Bali United, Konflik Sudan, Father’s Day, Kecelakaan Tol Cipali

63

Today is Tuesday. I am ready for some economic lesson.



Klub sepakbola Bali United baru aja melantai di lantai bursa

I am not familiar with the issue..
Let us catch you up. Bali United adalah klub sepakbola Indonesia pertama yang mencatatkan namanya di Bursa Efek Indonesia alias go public. Senin kemarin, Bali United resmi melantai di lantai bursa setelah menawarkan sahamnya ke publik melalui Initial Public Offering atau IPO dengan kode saham BOLA.

Apa hubungannya jual saham dengan sepakbola?
Dengan go public, bakal lebih mudah bagi Bali United untuk mendapatkan dana bagi pengembangan bisnisnya, kayak peningkatan fasilitas, perekrutan pemain atau pelatih, penyelenggaraan acara, sampe pengembangan akademi sepakbola dan ekspansi outlet Bali United Store.

Why do I need to know this? 
Karena kalau kamu lagi pengen belajar investasi, biasanya saham jadi pilihan utama buat para millennial, selain deposito atau surat hutang. Dengan masuknya Bali United ke Bursa Efek Indonesia, kamu tentunya jadi punya pilihan saham yang lebih banyak buat dibeli. Walaupun tetep ya, ada beberapa hal yang harus jadi perhitungan sebelum kamu beli saham dari perusahaan yang baru IPO.

Seperti…
Kalau kamu tergoda untuk beli, go ahead, karena menurut para ahli ekonomi, perusahaan yang go public menandakan bahwa mereka punya status keuangan yang sehat. Selain itu, dengan go public, perusahaan juga jadi punya lebih banyak duit buat ngembangin bisnisnya. Bigger business means bigger money.

Tapi kamu harus tetap hati-hati, karena perusahaan yang baru go public, artinya sebelumnya merupakan perusahaan private, means, sebelumnya mereka ga punya kewajiban untuk menerbitkan laporan keuangan mereka ke publik. Tanpa analisa laporan keuangan, bakal susah buat kamu untuk menentukan apakah sahamnya bakal menguntungkan apa enggak.

Be right back. I’m gonna catch up with Warren Buffet.


Foto profil di Instagram banyak yang berubah jadi biru. I heard it has something to do with.. Sudan?

Betul. Merubah foto profil di Instagram menjadi warna biru baru-baru ini menjadi simbol solidaritas dunia atas masyarakat Sudan yang tengah dilanda konflik antara masyarakat sipil dan militer. Warna biru adalah warna kesukaan Mohamed Hashim Mattar, seorang remaja Sudan yang meninggal saat terjadi bentrokan antara sipil dan militer pada 3 Juni lalu.

Some background, please?
Jadi bulan April lalu, presiden Sudan Omar Al-Bashir akhirnya turun dari jabatannya sebagai presiden yang udah dia pegang selama 30 tahun melalui kudeta militer. Selama masa jabatannya ini, Bashir juga dituduh sebagai penjahat kemanusiaan atas dugaan tragedi genosida di Darfur, Sudan Selatan. Balik lagi ke kudeta, Sebenarnya, protes ketidakpuasan masyarakat Sudan terhadap Al-Bashir udah dilakukan sejak tahun lalu, karena kondisi ketersediaan barang pokok yang makin langka dan mahal. Protes ini kemudian dengan cepat berubah jadi aksi anti pemerintah.

Apa yang terjadi setelah Al-Bashir dikudeta?
Al-Bashirnya sendiri ditangkap dan dipenjara oleh kelompok militer. Terus, kelompok militer dan para demonstran pro-demokrasi kemudian berunding dan setuju untuk melakukan transisi ke demokrasi selama tiga tahun pasca Al-Bashir turun.

Terus, kok jadi rusuh?
Karena kelompok militer pada 3 Juni lalu melakukan penembakan kepada para demonstran pro-demokrasi di ibukota Khartum. Akibatnya, dokter memperkirakan bahwa korban meninggal mencapai 100 orang, tapi total pastinya susah diketahui karena banyaknya mayat yang dibuang ke sungai nil untuk menghilangkan bukti. Selain ditembaki, catatan medis juga menyebutkan bahwa kelompok militer melakukan tindakan kekerasan lain seperti penyiksaan dan pemerkosaan.

What happens now?
Kelompok militer dan sipil pro-demokrasi akhirnya setuju untuk melakukan perundingan damai lagi dengan dimediatori oleh mediator internasional dari Nigeria. Sejauh ini, kesepakatan yang udah dicapai antara kedua pihak masih sebatas pembebasan tahanan, namun untuk pembahasan yang lebih strategis (kayak, siapa yang akan memegang pemerintahan selama masa transisi) belum dibahas. Sejauh yang kita tahu, pembahasannya akan dilakukan “soon”.


Siapa yang tahun ini baru pertama kali ngerayain Father’s Day?

Pangeran Harry.

Yep, Pada momentum Father’s Day ini, Pangeran Harry nge-share di Instagram untuk pertama kalinya kepada publik foto anak pertamanya yang bernama Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Baby Archie ini lahir pada bulan Mei lalu, dari pernikahan Pangeran Harry dengan aktris Hollywood, Meghan Markle.


Kecelakaan di Tol Cipali, explained.

 

Kabar menyedihkan datang dari Tol Cipali, Majalengka, Jawa Barat di mana kecelakaan maut terjadi dan menewaskan 12 orang.

How? 
Menurut saksi mata, beberapa saat sebelum kecelakaan, terjadi upaya pengambilalihan secara paksa kemudi bus oleh salah seorang penumpang. Bus kemudian oleng hingga menabrak mobil lainnya. Total ada empat mobil yang terlibat kecelakaan, yaitu bus safari, Mitsubishi Xpander, Toyota Innova dan truk Mitsubishi.

Why?
Dari hasil pemeriksaan polisi, sang penumpang yang berinisial A menyerang sang sopir karena dia mendengar pembicaraan si supir dengan keneknya via telepon yang menyebut bahwa si supir ingin membunuh si penyerang. Mendengar hal itu, tak lama setelah telepon ditutup, A langsung menyerang si supir hingga kecelakaan pun tak terhindarkan lagi.

Kondisi para korban sekarang gimana?
Selain korban meninggal yang berjumlah 12 orang, ada 43 orang juga yang menjadi korban luka-luka. Para korban saat ini tengah mendapatkan perawatan di RSUD Cideres. Menanggapi kecelakaan ini, PT Jasa Raharja akan memberikan santunan sebesar Rp. 50 Juta untuk korban meninggal dan biaya berobat sebesar Rp. 20 Juta untuk korban luka-luka.