisual yang menyebut bahwa polusi udara di Jakarta udah mencapai level unhealthy.

How is that so?
Pada pagi hari kemarin, website AirVisual menempatkan Jakarta dalam urutan pertama kota dengan dengan tingkat polusi tertinggi. Lalu di tempat kedua ada Lahore di Pakistan, Hanoi di Vietnam, Dubai di Uni Emirat Arab, serta Wuhan di Tiongkok.

Udah ada komentar pemerintah soal ini?
Udah, dan menurut pemerintah, hal ini ga perlu terlalu dikhawatirkan karena kualitas udara bisa berubah-ubah. Justru, hal ini harusnya jadi pengingat biar kita lebih sadar lingkungan.

But whyyyy?
Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, penyebab utama tingginya polusi di Jakarta adalah karena asap dari kendaraan bermotor. Menurutnya, pengguna kendaraan pribadi di Jakarta saat ini mencapai 75 persen, sementara pengguna transportasi umum hanya 25 persen. Biar udara kita bersih lagi Anies mengimbau kita untuk lebih banyak pake kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. Baiklah.


You want free chicken? We got free chicken!

ini beneran lho.

Sekelompok peternak ayam di Yogyakarta pas hari Rabu kemaren melakukan aksi bagi-bagi ayam gratis sebagai bentuk protes atas murahnya harga ayam di peternak. Menurut para peserta aksi ini, bagi-bagi ayam gratis emang bikin rugi, tapi karena begitu rendahnya harga ayam, ya mereka udah biasa. Begitu katanya.

Nah, rendahnya harga ayam ini udah terjadi sejak September 2018 lalu. Saat ini harga ayam perkilo hanya berkisar antara Rp7.000 sampai Rp9.000, padahal biaya produksi setiap kilogramnya Rp16.000 sampai Rp18.000. Karena kerugian ini, banyak peternak ayam yang terancam bangkrut. Mereka pun menuntut pemerintah untuk turun tangan dan memperbaiki harga ayam di pasaran agar kembali stabil.


Walikota Surabaya Tri Rismaharini dirawat di Unit Gawat Darurat


Walikota Surabaya yang terkenal dengan ketegasannya itu sejak hari Selasa lalu tengah dirawat di RSUD Dr Soetomo karena sakit asma, maag dan kelelahan. Untuk memeriksa ibu Risma, gak tanggung-tanggung, ada lima belas orang dokter spesialis yang diturunkan, mulai dari dokter spesialis paru-paru, penyakit dalam, mikrobiologi, jantung hingga radiologi.

Ibu Risma juga belum bisa dibesuk walaupun kondisinya sudah stabil. Menurut tim dokter, hal ini penting biar Ibu Risma bisa istirahat dengan maksimal demi memulihkan kesehatannya. Get well soon, bu!