Gugatan Pilpres 2019, KTT G20, Partai Koalisi Berakhir

62

Friday is for the Round Up of Putusan MK. Dari A sampai Z.


Kemarin, Mahkamah Konstitusi akhirnya bikin keputusan soal gugatan hasil Pilpres 2019 yang proses pembacaan putusannya lamaaaa banget *cough* hampir sembilan jam *cough*. Kita paham, there’s so much you can do in within nine hours, jadi, kita ngikutin sidangnya buat kamu so we can catch you up!  

What do I need to know? 

Putusannya: Majelis hakim menolak seluruh gugatan permohonan #teamprabowosandi

Meaning: Kayak kamu yang suka bikin list mau minta apa aja sama tante yang paling tajir di keluarga pas lebaran, #TeamPrabowoSandi juga bikin daftar permintaan a.k.a permohonan ke MK terkait Pilpres dengan harapan bisa dikabulkan. Namun, semua permohonan itu ditolak hakim. Beberapa dari permohonannya di antaranya adalah agar ditetapkan sebagai presiden, pemungutan suara ulang sampe meminta MK untuk mendiskualifikasi lawannya, #TeamJokowimaruf.

Apa dasar dari keputusan ini?
Ada banyak. misalnya, menurut MK, #Teamprabowosandi ga bisa buktiin kalo emang ada money politics, juga soal tuduhan polisi ga netral, kepala daerah ga netral, sampe ASN ga netral, menurut MK itu semua ga terbukti. MK juga menilai tuduhan #TeamPrabowoSandi soal 22 juta daftar pemilih siluman juga ga relevan.

Words to learn..
TSM. Alias terstruktur, sistematis dan masif. Yep, kamu pasti udah sering denger istilah ini! Menurut #teamprabowosandi kecurangan di Pilpres 2019 itu TSM banget, tapi kata MK, soal TSM-TSMan ini bukan wewenangnya melainkan kewenangan Bawaslu.

How are #TeamPrabowoSandi holding up? 
Fine. Ga lama abis putusan, #TeamPrabowoSandi langsung ngadain konfrensi pers dan Prabowo bilang, meskipun kecewa, dia menghormati putusan pengadilan. Selain itu, Prabowo juga ngingetin pendukungnya untuk tegar dan ga berkecil hati. Terakhir, Prabowo juga bilang bahwa dia bakal ketemu Jokowi, walaupun belum tau kapan.

Terus komentarnya #TeamJokowiMaruf?
Jokowi yang mau ke Osaka untuk hadir di G20 juga nyempetin untuk bikin pernyataan pers soal putusan MK. Di Bandara Halim Perdanakusuma dengan didampingi cawapresnya, Ma’ruf Amin, Jokowi bilang bahwa sekarang tak ada lagi 1 atau 2, yang ada adalah persatuan Indonesia. Jokowi juga janji bakal jadi presiden untuk semua.

Dan akhirnya, KPU bisa tidur..
Eits, belum juga. Ga lama abis putusan MK, KPU juga langsung menggelar konferensi pers. Isinya? bahwa mereka akan menetapkan Jokowi-Maruf sebagai presiden terpilih pada hari Minggu ini.

The end. Literally and figuratively.

 


Jadi, Jokowi ke Osaka untuk?

Menghadiri KTT G20

Ga lama habis putusan MK, Jokowi dengan didampingi istrinya Iriana Jokowi bertolak ke Osaka, Jepang untuk menghadiri KTT G20. G20 adalah kelompok negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari negara-negara kayak Amerika Serikat, Jepang, Inggris, sampe negara-negara Uni Eropa.

Jokowi datang ke KTT G20 dengan membawa dua isu yang emang lagi hot-hotnya mempengaruhi ekonomi kita, yaitu isu digital ekonomi dan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Selain itu, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan 14 negara.


Terus, kalo Prabowo ngapain?

Hari ini abis Jumatan, Prabowo dan anggota partai koalisinya (Read: PAN, PKS, Demokrat) bakal berkumpul di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta untuk ngebahas what’s next?.

Menurut Ketua Umum PAN sih koalisi ini bakal berakhir, dan Prabowo sendiri udah mempersilahkan para partai koalisi untuk menentukan langkah masing-masing. Selain PAN, perwakilan Partai Demokrat juga ga ada yang keliatan pas sidang putusan sidang di MK kemarin.

Well, if the rumor’s true its only left Gerindra and PKS on the other side of the isle…