HUT Jakarta, KTT ASEAN, FPI Minta Perpanjang, Giant Tutup

74

What did I missed during the weekend? I heard it was some birthday party.


 

Yep, it was.

Pada hari Sabtu kemarin, ibu kota Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-492. Pusat perayaan dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia dengan pertunjukan musik dan water screen yang meriah. Acara yang bertajuk “Jakarta Night Festival” ini dibuka oleh Gubernur Anies Baswedan dan juga diramaikan oleh banyak musisi, kayak Wali, Pasha Ungu, sampe Siti Badriah.

What else do I need to know?

The budget. Biaya total untuk perayaan malam puncak ulang tahun Jakarta mencapai Rp. 800 juta. 

The trash. Di malam itu, sampah yang ditinggalkan para party-goers di sekitar Bundaran HI mencapai 73 ton. 

The freebies. Sebagai bentuk perayaan hari ulang tahun Jakarta, beberapa tempat wisata di ibu kota menggratiskan tiket masuknya, seperti Ancol, Monas, planetarium dan museum-museum yang tersebar di ibu kota.


Who had a meeting in Thailand yesterday?

Presiden Jokowi.
Pas weekend kemarin, presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT ASEAN) yang digelar pada 22-23 Juni di Bangkok, Thailand.

KTT ASEAN apa sih?
Think of: kamu yang ngumpul tiap sebulan sekali sama para tetanggamu untuk bahas isu terkini di lingkungan rumahmu (contohnya, tarif listrik yang naik atau turun, perlu enggaknya punya satpam komplek, atau bahas rencana perayaan 17 Agustusan). Nah, KTT ASEAN juga begitu, cuma yang dateng kepala negara dari 10 negara di Asia Tenggara, dan yang dibahas adalah isu-isu regional kayak isu ekonomi, keamanan sampe lingkungan.

Dan negara-negara Asia Tenggara adalah…
Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja dan Vietnam

Ok, di KTT ASEAN kali ini, apa yang dibahas? 
Ada macem-macem, seperti soal perang dagang China-Amerika Serikat, krisis Rohingya, pencemaran laut, hingga pengembangan potensi wisata bahari di Asia Tenggara.


FPI perpanjang izin ormas.


Izin ormas Front Pembela Islam alias FPI telah habis pada 20 Juni lalu. Nah, untuk dapat terus beraktivitas secara legal di Indonesia, FPI kemudian mengajukan perpanjangan izin ormas ke Kementerian Dalam Negeri. Pada Sabtu lalu, FPI bilang bahwa mereka sudah melengkapi seluruh persyaratan terkait perpanjangan izin Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sehingga tak ada alasan bagi pemerintah untuk menolak permohonan tersebut.

Terus kalo kata Kemendagri apa?
Kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, surat permohonan perpanjangan izin ormas udah diterima sama lembaganya pas hari Jumat kemarin.

I heard something about petition..
Yes. Jadi sejak beberapa hari lalu, muncul petisi di Change.org yang meminta Kemendagri menolak perpanjangan izin ormas FPI di Indonesia. Alasannya, FPI dinilai radikal dan mendukung kekerasan. Hingga saat ini, petisi tersebut udah ditandatangani sama 484.031 orang.

Apa tanggapan FPI soal petisi ini? 
Ketua Umum FPI sih bilang kalo dia ga terlalu mikirin soal petisi ini, justru, dia lebih milih untuk fokus mengawal proses Pemilu 2019.


Ada yang bilang selamat tinggal…


Supermarket Giant. 

Yes, supermarket yang termasuk dalam grup PT Hero Supermarket itu akan menutup enam gerainya yang terletak di Jabodetabek. Hal ini ketauan karena di keenam gerai itu, ada spanduk bertulisan “kami tutup!” dan diskon besar-besaran sampai 50%. Menurut salah satu pegawai di gerai Giant yang ada di Jakarta Selatan, diskon akan berlangsung sampe tanggal 28 Juli, yang juga merupakan hari terakhir beroperasinya toko itu.

Adapun keenam gerai Giant yang akan tutup adalah Giant Ekspres Cinere Mall, Giant Ekspres Mampang, Giant Ekspres Pondok Timur, Giant Ekstra Jatimakmur, Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur dan Giant Ekstra Wisma Asri.